Menu Close

6 Hal yang Mesti Dipersiapkan Menyambut Rainbow Baby

6 Hal yang Mesti Dipersiapkan Menyambut Rainbow Baby

Mendapat kabar Anda hamil tentunya merupakan suatu kegembiraan. Bagaimana jika Anda mendapat kabar bahwa Anda positif hamil, setelah beberapa waktu sebelumnya sempat mengalami keguguran atau kematian bayi dalam persalinan? Ya, Anda dinyatakna senang mengandung rainbow baby! Pasti, rasanya campur aduk. Senang, khawatir, syok, takut kerap bercampur menjadi satu. 

Senang ataupun gelisah boleh saja Anda rasakan dan tidak ada yang salah dengan itu semua. Namun, jangan sampai Anda melupakan beragam persiapan dalam menyambut sang rainbow baby. 

Apa saja yang mesti dipersiapkan dalam menyambut bayi harapan pasca keguguran dan meninggalnya anak dalam persalinan ini? Berikut ini adalah beberapa catatat beberapa hal yang mesti dipersiapkan oleh sang ibu dalam menyambut rainbow baby. 

  1. Kontrol Dokter Rutin 

Pengalaman kelam pada kehamilan sebelumnya mestinya menjadi pelajaran yang luar biasa besar. Anda tentu tidak ingin kondisi yang tidak baik kembali terjadi pada rainbow baby yang ada di dalam kandungan. Pemeriksaan rutin ke dokter kandungan pun sebaiknya Anda lakukan untuk memastikan kondisi kesehatan janin dari waktu ke waktu hingga nantinya ia bisa lahir dengan selamat tanpa kurang satu apapun. 

  1. Pemeriksaan Laboratorium 

Jangan enggan melakukan pemeriksaan laboratorium dari awal rainbow baby diumumkan sudah berada di rahim Anda. Lewat pemeriksaan laboratorium, berbagai risiko keguguran dan kecacatan lahir bisa dicegah. Pascanya jika hasil laboratorium menunjukkan suatu keganjilan, Anda bisa segera mengonsultasikannya ke dokter untuk mendapatkan perawatan terbaik. 

  1. Pertimbangkan Membeli Kebutuhan Bayi 

Apakah rainbow baby nantinya akan memakai berbagai perlengkapan yang sempat Anda beli untuk kehamilan Anda sebelumnya? Atau justru, Ada ingin seluruh kebutuhan bayi sang rainbow baby adalah barang baru? Coba pikirkan dan persiapkan hal ini agar tidak terjadi pemborosan. Anda bisa saja membeli sebagian peralatan kebutuhan bayi yang baru, sementara yang lama menjadi pelengkap. Namun, tidak salah pula apabila kebutuhan bayi untuk rainbow baby seluruhnya adalah baru karena ia bukanlah pengganti anak dari kehamilan Anda yang sebelumnya. 

  1. Persiapkan Mental 

Ibu-ibu yang tengah mengalami kehamilan rainbow baby cenderung lebih mudah terkena depresi. Ini karena masih adanya ketakutan, kecemasan, dan trauma dari kehamilan yang sebelumnya. Jangan biarkan isu mental ini terus menghantui Anda hingga pasca persalinan yang bisa membuat Anda terperangkap dalam kondisi depresi pasca persalinan. Cobalah melakukan curhat ke keluarga ataupun berkonsultasi ke psikolog untuk memutus mata rantai dari depresi yang mengintai Anda. 

  1. Atur Pola Asuh 

Ada kecenderungan anak-anak yang merupakan rainbow baby kerap mendapatkan perhatian ekstra dari orang tua maupun orang-orang yang ada di sekitarnya. Ini karena rainbow baby dianggap sebagai sumber kegembiraan setelah ada kesulitan yang besar. Anda dan suami pun bisa saja melakukan pola asuh yang salah, seperti overprotektif, kepada sang anak kelak. Untuk menghindari hal tersebut, cobalah membicarakan dan menetapkan pola asuh yang Anda kehendaki untuk sang rainbow baby nantinya. 

  1. Jangan Lupa Nama Bayi

Menentukan nama rainbow baby menjadi suatu kesulitan tersendiri. Beberapa orang tua yang pernah mengalami keguguran maupun kematian anak sebelumnya kerap menyisipkan sebagian nama dari anak sebelumnya. Bahkan tidak jarang, anak nama rainbow baby yang benar-benar sama dengan anak sebelumnya jika jenis kelaminnya juga sama. Ada pula yang justru memilih nama yang jauh berbeda dari anak sebelumnya agar tidak menyamakan rainbow baby dengan bayi yang tidak sempat dibesarkan dari kehamilan sebelumnya. Anda sendiri pilih yang mana? 

Bagaimanapun, rainbow baby adalah harapan baru! Persiapan yang matang untuk menyambutnya sangat penting agar kegembiraan bisa terus Anda rasakan selama proses mengandung sampai membesarkannya kelak. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *