Menu Close

Alasan Mata Terasa Mengganjal

mata terasa mengganjal

Menjadi salah satu kondisi yang kerap kali muncul dan mengganggu aktivitas keseharian seseorang, mata terasa mengganjal bukan merupakan keadaan yang harus disepelekan. Meskipun apabila kondisi ini dibiarkan begitu saja, lama kelamaan akan segera hilang dengan sendirinya tetapi jika kondisi ini membuat mata tidak merasa nyaman setiap hari tentu tidak boleh disepelekan.

Banyak kondisi yang bisa membuat seolah-olah terdapat benda asing atau sesuatu di dalam mata dan terkadang reflek seseorang adalah dengan mengusap atau menguceknya dengan menggunakan jari-jari tangan. Idealnya kondisi ini memerlukan evaluasi lebih lanjut, termasuk pemeriksaan langsung pada mata guna memastikan penyebabnya.

Penyebab Mata Terasa Terganjal

Alasan umum seseorang mengalami mata yang terasa mengganjal adalah peradangan pada konjungtiva atau konjungtivitis. Berdasarkan penyebabnya, kondisi ini terbagi menjadi empat, di antaranya alergi, bakterial, viral dan kimia. Selain itu mata mengganjal seperti berpasir juga disebabkan karena beberapa kondisi lain, seperti.

  • Sindroma mata kering, karena kurangnya air mata sebagai pelumas bola mata atau terlalu lama menatap layar elektronik, ponsel maupun laptop.
  • Mata lelah yang membutuhkan waktu istirahat setelah aktivitas seharian atau beberapa hari, serta adanya sumbatan di saluran mata.
  • Pterygium, munculnya jaringan pada bola mata yang mengakibatkan mata menjadi merah hingga terasa mengganjal seperti ada pasirnya.
  • Hordeolum, atau disebut juga dengan bintitan yang muncul karena infeksi bakteri pada kelenjar minyak pada kelopak mata.

Mata terasa seperti mengganjal juga bisa dikarenakan adanya benda asing yang masuk ke dalam mata baik itu debu, serangga, potongan kuku atau benda-benda asing berbahaya lainnya yang bisa membuat iritasi mata. Selain itu bisa juga membuat mata kemerahan, hingga bahkan membuat luka atau goresan pada lapisan bola mata.

Cara Mengatasi Mata Mengganjal

Guna mengetahui penyebab pasti dari keluhan mata mengganjal ini, penderita memerlukan pemeriksaan langsung dari dokter. Sangat disarankan untuk segera memeriksakan diri, terutama ke dokter spesialis mata untuk mengetahui lebih jelasnya kondisi pada mata. Namun sebelum itu, terdapat beberapa perawatan pertama yang bisa dilakukan di rumah.

  • Usahakan untuk menghindari paparan sinar matahari yang berlebih.
  • Biasakan untuk mengistirahatkan mata setiap satu jam sekali agar mata tidak lelah.
  • Hindari penggunaan riasan mata yang terlalu banyak dan bersihkan riasan.
  • Jangan mengucek mata dengan menggunakan kedua tangan yang tidak bersih.

Sementara itu, khusus untuk mata yang mengganjal karena konjungtivitis diperlukan terapi tertentu untuk mengatasinya. Terapi yang sesuai bergantung pada penyebab keluhan dan harus dilakukan dalam pengawasan dokter yang kompeten, beberapa langkah mudah bisa dilakukan untuk menjaga kebersihan mata seperti berikut ini.

  • Usahakan untuk tidak menyentuh dan menggosok mata dengan kedua tangan.
  • Mencuci tangan hingga bersih secara berkala dan mencuci handuk khusus sendiri setiap hari.
  • Hindari penggunaan kosmetik mata, khususnya maskara, jangan sampai digunakan saat tidur.
  • Jika memakai lensa kontak dan mata terasa mengganjal, hentikan penggunaannya sementara waktu.
  • Manfaatkan kompres menggunakan air hangat pada mata yang terasa mengganjal.

Sementara itu untuk mata mengganjal karena kemasukkan benda asing terdapat beberapa langkah mudah yang bisa dilakukan sebagai upaya pengobatan. Yakni melakukan irigasi pada mata dengan aquabides atau air steril yang dibeli di apotek. Aquabides yang sudah diletakkan dalam wadah kemudian mata dikedip-kedipkan dihadapan air dalam wadah tersebut.

Ketika melakukan proses ini usahakan untuk tidak mengucek mata meskipun terasa gatal dan mengganjal. Jika perasaan mengganjal masih terasa, maka tutup mata menggunakan plester atau kapas setelah itu periksakan ke dokter.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *