Menu Close

5 Jenis Tes Gula Darah, Bisa Dilakukan di Klinik Gunung Sahari

Salah satu jenis pemeriksaan yang sering dilakukan adalah tes gula darah. Pemeriksaan ini bertujuan untuk mengetahui kadar gula atau glukosa dalam darah. Salah satu pilihan tempat yang bisa dilakukan pemeriksaan gula darah adalah laboratorium klinik Gunung Sahari

Tes gula darah ini biasanya berguna untuk membantu dokter mendiagnosis penyakit diabetes pada tubuh seseorang.

Selain itu, tes gula darah juga penting mencegah dan mengendalikan komplikasi akibat penyakit diabetes. Jadi, hal ini bisa menjadi pencegahan dini agar terhindar dari penyakit diabetes yang parah.

Pentingnya Melakukan Pemeriksaan Gula Darah

Jadi, kadar gula dalam darah itu diatur oleh insulin. Hormon ini biasanya tidak bekerja dengan baik atau diproduksi tidak cukup oleh tubuh seorang penderita diabetes. 

Sehingga, glukosa yang harusnya masuk ke sel tubuh justru menumpuk di dalam darah. Ketika glukosa yang tinggi dalam darah ini tidak ditangani dengan baik, bisa menyebabkan kerusakan organ. 

Ada beberapa hal yang membuat seseorang penting sekali melakukan pengecekan gula darah, seperti:

  • Mengidentifikasi kadar gula dalam darah, apakah tinggi atau terlalu rendah
  • Melihat keberhasilan obat diabetes pada kadar gula darah
  • Melihat pengaruh pola makan dan olahraga terhadap kadar gula darah
  • Memantau perkembangan diabetes dalam pengobatan, apakah mencapai target atau tidak
  • Melihat apakah ada pengaruh faktor lain, misalnya stress atau penyakit tertentu

Orang yang perlu melakukan pemeriksaan gula darah ini biasanya mereka yang memiliki gejala gula darah tinggi atau hiperglikemia dan kadar gula darah rendah atau hipoglikemia. 

Selain itu, orang yang berisiko mengalami diabetes juga perlu melakukan pemeriksaan gula darah. Wanita hamil juga disarankan untuk mengecek bagaimana kadar gula dalam darahnya di usia kehamilan 24-28 minggu.

Berbagai Jenis Tes Gula Darah

Pemeriksaan gula darah ini ada beberapa tipe. Biasanya yang akan dijalani ditentukan oleh dokter. Berikut 4 jenis tes gula darah yang bisa dijalani, yaitu:

  1. Tes gula darah puasa

Sesuai dengan namanya, tes gula darah puasa biasanya harus dilakukan setelah berpuasa terlebih dahulu. Jenis pemeriksaan gula darah puasa ini dilakukan untuk pasien yang mengalami prediabetes dan diabetes. 

Puasa yang dianjurkan lebih kurang 8-10 jam sebelum pemeriksaan.

  1. Tes gula darah sewaktu

Tes gula darah yang satu ini bertujuan untuk mengetahui kadar gula darah Anda saat itu. Biasanya bisa dilakukan kapan saja. 

Pemeriksaan gula darah sewaktu ini menggunakan sampel darah. Selain untuk mendiagnosis suatu penyakit, tes ini juga untuk pemeriksaan kesehatan secara umum. 

Jika dari hasil pemeriksaan ini gula darah di atas normal, maka perlu dilakukan pemeriksaan lain untuk memastikan kadar glukosa dalam darah Anda.

  1. Postprandial blood glucose test

Tes gula darah ini disebut juga pemeriksaan dua jam setelah makan. Pemeriksaan ini umumnya dilakukan bersamaan dengan tes gula darah puasa. Tujuan dari tes ini adalah untuk mengetahui kemampuan tubuh mengatur kadar gula darah Anda setelah makan. 

Jadi, prosedur pemeriksaan ini dilakukan setelah berpuasa selama 12 jam. Lalu, pasien akan diminta makan seperti biasa. Kadar gula darah biasanya akan melonjak setelah makan, namun turun normal 2-3 jam setelah itu.Jika dalam waktu 2 jam tidak turun, maka ada indikasi seseorang mengalami gangguan metabolisme gula darah. 

  1. Tes hemoglobin A1c

Pemeriksaan gula darah yang satu ini dengan menggunakan sampel darah untuk menilai kadar gula darah rata-rata di 2-3 bulan terakhir. Tes gula darah ini juga tersedia di laboratorium seperti laboratorium klinik Gunung Sahari.

  1. Tes toleransi glukosa oral

Jenis pemeriksaan gula darah yang terakhir adalah tes toleransi glukosa oral (TTGO). Pemeriksaan yang satu ini berguna mengukur kemampuan tubuh menyerap zat gula, sehingga bisa jadi langkah awal dalam mendiagnosis diabetes. 

TTGo ini juga dilakukan bersamaan dengan tes gula darah puasa. Bedanya, pasien nanti akan diminta mengonsumsi larutan gula yang mengandung glukosa 75 gram. 

Berbagai Layanan Pemeriksaan di Laboratorium Klinik Gunung Sahari

Selain tersedia tes gula darah, di laboratorium klinik gunung sahari juga melayani pemeriksaan seperti Hemostasis, tes golongan darah, kesehatan jantung, fungsi hati, fungsi ginjal, gula darah, profil lipid, tes elektrolit, virus hepatitis, penanda tumor, tes hIV, pemeriksaan feses, antibodi, hormon tiroid, dan urinalisa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *