Menu Close

Berbagai Upaya untuk Mengatasi Sakit Kepala Bagian Belakang

Berbagai Upaya untuk Mengatasi Sakit Kepala Bagian Belakang

Sakit kepala adalah kondisi kesehatan yang umum sekali terjadi. Sakit yang dirasakan bisa timbul di seluruh bagian kepala atau hanya di beberapa bagiannya saja. Sakit kepala sebagian pun dapat terjadi di sebelah kanan, kiri, depan, hingga belakang. Artikel ini akan berfokus pada sakit kepala bagian belakang saja.

Sakit kepala bagian belakang timbul karena berbagai penyebab. Mulai dari faktor stres hingga masalah-masalah lain yang terkait dengan gangguan saraf. Kondisi ini bisa dibilang tidak terlalu mengkhawatirkan, meski pada beberapa momen bisa saja sakit kepala bagian belakang menjadi tanda atau gejala penyakit tertentu. Seseorang butuh dokter untuk mendapatkan diagnosis yang tepat.

Sakit kepala mudah sekali diatasi dengan obat, bahkan yang dijual bebas di pasaran, atau kita kenal dengan istilah “obat warung”. Biasanya, dengan mengonsumsi obat sakit kepala dengan dosis tertentu, kemudian istirahat, keluhan yang dirasakan akan hilang dengan sendirinya. Kendati demikian, seseorang tetap harus memperhatikan obat yang dikonsumsinya, termasuk dosis dan jenis dari obat tersebut.

Sebab salah mengonsumsi obat barang tentu akan menimbulkan efek tertentu yang bisa saja justru merugikan. Jika kamu termasuk orang yang enggan mengambil risiko lantaran efek samping obat sakit kepala, di bawah ini terdapat berbagai cara lain yang bisa digunakan sebagai upaya lain meredakan sakit kepala bagian belakang yang tengah melanda. Berikut di antaranya:

  • Jauhi penyebab stress

Seperti disebutkan di atas bahwa stress merupakan salah satu penyebab sakit kepala bagian belakang. Oleh karenanya, menjauhi penyebab stress atau merilis stress bisa ditujukan sebagai upaya mengatasi masalah ini. 

Kamu bisa menghindari kegiatan yang berpotensi meningkatkan stress. Selain itu, kamu juga bisa melakukan perencanaan terhadap kegiatan ke depan agar memiliki ruang dan waktu untuk lebih santai dan menikmati hari.

Sementara jika kamu sudah mulai merasa lelah, cobalah untuk beristirahat. Terlalu memforsir diri juga tidak baik untuk kesehatan. Selain itu, demi mengurangi rasa sakit kepala bagian belakang yang terasa, Anda juga bisa melakukan beberapa hal di bawah ini untuk merilis stress;

  1. Perbanyak konsumsi air mineral agar tubuh tetap terhidrasi;
  2. Kerja dengan sikap tubuh yang baik, seperti jangan duduk terlalu membungkuk, apalagi jika harus duduk dalam waktu yang cukup lama. Sebab rasa sakit kepala bagian belakang juga dapat disebabkan postur tubuh yang buruk;
  3. Kompres dengan air panas atau dingin otot-otot yang terasa nyeri untuk mengurangi rasa sakit kepala di bagian belakang.

Penting juga untuk tak hanya fokus menghilangkan ketegangan secara fisik, tetapi juga meredakan ketegangan secara psikis. Kamu bisa mencoba meditasi, misalnya. Atur pernapasan dan kosongkan pikiran. Lakukan ini sambil mendengarkan lagu yang tenang dan dapat membuatmu nyaman.

  • Penuhi waktu tidur ideal

Selain stress, pola tidur juga jadi satu faktor penyebab sakit kepala bagian belakang. Kurang tidur mungkin bisa membuat kamu harus merasakan sakit kepala bagian belakang. Perbanyak waktu istirahat atau tidur ketika kamu tengah sakit kepala. Sementara untuk menghindarinya pastikan kamu selalu menjaga atau memenuhi waktu tidur ideal.

  • Pijat

Banyak sekali manfaat dari pijat, salah satu yang utama adalah melemaskan otot-otot atau anggota tubuh lain yang tegang. Saat mengalami sakit kepala bagian belakang, pijat bisa jadi salah satu cara terbaik untuk mengatasinya.

  • Kurangi atau berhenti merokok dan minum alkohol

Kurangi kebiasaan merokok dan mengonsumsi alkohol. Kebiasaan merokok bahkan dapat meningkatkan faktor risiko kamu mengalami sakit kepala tegang dan sakit kepala cluster.

Itulah beberapa upaya atau cara mudah dalam mengatasi sakit kepala bagian belakang yang dirasakan. Metode ini bisa berhasil jika penyebab sakit kepala bagian belakang yang dirasakan memang berasal dari kemungkinan-kemungkinan yang terpetakan.

Apabila sakit kepala bagian belakang yang dirasakan terjadi karena kondisi tertentu, mungkin butuh tindakan atau cara lain yang lebih kompleks. Bantuan dokter atau tenaga kesehatan bisa sangat membantu dalam kondisi ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *