Menu Close

Cara Kerja Alat Cek Gula Darah CGM

Cara Kerja Alat Cek Gula Darah CGM

Tingginya kadar gula dalam darah Anda dapat menyebabkan diabetes. Kondisi ini tidak dapat disembuhkan namun dapat dicegah dan meminimalkan risiko komplikasi. Salah satu caranya adalah dengan mengecek kadar gula darah secara rutin. Continuous glucose monitoring (CGM) adalah salat satu alat cek gula darah yang dapat Anda gunakan untuk mengukur kadar gula dalam tubuh Anda. Alat cek gula darah ini secara terus-menerus bekerja dn mengukur kadar gula darah dan berfungsi sebagai alarm jika kadar gula naik secara signifikan. Alat ini mengirimkan informasi ke perangkat menggunakan bluetooth.

Informasi dari alat CGM tentang kadar gula darah dapat diakses secara instan dan dibagikan dengan dokter Anda untuk dievaluasi kembali. Dengan demikian, Anda mendapatkan dan menyesuaikan perawatan dengan tepat.

Struktur Alat Continuous Glucose Monitoring (CGM)

Agar dapat mengukur kadar gula dalam darah, alat CGM memiliki tiga bagian, yaitu:

  1. Sensor: sensor diletakkan di bawah kulit Anda untuk mengukur kadar gula darah.
  2. Transmitter: bagian transmitter berfungsi sebagai pemancar yang terpasang pada sensor, berguna untuk mengirimkan sinyal hasil pengecekan ke perangkat tampilan Anda. 
  3. Screen: screen merupakan sebuah perangkat layer (monitor) yang bertujuan untuk menunjukkan tingkat gula darah Anda. Screen menampilkan hasil pemeriksaan yang didapat dari sensor. 

Alat CGM dilengkapi software atau perangkat lunak yang berfungsi untuk menganalisis hasil yang didapatkan dari sensor. Dengan begitu, Anda dapat melihat pola kadar gula Anda dari waktu ke waktu.

Cara Kerja Continuous Glucose Monitoring (CGM)

Seperti yang sudah dijelaskan, alat CGM berguna untuk memberikan informasi mengenai kadar gula darah dengan menggunakan sistem. Tidak seperti alat cek gula darah konvensional, dengan menggunakan CGM Anda tidak perlu menusuk jari dan meneteskan darah sebagai sampel. 

Alat CGM memiliki sensor yang ditempatkan di bawah kulit. Kemudian sensor alat ini akan mengukur kadar glukosa dalam cairan di sekitar sel secara terus-menerus terkait perkiraan kadar glukosa serta perubahan yang terjadi dalam tubuh Anda. 

Kelebihan Menggunakan Alat CGM

Alat CGM dinilai lebih praktis dibandingkan pemeriksaan gula darah secara konvensional. Hal ini karena hasil dari pengecekan gula darah menggunakan CGM akan selalu terupdate dan dapat dimonitoring melalui smartphone. Selain itu, ada beberapa kelebihan lainnya dari CGM, yaitu:

  • Melihat kadar gula darah Anda setiap saat tanpa menusuk jari Anda, sehingga lebih praktis dan minim rasa sakit.
  • Dapat melihat dan kadar gula darah Anda (naik atau turun, lambat atau cepat)
  • Mempelajari bagaimana dan kapan tubuh Anda merespons makanan, aktivitas, hormon, stres, dan pengaruhnya terhadap  kadar gula dalam tubuh.
  • Dapat diatur sebagai alarm pengingat ketika gula darah berada dalam level tertentu (terlalu rendah atau terlalu tinggi).
  • Dapat menjadi alat pengingat untuk memberitahu Anda saat gula darah naik secara drastic. 
  • Dapat mengontrol kadar gula darah setiap hari 
  • Membantu Anda mencapai tujuan A1c 
  • Dapat berintegrasi dengan pompa insulin dengan fitur tambahan untuk sistem loop
  • Dapat membagikan data CGM dengan dokter kesehatan Anda
  • Dapat membagikan data CGM secara real time kepada siapa saja dan di mana saja hanya menggunakan smartphone.

Kekurangan Alat CGM

Selain memiliki kelebihan, alat CGM juga memiliki kekurangan yang mungkin perlu Anda pertimbangkan, yaitu:

  • Untuk hasil yang akurat, Anda masih perlu melakukan beberapa pemeriksaan tusukan jari dan kondisi tertentu.
  • Alat CGM membutuhkan waktu sekitar 5-25 menit lebih lama untuk menunjukkan peningkatan kadar glukosa dibandingkan dengan pengecekan konvensional.
  • Alat CGM bisa saja tidak akurat dalam mendeteksi hipoglikemia (glukosa rendah).
  • Biaya yang tergolong cukup mahal dan sensor yang harus diganti setiap 7-14 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *