Menu Close

7 Cara Mengecilkan Hidung Secara Alami

Cara mengecilkan hidung secara alami

Cara mengecilkan hidung secara alami bisa Anda lakukan untuk membuat hidung terlihat lebih proporsional.

Hidung kecil sering dianggap lebih menarik sebab membuat proporsi wajah seimbang. Hidung yang terlalu besar dan berada di tengah menyebabkan fitur wajah lain menjadi kurang menonjol. 

Hal itu seringkali menyebabkan rasa tidak percaya diri pada sebagian orang. Untuk mengakali hal tersebut, beberapa orang akan menggunakan teknik make up yang dapat membuat hidung terlihat lebih kecil. 

Selain itu, operasi plastik juga mungkin dilakukan untuk mengubah bentuk hidung secara drastis dan permanen namun biayanya cukup besar. Apabila Anda ingin mencoba mengecilkan hidung, berikut ini terdapat beberapa cara alami yang mudah untuk dilakukan. 

  1. Melakukan totok wajah

Totok wajah merupakan teknik yang telah cukup dikenal dan populer di banyak tempat pijat maupun salon. Teknik pijat satu ini dipercaya mampu membuat hidung lebih kecil dan mancung. Selain itu, totok wajah membantu menstimulasi otot di wajah sehingga mencegah penuaan dini, lho!

  1. Menggunakan penjepit hidung

Cara mengecilkan hidung lainnya adalah dengan menggunakan penjepit hidung. Alat ini biasa terbuat dari resin atau plastik. Kini alat penjepit hidung bisa didapatkan secara mudah di toko online dan harganya pun terjangkau. 

  1. Rutin memijat hidung

Anda tidak sempat ke salon untuk totok wajah? Coba gantikan hal tersebut dengan memijat hidung secara rutin. Hal tersebut diyakini dapat membantu membuat hidung terlihat lebih ramping. Pijat dengan gerakan memutar hidung mulai dari bagian pangkal batang dekat mata kemudian turun menuju kedua lubang hidung. Anda dapat melakukan pijatan menggunakan jari telunjuk atau jari tengah selama 1 menit selama 5 kali setiap harinya. 

  1. Menggunakan bubuk jahe

Bubuk jahe dapat membantu mengatasi lemak tertimbun yang membuat hidung tampak lebih besar. Tambahkan bubuk jahe sebanyak setengah sendok dengan beberapa tetes air. Aduk hingga mengental kemudian oleskan di area hidung yang berlemak. Lakukan beberapa menit saja secara teratur setiap hari. 

  1. Menggunakan minyak atsiri

Selain bubuk jahe, penggunaan minyak atsiri (tea tree oil) pun bisa dijadikan cara mengecilkan hidung. Saat menggunakan bubuk jahe, kulit akan terasa sedikit panas. Hal tersebut berisiko bagi kulit sensitif. Sebagai alternatif, Anda dapat mencoba mengoleskan minyak atsiri ke area hidung berlemak dan pijat beberapa menit. 

  1. Mencoba teknik yoga

Yoga dikenal dapat membantu membuat tubuh menjadi rileks. Selain itu, ternyata yoga juga bermanfaat untuk membantu mengecilkan hidung. Latihan pernapasan saat yoga bisa Anda lakukan rutin selama 15 menit guna membuat bentuk hidung menjadi lebih rapi dan ramping. Caranya yaitu menutup lubang hidung kanan dengan jari lalu tarik napas selama 4 detik dan lepaskan selama 6 detik. Lakukan hal tersebut secara bergantian antara lubang hidung kanan dan kiri.

  1. Melatih otot hidung

Cara mengecilkan hidung lainnya adalah dengan melatih otot hidung setiap hari selama satu-dua menit. Latihan ini diyakini dapat membantu mengecilkan ukuran hidung. Melatih otot yang membuat cuping dapat bergerak. Caranya cukup mudah, yaitu dengan menggerakkan cuping hidung ke atas-bawah serta kanan-kiri secara bergantian. Anda juga dapat mengembangkan-mengempiskan cuping hidung. Saat melakukan berbagai gerakan tersebut, pastikan wajah Anda tidak bergerak, ya!

Itulah 7 cara mengecilkan hidung secara alami yang dapat Anda coba. Untuk mendapat hasilnya tentu membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Selain itu, perubahan yang terjadi tidak akan signifikan seperti saat menjalani operasi plastik. Bentuk hidung masing-masing orang memang diciptakan berbeda. Selama tidak mengganggu kesehatan, Anda perlu bangga dan menerima bentuk hidung yang dimiliki.

Apabila Anda memiliki keluhan medis seputar hidung, Anda dapat menanyakan pada dokter secara langsung melalui aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Unduh Aplikasi SehatQ sekarang juga di App Store atau Google Play. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *