Menu Close

7 Penyebab Susah Tidur

cara mengatasi susah tidur

Secara umum orang dewasa membutuhkan jam tidur selama 7-8 jam dalam setiap malam untuk menjaga tubuh tetap fit. Namun, terdapat juga mereka yang mengalami gangguan tidur hingga tak bisa beristirahat selama lebih dari 8 jam atau justru kurang dari itu. Dalam kondisi ini, seseorang pastilah membutuhkan cara mengatasi susah tidur.

Gangguan dan masalah tidur bisa muncul dalam berbagai bentuk seperti kesulitan untuk tidur maupun mempertahankan kondisi tidur atau insomnia, tertidur tanpa mengenal waktu dan tempat atau narkolepsi dan sleep apnea. Gangguan tidur bisa disebabkan karena banyak hal, seperti kondisi psikis akibat stres hingga keadaan tubuh yang kurang fit.

Penyebab Susah Tidur

Susah tidur menjadi salah satu kondisi dengan risiko berbahaya dalam jangka panjang jika tidak segera diatasi. Meski begitu sebelum mengetahui cara mengatasi susah tidur, sangat disarankan untuk memahami beberapa hal yang menjadi penyebab seseorang mengalami kesulitan ketika ingin akan tidur.

  1. Kopi

Mengonsumsi kopi menjadi salah satu kegiatan favorit bagi banyak orang, terutama menjelang malam hari. Kafein dalam kopi bertindak sebagai stimulan dan bisa menyebabkan kegelisahan, kram perut, buang air kecil dan detak jantung meningkat. Beberapa kondisi inilah yang memengaruhi kualitas tidur seseorang menjadi tidak teratur.

  1. Alkohol

Mengonsumsi alkohol di malam hari diklaim bagi sebagian orang membuat tertidur lebih cepat, namun alkohol ternyata sangat erat kaitannya dengan gangguan tidur. Di awla mengonsumsi alkohol pada malam hari mungkin membuat sebagian orang mudah tertidur, namun efek negatif setelah itu justru membuat orang kerap terganggu karena gelisah.

  1. Screen Time

Menggunakan ponsel sebelum tidur bisa membuat seseorang terjaga semakin lama, cahaya dari layar membuat otak berpikir jika kondisi masih di siang hari. Kondisi inilah yang kemudian membuat otak menunda rasa kantuk dan jam tidur pun terganggu menjadi tidak beraturan.

  1. Suhu Tubuh

Suhu tubuh sebelum dan selama tidur memiliki peran penting pada malam hari menjelang tidur, jika terlalu hangat maka akan membuat seseorang sulit untuk tidur atau menyelesaikan tidur rapid eye movement (REM) yakni tidur dengan gerakan mata cepat, dan memasuki fase mimpi.

  1. Aktivitas Fisik

Berolahaga dengan menyesuaikan jam tubuh, beberapa orang mengalami kesulitan tidur ketika mereka berolahraga satu jam sebelum tidur. Penting untuk mempertimbangkan agar beristirahat beberapa jam antara olahraga dan tidur.

  1. Makanan Tinggi Lemak dan Kalori

Konsumsi lemak dan kalori saat makan malam yang tinggi juga banyak memiliki kaitan dengan masalah tidur. Hal ini harus diperhatikan agar jam tidur seseorang tidak terganggu dan berdampak pada kesehatan.

  1. Pikiran

Beban pikiran yang berat dan terlalu memikirkan sesuatu secara berlebih bisa berdampak buruk pada jam tidur seseorang. Kondisi yang seharusnya bisa tidur lebih awal menjadi terganggu karena otak masih memikirkan sesuatu.

Cara Mengatasi Susah Tidur

  1. Relaksasi

Melakukan yoga sesaat sebelum tidur bisa menjadi pilihan agar seseorang rileks ketika akan tidur, aktivitas ini memberi ketenangan dan kenyamanan sehingga seseorang akan lebih mudah terlelap.

  1. Berpikir positif

Insomia muncul dan lebih mudah dialami seseorang yang sering cemas atau khawatir berlebihan, selalu berpikir positif menjadi cara yang dianjurkan untuk mengatasi kondisi ini untuk mudah tidur.

  1. Makanan Sehat

Konsumsi makanan sehat dengan menghindari kandungan lemak jenuh yang tinggi dan karbohidrat kompleks jelang tidur, jenis makanan ini memperberat sistem pencernaan dan mengganggu tidur.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *