Menu Close

Beberapa Penyebab dan Pemicu Kaligata

Urtikaria, juga dikenal sebagai kaligata, adalah wabah benjolan merah atau plak yang bengkak pada kulit yang muncul tiba-tiba, baik sebagai akibat dari reaksi tubuh terhadap alergen tertentu, atau penyebab yang tidak diketahui.

Jika Anda memiliki benjolan merah atau berwarna kulit, ruam kulit tersebut bisa menjadi kaligata. Gatal-gatal dari kaligata dapat berkisar dari ringan hingga parah, sehingga penting untuk mempelajari penyebab kaligata.

Kaligata biasanya menyebabkan gatal-gatal, tetapi bisa juga membakar atau menyengat. Ruam ini dapat muncul di mana saja di tubuh Anda, termasuk wajah, bibir, lidah, tenggorokan, atau telinga. 

Ukuran ruam kaligata bervariasi, dari sebesar penghapus pensil hingga piring makan, dan bahkan bisa bergabung untuk membentuk area yang lebih besar yang dikenal sebagai plak. Mereka bisa bertahan berjam-jam, atau hingga satu hari sebelum memudar.

Alergi kaligata dan angioedema terbentuk ketika, sebagai respons terhadap histamin, plasma darah bocor keluar dari pembuluh darah kecil di kulit Anda. Histamin adalah bahan kimia yang dilepaskan dari sel-sel khusus di sepanjang pembuluh darah kulit.

Reaksi alergi, bahan kimia dalam makanan tertentu, sengatan serangga, paparan sinar matahari, atau obat-obatan dapat menjadi penyebab pelepasan histamin. Namun seringkali untuk tidak mengetahui mengapa kaligata terbentuk.

Berikut beberapa pemicu dan penyebab kaligata:

  • Beberapa makanan (terutama kacang, telur, kacang-kacangan, dan kerang)
  • Obat-obatan, seperti antibiotik (terutama penisilin dan sulfa), aspirin dan ibuprofen
  • Sengatan serangga atau gigitan
  • Stimulus fisik, seperti tekanan, dingin, panas, olahraga atau paparan sinar matahari
  • Getah
  • Transfusi darah
  • Infeksi bakteri, termasuk infeksi saluran kemih dan radang tenggorokan
  • Infeksi virus, termasuk pilek biasa, mononukleosis infeksiosa dan hepatitis
  • Bulu binatang peliharaan
  • Serbuk sari
  • Beberapa tanaman

Dokter Anda akan perlu mengajukan pertanyaan dalam upaya untuk menemukan kemungkinan penyebab kaligata atau angiodema. Karena tidak ada tes khusus untuk kaligata atau pembengkakan angioedema yang terkait pengujian akan tergantung pada riwayat medis Anda dan pemeriksaan menyeluruh oleh dokter perawatan primer atau dokter kulit Anda.

Perawatan terbaik untuk kaligata dan angiodema adalah mengidentifikasi dan menghilangkan pemicu atau penyebabnya, tetapi ini bukan tugas yang mudah.  Antihistamin biasanya diresepkan oleh dokter Anda untuk meredakan gejala. Antihistamin bekerja paling baik jika dikonsumsi secara teratur untuk mencegah terbentuknya kaligata.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *