Menu Close

Bagaimana Prosedur Operasi Kelenjar Getah Bening?

Kanker getah bening adalah kanker yang menyerang sistem limfatik, yaitu bagian dari sistem kekebalan tubuh yang berfungsi untuk melawan infeksi. Penyebab kanker getah bening masih belum diketahui dengan pasti, namun ada beberapa faktor risiko yang dapat menyebabkan seseorang lebih berisiko terkena penyakit ini. Salah satu untuk mengatasi kelenjar getah bening ini adalah dengan melakukan operasi kelenjar getah bening atau sering disebut dengan tindakan biopsi.

TB kelenjar getah bening ditandai dengan pembengkakan di leher

Biopsi kelenjar getah bening (KGB) adalah prosedur pengangkatan sampel jaringan kelenjar getah bening untuk diperiksa di bawah mikroskop. Jaringan ini akan dianalisis untuk mendeteksi ada tidaknya kelainan atau penyakit pada kelenjar getah bening, mulai dari infeksi seperti mononukleosis hingga kanker kelenjar getah bening.

Kelenjar getah bening merupakan organ kecil berbentuk oval yang terdapat di berbagai bagian tubuh. Kelenjar ini berada dekat organ dalam, seperti lambung, usus, maupun paru-paru, tapi paling banyak ditemukan di ketiak, selangkangan, serta leher.

Kelenjar ini termasuk bagian dari sistem kekebalan tubuh dan berperan dalam produksi sel darah putih jenis limfosit, yang dapat melawan infeksi. Kelenjar getah bening akan membantu tubuh untuk mengenali dan melawan infeksi. Sebagai respons tubuh terhadap suatu infeksi, kelenjar ini akan membengkak dan tampak seperti benjolan di bawah kulit.

Sebelum biopsi kelenjar getah bening dimulai, beberapa persiapan berikut perlu dilakukan.

  • Menghentikan konsumsi obat-obatan tertentu

Beritahukan pada dokter terkait obat-obatan, suplemen, dan vitamin yang sedang Anda konsumsi. Sebelum biopsi kelenjar getah bening, Anda akan diminta untuk menghentikan konsumsi beberapa jenis obat yang dapat meningkatkan risiko pendarahan. Misalnya, aspirin, ibuprofen, dan obat pengencer darah seperti warfarin.

  • Menyampaikan informasi medis lainnya pada dokter

Beritahukan pada dokter apabila Anda sedang hamil, memiliki alergi (seperti alergi obat atau lateks), maupun riwayat penyakit tertentu.

  • Berpuasa

Pasien akan diminta untuk berpuasa (tidak makan dan minum) sekitar 6-8 jam sebelum prosedur.

Biopsi kelenjar getah bening dapat dilakukan dengan mengambil sebagian jaringan (sampel) atau seluruh kelenjar yang mengalami pembengkakan. Metode pengambilan jaringan tersebut pun ada beragam. Berikut tiga metode biopsi kelenjar getah bening yang dapat dilakukan.

  1. Biopsi jarum

Pada prosedur ini, dokter akan mengambil sedikit sampel sel dari kelenjar getah bening dengan cara, yaitu

  1. Pasien akan diminta berbaring di meja pemeriksaan
  2. Dokter membersihkan bagian tubuh yang perlu biopsi dengan cairan antiseptik.
  3. Dokter memberikan obat bius lokal agar area tersebut mati rasa.
  4. Dokter lalu menusukkan jarum halus ke kelenjar getah bening dan mengambil sampel jaringan.
  5. Jarum kemudian dicabut dan bekas luka ditutup dengan plester.
  6. Prosedur ini umumnya berlangsung selama 10 hingga 15 menit.
  1. Biopsi terbuka

Biopsi KGB dengan bedah terbuka biasanya berlangsung selama 30-45 menit. Prosedur ini meliputi pengambilan sebagian atau seluruh kelenjar getah bening. Dokter dapat melakukannya dengan cara, yaitu 

  1. Memberikan bius lokal pada lokasi biopsi atau bius total agar pasien tertidur selama biopsi.
  2. Membuat sayatan kecil.
  3. Mengangkat sebagian atau seluruh kelenjar getah bening.
  4. Menjahit sayatan operasi dan menutupnya dengan perban.
  1. Biopsi sentinel (total)

Bila pasien mengalami kanker, dokter dapat melakukan biopsi sentinel guna menentukan penyebaran kanker dalam tubuh pasien. Pada prosedur ini, dokter akan melakukan hal ini.

  1. Menyuntikkan zat pewarna biru pada lokasi kanker. Zat pewarna akan menyebar ke lokasi yang mungkin mengalami penyebaran
  2. Mengangkat seluruh kelenjar getah bening di bagian tubuh tersebut.
  3. Mengirim sampel kelenjar getah bening ke laboratorium untuk pemeriksaan sel kanker.
  4. Menentukan terapi pengobatan berdasarkan hasil pemeriksaan.

Itulah beberapa prosedur dari operasi kelenjar getah bening atau yang sering disebut dengan biopsi. Selain melakukan operasi atau biopsi, sebenarnya pengobatan kelenjar getah bening ini bisa dilakukan dengan mengonsumsi obat – obatan. Meski begitu, penanganan jenis apa yang ingin Anda pilih, lebih baik dikonsultasikan dengan dokter terlebih dahulu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *