Menu Close

Apa Itu Medical Check Up? Pahami Manfaatnya

Pernahkan Anda disuruh untuk melakukan medical check up? Pada sebagian orang yang sudah mengerti, medical check up secara rutin dirasa sangat penting karena bisa memastikan kondisi kesehatan. Namun bagi kebanyakan orang yang belum familiar, suruhan untuk melakukan pemeriksaan kesehatan menyeluruh pasti menimbulkan pertanyaan, apa itu medical check up? Sepenting apa pemeriksaan tersebut sampai harus dilakukan secara rutin? 

Medical check up tidak lain adalah pemeriksaan kesehatan yang dilakukan secara menyeluruh. Pemeriksaan kesehatan ini terdiri atas berbagai macam tes, mulai dari tes darah, tes gula darah, tes kesehatan jantung, sampai ke berbagai tes lainnya yang bertujuan menilai kondisi kesehatan seseorang. 

Tidak perlu ragu melakukan medical check. Nyatanya, pemeriksaan kesehatan yang dianjurkan dilakukan setahun sekali ini bisa menghasilkan banyak manfaat. Berikut ini adalah beberapa manfaat penting dari medical check up. Setelah memahaminya, Anda tidak akan bertanya-tanya lagi apa itu medical check up dan fungsinya. Sebaliknya, Anda pasti akan rutin melakukan pemeriksaan rutin untuk kesehatan ini. 

Mengetahui Kondisi Kesehatan Terkini 

Pada dasarnya, berbagai tes yang dilakukan dalam medical check up akhirnya akan menunjukkan bagaimana status kesehatan Anda ketika tes tersebut dilakukan. Dokter pun bisa menganalisis bagaimana kondisi kesehatan Anda pada saat itu. Apakah baik-baik saja dan perlu dipertahankan atau perlu ada yang diperbaiki atau segera ditangani dengan cepat. Dengan mengetahui kondisi kesehatan terkini, Anda pun akan lebih tenang karena tim medis bisa memberikan saran maupun perawatan yang dibutuhkan. 

Mengetahui Risiko Penyakit yang Bisa Muncul 

Dari kondisi kesehatan terkini yang terpantau lewat hasil pemeriksaan medical check up, dokter juga bisa menganalisis bagaimana kerentanan Anda terkena suatu penyakit tertentu. Beberapa penyakit pada dasarnya memiliki status “pra”, seperti diabetes, stroke, maupun jantung. Di mana status tersebut bisa terlihat dari hasil darah, hasil pemeriksaan EKG, maupun hasil tes gula darah. Setelah mengetahui risiko kerentanan penyakit dari hasil medical check up, dokter pun bisa mengarahkan Anda untuk menjalankan pola hidup yang lebih sesuai. 

Mendeteksi Penyakit Lebih Akurat  

Beberapa penyakit bisa muncul tanpa gejala. Sebagai contoh, penderita diabetes bisa saja tidak merasakan keluhan pada tubuhnya sampai gula darahnya meningkat dengan drastis. Dengan menjalani medical check up, suatu penyakit yang tidak menimbulkan gejala bisa dideteksi dengan tepat sehingga penanganannya pun dapat lebih akurat. Jadi, jangan terus mempertanyakan apa itu medical check up. Lebih baik Anda mempertanyakan, sebenarnya ada penyakit “tersembunyi” apa dalam tubuh Anda. Jika pertanyaan diubah seperti itu, Anda pun pasti makin menyadari pentingnya melakukan medical check up secara rutin. 

Mencegah Penyakit Berkembang Parah 

Penyakit memiliki tingkat perkembangan keparahan. Semakin parah suatu penyakit, kemungkinan untuk sembuh atau menjalani hidup berkualitas pun akan semakin sulit. Melakukan medical check up secara rutin mampu melihat ada tidaknya suatu penyakit dalam tubuh Anda. Penyakit pun bisa ditangani dengan secepatnya sebelum berkembang semakin parah dan sulit ditangani. Kualitas hidup Anda pun bisa lebih dipertahankan. 

Menghindari Komplikasi akibat Pengobatan Tertentu 

Beberapa pengobatan bisa berefek samping untuk kondisi kesehatan Anda. Makanya, ada beberapa metode pengobatan yang tidak bisa dilakukan pada seseorang dengan kondisi kesehatan tertentu karena rentan meninimbulkan komplikasi yang lebih parah. Karena alasan ini, sangat penting melakukan medical check up sebelum mendapatkan pengobatan tertentu agar komplikasi yang tidak diharapkan bisa dihindari. Pasalnya, dokter akan mengetahui benar kondisi kesehatan Anda secara menyeluruh sehingga metode pengobatan yang diberikan tidak bertabrakan dengan masalah kesehatan lain yang Anda punya. 

Meminimakan Biaya Kesehatan di Masa Depan 

Melakukan medical check up secara teratur membantu mencegah, dan menghindari penyakit serta mengobati penyakit lain pada tahap awal. Pada gilirannya, ini akan mengurangi kemungkinan Anda atau mengalami masalah kesehatan yang lebih parah pada waktu mendatang. Kondisi kesehatan yang lebih stabil pun bisa berdampak positif pada keuangan Anda. Soalnya, kondisi kesehatan yang terkendali dan penyakit yang terkontrol akan mampu meminimalkan biaya kesehatan di masa mendatang dibandingkan kondisi kesehatan yang tiba-tiba parah. 

Sekarang sudah tidak bingung lagi terkait apa itu medical check up itu dan bagaimana manfaatnya, bukan? Yuk, mulai rutinkan melakukan pemeriksaan rutin tiap tahun, khususnya bagi Anda yang sudah berusia di atas 50 tahun. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *