Menu Close

Bayi 1 Bulan: Pendengaran, Penglihatan, dan Reaksi Indra Lainnya

Bayi 1 Bulan: Pendengaran, Penglihatan, dan Reaksi Indra Lainnya

Apa yang bisa dilakukan bayi usia 1 bulan? Anda mungkin termasuk orang tua baru yang sedang membimbing anak pertama, usia bayi satu bulan adalah titik awal yang penting.

Di usia ini, pancaindra bayi mulai memasuki tahap awal perkembangan. Si kecil sudah mulai terbiasa dengan dunia baru di sekitarnya.

Sebagai orang tua baru Anda mungkin sedikit cemas, apakah si bayi mendapatkan semua yang dia butuhkan? Tenang saja, di usia satu bulan, bayi hanya membutuhkan makan dengan teratur, tidur nyenyak, dan popok yang nyaman.

Lalu, apa saja yang sudah bisa dilihat, dirasakan, dan didengar bayi 1 bulan?

Apa yang dilihat bayi 1 bulan?

Di usia satu bulan, bayi hanya bisa fokus melihat ke bentuk dan objek dalam jarak dekat. Objek dalam jarak jauh akan terlihat kabur di mata mereka.

Seiring dengan pertumbuhan, di usia 3 bulan bayi akan mulai mengenali objek dan mengikuti pergerakannya. Mereka akan mulai tertarik dengan bentuk dan pola, mengenali wajah, bahkan dari jarak yang cukup jauh.

Apa yang didengar bayi 1 bulan?

Bayi sudah mendengar suara sejak di dalam rahim. Detak jantung ibu, bunyi perut ibu, bahkan suara ibu sudah menjadi bagian dari dunia bayi sejak sebelum lahir.

Begitu si kecil terlahir,  suara-suara itu semakin jelas dan lantang. Bayi di usia satu bulan diyakini lebih mudah merespons suara dalam nada tinggi.

Karena itu, jangan terkejut ketika orang-orang mencoba bicara dengan nada tinggi bersemangat kepada bayi Anda. Manusia secara alamiah menyadari apa yang harus dilakukan untuk bicara dengan bayi.

Selain suara, bayi satu bulan mungkin mulai menikmati musik. Jangan coba isolasi bayi Anda, pastikan dia bisa mendengar aktivitas sehari-hari Anda.

Apa yang dikecap dan dicium bayi 1 bulan?

Bayi satu bulan sudah mulai bisa mengecap dan mencium, umumnya mereka lebih suka rasa manis daripada pahit. 

Sebagai contoh, bayi satu bulan akan sangat senang minum air yang berasa manis, tapi tidak terlalu menyukai minuman yang terasa asam. Artinya, bayi lebih menyukai bau-bau wangi daripada yang lain.

Meski demikian, indra pengecapan bayi akan terus berkembang di tahun pertama. Studi pun membuktikan bahwa pola makan si ibu dapat memengaruhi rasa ASI-nya.

Ibu yang lebih suka makanan pedas dalam masa ASI, misalnya, kemungkinan besar akan mengembangkan anak yang juga makanan pedas. Rasa pertama yang dikecap bayi bisa memengaruhi preferensi mereka di masa depan.

Mengapa sentuhan fisik penting?

Nah yang tidak kalah penting, Anda harus membantu perkembangan pancaindra bayi 1 bulan dengan sentuhan fisik. 

Memang seiring pertambahan usia bayi akan mulai menyentuh benda-benda di sekitarnya. Namun, di usia satu bulan, Anda perlu cukup sering menyentuh bayi.

Bayi dapat merasakan kasih sayang dalam pelukan, gendongan, dan ciuman Anda. Buatlah sentuhan itu semenyenangkan mungkin, bisa dengan nyanyian atau semacamnya.

Coba kenalkan bayi pada tekstur benda-benda. Sentuhkan tangan mereka ke benda-benda lembut seperti bulu, ke benda keras seperti kayu, benda dingin atau hangat. 

Dengan sentuhan itu, bayi akan merasakan dunia di sekitarnya, dan dengan demikian mereka mulai belajar soal kehidupan.

Apakah harus khawatir?

Jika Anda sedikit khawatir soal kinerja indra bayi, coba lakukan beberapa tes mudah non-ilmiah.

Misalnya, jika Anda mengkhawatirkan penglihatan bayi, perhatikan apakah dia bisa mengamati wajah dengan cermat. Apakah si bayi bisa mengikuti benda bergerak?

Lalu, jika mengkhawatirkan pendengaran bayi, coba jawab beberapa pertanyaan di bawah ini:

  • Apakah si bayi terkejut saat mendengar suara keras secara tiba-tiba?
  • Apakah si bayi dapat merespons suara meski tidak dapat melihat Anda?
  • Apakah bayi merespons musik dan suara lain di sekitarnya?

Tentu, jika Anda masih khawatir mengenai penglihatan dan pendengaran si kecil, segera bawa ke dokter untuk mendapatkan penilaian menyeluruh.

Kesimpulan

Jadi, bayi 1 bulan butuh apa? Anda tidak perlu terlalu cemas, asalkan ASI berjalan lancar, si kecil tidur nyenyak dan panjang, popok selalu diganti. 

Seharusnya tidak banyak masalah untuk bayi 1 bulan. Namun, jika Anda merasa ada keanehan atau gejala penyakit tertentu, segera hubungi dokter anak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *