Menu Close

Apa Itu Hipokampus? Mari Mengenal Fungsinya

Apa Itu Hipokampus? Mari Mengenal Fungsinya

Otak merupakan bagian terumit di dalam tubuh manusia. Beragam bagian dan sel terdapat pada organ vital yang satu ini. Salah satunya adalah hipokampus. Mungkin Anda tidak terlalu familiar dengan bagian otak yang satu ini. Namun, jangan pernah sekali-kali meremehkan fungsinya. 

Anda bisa mengingat memori yang telah lalu ataupun Anda bisa menghafal jalan-jalan dari dan menuju rumah Anda semua berkat kerja dari hipokampus. Sebagai informasi, hipokampus merupakan bagian otak yang berperan dalam pengaturan dan penyimpanan memori. Letak hipokampus sendiri berada di bagian dalam otak dengan dengan pusat otak. Ia tergolong dalam sistem limbik otak bersama dengan amigdala, septal, maupun korteks limbik.

Fungsi hipokampus pun sebenarnya sangat beraneka ragam. Karena itulah ketika hipokampus mengalami gangguan, secara keseluruhan ingatan Anda akan mengalami masalah. Berikut ini adalah beberapa fungsi penting dari bagian otak yang bentuknya menyerupai kuda laut ini. 

  1. Menunjukkan Navigasi 

Hipokampus sangat berperan penting dalam membantu Anda menemukan jalan ataupun mengenal ruang. Ini karena fungsi dari bagian otak yang satu ini salah satunya adalah sebagai navigasi. 

Kemampuan hipokampus menunjukkan navigasi karena bagian belakang dari hipokampus mengatur memori spasial dalam otak Anda. Di mana memori spasial sangat berhubungan dengan lokasi, arah, serta tempat. Anda bisa mengingat ruang ataupun jalan karena adanya pengolahan navigasi yang dilakukan oleh bagian otak yang satu ini. 

  1. Penyimpanan Memori 

Fungsi utama dari hipokampus adala sebagai ruang penyimpanan memori. Dengan adanya simpanan memori tersebut, Anda pada akhirnya mampu mengingat kejadian-kejadian yang telah berlalu. 

Kemampuan hipokampus dalam menyimpan memori inilah yang membuat bagian otak tersebut berperan penting dalam ingatan jangka panjang Anda. Pasalnya, memori-memori yang disimpan hipokampus adalah memori yang telah lalu. 

  1. Pengolahan Memori 

Tidak hanya menyimpan memori jangka panjang, hipokampus juga berperan dalam mengolah memori-memori jangka panjang yang telah disimpannya. Karena itulah, Anda pada akhirnya mampu mengingat dan melupakan kejadian-kejadian yang telah lewat. 

Ada dua tipe memori jangka panjang yang diolah oleh hipokampus. Pertama adalah memori eksplisit yang Anda sadari kejadiannya. Lalu yang satu lagi adalah memori spasial terkait dengan hubungan lokasi atau referensi tempat. 

  1. Penguat Memori 

Pernah tidak pada suatu hari Anda merasa tidak ada ingatan penting yang patut Anda bagikan atau lakukan. Namun pada keesokan harinya, Anda tiba-tiba menyadari harus melakukan sesuatu yang sebenarnya dinilai penting. Kemampuan Anda pada akhirnya mengingat memori penting tersebut tak lepas dari bantuan hipokampus yang bekerja. 

Adanya jeda antara memori yang seharusnya diingat tersebut karena kerja hipokampus menjadi lebih efektif ketika Anda sedang tidur. Pada saat itu, hipokampus akan mengeluarkan fungsinya untuk menguatkan memori-memori yang tersimpan. Karena itu, tidak perlu heran jika setiap Anda bangun tidur, Anda seperti mengingat sesuatu yang penting dan mesti dikerjakan sesegera mungkin. 

  1. Mentransfer Memori 

Tidak selamatnya memori Anda tersimpan dalam hipokampus. Akan ada masanya hipokampus menyortir memori yang Anda dan mentransfer beberapa di antaranya untuk disimpan sebagai memori jangka panjang. 

Fungsi ini membuat hipokampus dikenal sebagai pusat pengiriman di dalam otak. Ini karena bagian otak ini menjadi tempat singgah sementara memori-memori yang Anda, untuk kemudian dikirim ke berbagai wadah penyimpanan memori lainnya, khususnya sebagai memori jangka panjang. 

***

Banyak dan pentingnya fungsi hipokampus membuat kesehatan bagian otak ini tidak boleh luput dari pengawasan. Pasalnya jika hipokampus bermasalah, Anda mesti bersiap dengan berbagai penyakit gangguan ingatan yang tidak ringan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *