Menu Close

Cara Membuat Yoghurt Anti Gagal dan Simpel

yoghurt adalah salah satu makanan sehat yang dapat menjadi daya tahan tubuh Anda. Anda mungkin sering membeli produk fermentasi ini agar simpel. Namun, tidakkah Anda tertarik mencari cara membuat yoghurt dan mempraktikkan di rumah dengan segera? 

Cara membuat yoghurt gampang dan bisa dicoba di rumah

Nyatanya, cara membuat yoghurt tidaklah sulit. Bahan-bahannya pun simpel dan mudah diperoleh. Yang jelas juga, mengetahui cara membuat yoghurt bisa membuat Anda jauh lebih hemat, meskipun mengonsumsi yoghurt tiap hari. 

Penasaran bagaimana cara membuat yoghurt? Berikut ini tips membuatnya yang anti gagal. Anda yang tidak suka memasak pun bisa membuat makanan fermentasi ini tanpa ribet. 

Gunakan Susu Segar untuk Hasil Terbaik

Sebenarnya semua jenis susu bisa dipakai untuk bahan membuat yoghurt. Namun, jika ingin mendapatkan harga yoghurt terbaik, sebaiknya Anda menggunakan produk susu segar. Jenis susu ini akan menghasilkan yoghurt yang lebih kaya bakteri baik dibandingkan Anda menggunakan susu pasteurisasi ataupun susu bubuk. 

Siapkan Biang yoghurt yang Mudah Didapat 

Cara membuat yoghurt yang sudah Anda siapkan akan berakhir sia-sia jika Anda tidak menyiapkan biangnya. Biang yoghurt merupakan yoghurt yang mengandung mikroorganisme baik yang disiapkan sebagai campuran untuk produk yoghurt yang mau Anda buat. Anda bisa langsung membeli produk yoghurt mengandung bakteri baik, seperti Yakult, untuk mempermudah cara membuat yoghurt. 

Rebus Susu dengan Api Konsisten 

Langkah awal yang penting dalam membuat yoghurt adalah merebus susu. Pastikan Anda menggunakan api yang konsisten untuk merebusnya. Pembuatan yoghurt hanya membutuhkan ukuran api sedang. Jangan pula merebus susu sampai mendidih. Ketika merebus susu, usahakan untuk sesekali mengaduknya agar tidak ada bagian susu yang menggumpal. 

Campurkan dengan Biang yoghurt 

Setelah cukup panas, taruh susu ke dalam wadah tahan panas. Setelah itu, Anda bisa memasukkan biang yoghurt yang sudah disiapkan sebelumnya untuk dicampurkan dengan susu yang sudah panas tersebut. Ukuran ideal untuk membuat yoghurt adalah 2 sendok biang yoghurt untuk 2 liter susu. 

Dinginkan Terlebih Dahulu 

Campur biang yoghurt dengan susu panas sampai merata. Setelah itu, Anda hanya perlu beristirahat sambil menunggu campuran susu dan biang yoghurt tersebut mendingin terlebih dahulu. Pastikan proses pendinginannya alami pada suhu ruangan, bukan dengan menaruhnya pada kulkas. 

Panggang untuk Fermentasi 

Anda bisa dengan cepat melakukan fermentasi dari bahan yoghurt tersebut dengan menggunakan oven. Cara membuat yoghurt ini bisa memfermentasi campuran susu dan biang yoghurt dalam waktu 2—3 jam saja. 

Diamkan Tetap Hangat 

Setelah proses pemanggangan atau fermentasi selesai, lebih baik Anda mendiamkan hasil yoghurt tersebut tetap dalam oven selama semalaman. Pasalnya, fermentasi baru benar-benar sempurna jika didiamkan sekitar 5—6 jam. Namun ingat, jangan pernah membiarkan yoghurt yang Anda buat didiamkan lebih dari 10 jam karena bisa merusak tekstur dan rasa. Selain menaruhnya tetap di oven, Anda juga bisa menaruh hasil yoghurt tersebut dalam termos untuk menjaga suhunya tetap konstan di kisaran 32—40 derajat Celcius. 

Simpan dalam Kulkas 

Sebenarnya, yoghurt Anda sudah jadi! Anda bisa menambahkan perisa rasa jika ingin. Supaya awet, taruh yoghurt yang sudah didiamkan semalaman tersebut dalam lemari es. Cara ini bisa membuat yoghurt bertahan hingga seminggu. Jangan kaget jika pertama kali menaruhnya di kulkas akan membuat yoghurt berair. Nantinya, yoghurt tersebut akan mengental sendiri ketika Anda mengaduknya. 

Cara membuat yoghurt ternyata simpel, bukan? Jadi, kapan Anda mau mulai membuat produk fermentasi ini di rumah dalam waktu terdekat?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *