Menu Close

6 Tips Mengatasi Bayi Rewel Malam Hari

6 Tips Mengatasi Bayi Rewel Malam Hari

Ada banyak penyebab bayi rewel di malam hari. Karena itu, Anda juga perlu sejuta cara untuk bisa menghadapi situasi ini. Namun, pertama kali yang harus Anda lakukan adalah menenangkan diri terlebih dahulu seba jika Anda panik, sangat besar kemungkinan tangisan bayi semakin sulit dihentikan. 

Bayi rewel malam hari memang akan sangat melelahkan. Ini akan mengurangi waktu istirahat Anda. Ini juga bisa membuat Anda pusing mendadak karena terbangun tiba-tiba ataupun karena bingung cara menghentikannya yang tepat. 

Berikut ini adalah beberapa tips yang dapat Anda lakukan ketika bayi rewel malam hari mulai terjadi. Percayalah, salah satu tips di bawah ini pasti cocok untuk buah hati Anda dan tangisannya bisa segera mereda. 

  1. Susui dengan Segera

Kebanyakan bayi rewel malam hari disebabkan oleh rasa lapar yang datang tiba-tiba. Ciri lain dari bayi lapar selain menangis adalah tangan yang mengepal dan lidah yang mencecap bibir. Anda perlu segera mengambil momen untuk mengatasi hal ini. Segera susui bayi ketika ia tiba-tiba menangis. Bayi yang lapar umumnya akan segera tenang ketiak diberi susu. Tidak lama kemudian, ia bisa segera kembali tertidur. Semakin lama Anda memberi ia susu, semakin sulit tangisannya dihentikan. 

  1. Stimulasi dengan Sentuhan dan Elusan 

Tidak perlu memikirkan cara-cara sulit untuk menenangkan bayi rewel malam hari. Kadang-kadang, si kecil hanya membutuhkan sentuhan Anda untuk memastikan ia sedang tidak sendirian. Cobalah usap bagian punggungnya dan beri elusan lembut. Secara perlahan, tangisan bayi bisa mengecil hingga akhirnya benar-benar berhenti jika memang tidak ada penyebab ketidaknyamanan lainnya. 

  1. Ganti Popok 

Salah satu penyebab bayi rewel malam hari adalah popoknya yang penuh atau lembap. Kondisi ini membuatnya tidak nyaman sehingga tidak bisa segera kembali tertidur. Coba cek popoknya dan tidak ada salahnya langsung mengganti popok bayi, meskipun belum penuh. Bisa jadi, walaupun belum penuh, popok tersebut sudah terasa lembap dan membuatnya tidak nyaman. 

  1. Bersenandunglah!

Alihkan perhatian bayi agar tidak menangis lagi dengan suara Anda sendiri. Ya, Anda tidak perlu pusing mencari mainan atau memasang musik kesukaannya. Bahkan hanya dengan Anda bersenandung, tangisan bayi bisa mereda dengan sendirinya. Ini karena suara Anda lebih familiar dan menenangkan bagi mereka. Anda dapat bersenandung dengan lagu-lagu kesukaannya sambil sesekali memberi elusan di pipi untuk menyatakan bahwa dia disayang dan semua aman-aman saja. 

  1. Gendong dan Timang 

Tidak ada anak bayi yang tidak menyukai momen ketika ia digendong dan ditimang oleh orangtuanya. Momen ini akan membuatnya merasa tenang dan nyaman sebab merasa Anda sungguh dekat dan menyayanginya. Jadi jika segala cara sudah dilakukan, namun bayi tetap menangis, cobalah untuk segera menggendong dan menimangnya. Dijamin, anak bisa segera tenang kembali. Syukur-syukur dalam hitungan menit di timangan Anda, si kecil bisa segera kembali tertidur. 

  1. Pijat Perut Bayi 

Kolik merupakan penyebab bayi rewel malam hari yang bisa membuat Anda pusing tingkat tinggi. Pasalnya, bayi bisa menangis berjam-jam ketika merasakan ketidaknyaman di perut karena gas. Bahkan dengan menyusui atau menggendongnya, tangis bayi belum tentu mereda. Cobalah untuk memijat perutnya dengan lembut searah jarum jam. Pijatan ini bisa membantu mengeluarkan gas di perut bayi sehingga ia merasa lebih nyaman dan tangisannya bisa segera mereda. 

*** 

Pasti ada cara untuk mengatasi bayi rewel di malam hari. Asalkan Anda tenang, tangis bayi tidak semakin kencang. Namun jika Anda panik, bersiaplah untuk tidak menemukan solusi mengatasi tangisan bayi yang semakin menggelegar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *