Menu Close

Atasi Ruam Popok dengan Zinc Oxide, Salep Ruam Popok yang Ampuh

Penggunaan popok, celana sekali pakai, maupun pembalut dapat menyebabkan penggunanya terkena ruam popok. Kondisi ini bisa terjadi pada orang dewasa hingga lanjut usia. Penyakit kulit yang biasanya menyerang bayi ini akan membuat penderitanya merasa tidak nyaman hingga nyeri, tetapi semua keluhan tersebut bisa diatasi dengan mengoleskan salep ruam popok yang dijual di pasaran. Ruam popok biasanya dimulai dengan munculnya kulit yang kemerahan, kering, dan gatal di bokong, paha, area sekitar kelamin, hingga pinggul.

Tidak jarang kondisi ini juga bisa menyebabkan kulit menjadi iritasi dan menimbulkan rasa seperti terbakar. Jika Anda merasakan gejala ini, segera pergi ke apotek dan beli salep ruam popok yang mengandung zinc oxide. Lalu, oleskan salep tersebut ke bagian yang terkena ruam popok sebanyak 2 hingga 4 kali dalam sehari. Kemungkinkan Anda akan merasa perih ketika mengoleskan salep ruam popok. Jika sudah tidak tahan dengan rasa sakitnya, Anda bisa mengaplikasikan salep dengan cara menepuk-nepukkan krim tersebut ke area ruam popok agar salep lebih mudah meresap.

Jika ada salep yang tersisa, tidak perlu mengelapnya. Saat mandi, baru bersihkan baik dari sisa salep maupun debu yang menempel di badan seperti biasanya. Selain itu, salep ruam popok yang mengandung zinc oxide biasanya terasa lengket di tangan atau area yang terkena ruam. Untuk mengurangi efek ini, Anda bisa mengoleskan petroleum jelly setelah mengaplikasikan salep ruam popok dan sebelum kembali menggunakan popok.

Penyebab ruam popok tidak kunjung sembuh

Umumnya, ruam popok akan hilang setelah 2 hingga 3 hari menggunakan salep. Namun, Anda perlu memeriksakan diri ke dokter jika ruam popok tidak kunjung membaik setelah lebih dari 4 hari menggunakan salep zinc oxide yang dijual bebas tersebut. Pasalnya ruam popok yang kondisinya memburuk, seperti keluar bintil yang berair atau bernanah dan berdarah.

Dalam beberapa kasus pada lansia, ruam popok merek juga bisa disertai dengan kondisi-kondisi kesehatan kulit yang bermasalah lainnya seperti psoriasis, eksim, ataupun seboroik. Ketika ruam popok tidak kunjung sembuh, mungkin bisa disebabkan oleh infeksi ragi atau jamur. Dokter mungkin akan memberikan salep anti jamur.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *