Menu Close

Cara Mengatasi Susah Napas Tanpa Inhaler Hidung

Sesak napas atau hidung tersumbat kerap disebabkan oleh banyak faktor, antara lain polusi udara, asap rokok, alergen, atau cuaca yang berubah secara drastis. Dalam mengatasi kondisi tersebut, biasanya banyak orang pakai inhaler hidung. Produk tersebut dipilih selain bisa mengatasi hidung tersumbat, juga karena bentuk atau ukurannya yang praktis, serta harganya yang ekonomis. 

Akan tetapi, sulit bernapas karena hidung tersumbat bisa pula diatasi dengan berbagai cara yang terbilang alami. Tentu saja, langkah tersebut bisa dijadikan pilihan alternatif bagi anda yang enggan menggunakan inhaler hidung. Apabila anda tertarik mencoba langkah alami mengatasi hidung tersumbat, maka simak baik-baik penjelasan di bawah ini. 

Pelembab udara 

Selain menggunakan inhaler hidung, kondisi hidung kanan tersumbat dapat pula diatasi dengan bantuan pelembab udara. Secara umum, pelembab udara merupakan alat yang dapat mengubah air menjadi uap, yang mana uap itu berguna untuk melembabkan udara di dalam ruang, seperti kamar tidur. Adapun korelasinya dengan hidung tersumbat adalah bahwa menghirup udara lembab bisa mengurangi lendir di dalam hidung. Apabila kondisi itu yang terjadi, maka membuat pernapasan anda kembali lega. 

Air mineral 

Hidung tersumbat dapat pula diatasi dengan konsumsi air mineral. Adapun air dapat dimanfaatkan karena bisa mendorong ingus cepat keluar. Apabila itu yang terjadi, maka tekanan pada area sinus pun berkurang, sehingga iritasi dan peradangan bakal hilang dengan sendirinya. 

Selain sebagai alternatif inhaler hidung, sejatinya konsumsi air mineral yang cukup memang sangat dianjurkan. Kekurangan mineral dalam tubuh bisa buat kita dehidrasi dan di satu sisi, juga dapat membuat kondisi mulut dan gigi dalam bahaya. Sebab, kekurangan air mineral dapat membuat produksi air liur semakin sedikit, yang mana dampaknya juga pada kesehatan gigi.  

Segera buang ingus 

Selama fase hidung tersumbat, pasti pasien mengalami waktu ingin buang ingus. Nah, agar menghindari pakai inhaler hidung, maka ingus harus segera dibuang. Adapun membuang ingus saat hidung tersumbat memang dianjurkan karena terbilang efektif mengatasi kondisi tersebut. Akan tetapi, yang perlu diperhatikan adalah cara membuang ingusnya. Hal tersebut dikemukakan karena membuang ingus dengan tenaga besar tak dianjurkan. Pasalnya, itu bisa membawa kuman ke bagian saluran telinga. 

Memanfaatkan air hangat 

Cara mudah berikutnya mengatasi hidung tersumbat adalah menggunakan air hangat. Air hangat bisa anda gunakan dalam dua cara. Pertama, mengompres bagian hidung. Nah saat melakukan cara ini, pastikan handuk atau kain yang digunakan bersih. Adapun manfaat mengompres hidung pakai air hangat adalah menenangkan nyeri dan peradangan di bagian lubang hidung. 

Sementara cara kedua adalah mandi. Yup, mandi pakai air hangat adalah cara lain mengatasi hidung tersumbat selain pakai inhaler hidung. Mandi pakai air hangat ini memang bisa dilakukan untuk mengatasi hidung tersumbat karena uap dari air dapat mengurangi lendir di dalam hidung. Oleh karena itulah mandi air hangat bisa membantu melegakan pernapasan. 

Dari penjelasan ringkas di atas, kita telah ketahui cara alternatif mengatasi hidung tersumbat tanpa memakai inhaler hidung. Pada dasarnya, langkah di atas memang mudah kita lakukan dan terbilang tanpa ada hambatan sama sekali. Akan tetapi, jika cara alternatif tersebut tak kunjung meredakan hidung tersumbat, anda bisa konsumsi obat untuk mengatasinya. 

Namun demikian, apabila anda enggan konsumsi obat, maka tidak ada salahnya anda menggunakan inhaler hidung. Adapun produk tersebut sudah banyak beredar dengan berbagai merek. Selain ampuh mengatasi hidung tersumbat dan ekonomis, kita pun sangat mudah jika ingin membelinya. Sebab, selain membeli secara langsung, produk tersebut juga bisa kita peroleh lewat pemesanan secara online.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *