Menu Close

Aneka Buah Sebagai Makanan Penambah Darah

Penyakit anemia atau kurang darah akan membuat penderitanya merasa lesu dan lemas, sehingga aktivitas normal sehari-hari pun akan tergganggu dan produktivitas menjadi terhambat. Anemia defisiensi zat besi dan anemia defisiensi vitamin B-12 bisa dicegah dengan mencukupi konsumsi makanan penambah darah, seperti makanan yang kaya akan kandungan zat besi dan vitamin B-12.

Asupan zat besi yang direkomendasikan untuk perempuan dewasa adalah 18 miligram per hari dan saat hamil asupannya harus ditingkatkan menjadi 27 miligram per hari. Sedangkan laki-laki dewasa hanya membutuhkan asupan zat besi sebanyak 8 miligram per hari. seseorang yang mengalami anemia defisiensi zat besi, asupan zat besinya perlu ditingkatkan menjadi 150-200 miligram per hari.

Makanan penambah darah yang sebaiknya masuk ke dalam menu penderita anemia adalah daging merah, sayuran hijau tua, kacang-kacangan biji-bijian, serta makanan yang kaya akan kandungan vitamin C untuk membantu penyerapan zat besi. Untuk pencuci mulut sesudah makan, buah-buahan cocok menjadi pilihan, apalagi beberapa jenis buah juga termasuk dalam makanan penambah darah.

Buah yang menjadi makanan penambah darah

  • Kurma

Dalam 100 gram kurma terkandung 4,79 miligram zat besi. Buah khas timur tengah ini juga banyak mengandung vitamin seperti folat, vitamin A dan vitamin K.

  • Apricot kering

Pada 100 gram apricot kering ada 2,7 miligram zat besi. Sayangnya, jenis zat besinya adalah non-heme yang tidak mudah diserap oleh tubuh. Anda bisa padukan apricot kering dengan buah-buahan lainnya yang kaya akan vitamin C sebagai pencuci mulut.

  • Kismis

Kismis yang pada dasarnya adalah anggur kering mengandung 1 miligram zat besi dalam setiap 100 gramnya. Kandungan zat besi pada kismis ini bisa dua kali lebih banyak daripada anggur segar karena nutrisinya terkonsentrasi saat anggur diproses untuk menjadi kismis.

  • Semangka

Jika Anda kurang suka buah-buahan kering seperti di atas, Anda bisa pilih buah segar seperti semangka. Dalam 100 gram semangka terkandung 0.24 miligram zat besi. Walaupun jenis zat besinya non-heme, semangka juga mengandung vitamin C sehingga penyerapan zat besinya dapat terbantu.

  • Aneka buah berry

Strawberry, blueberry memang hanya mengandung 0,3 miligram zat besi per 100 gram buah. Tapi aneka buah berry ini merupakan sumber vitamin C yang baik untuk tubuh, sehingga dapat membantu agar penyerapan zat besi lebih baik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *