Menu Close

Cara Mengobati Kista Sebasea yang Sebabkan Lesi Kulit

Cara Mengobati Kista Sebasea yang Sebabkan Lesi Kulit

Kista sebasea adalah lesi kulit yang mengakibatkan benjolan kecil di kulit wajah, punggung atas, dan dada bagian atas. Kista sebasea dapat terbentuk saat pembukaan kelenjar sebaceous tersumbat. Zat berminyak yang disebut sebum terus diproduksi tetapi tidak bisa lepas ke permukaan kulit luar.  

Kista ini tidaklah berbahaya, dan bukan termasuk kista non-kanker.  Kista sebasea sering ditemukan pada wajah, leher, atau di bagian tubuh lainya. Kista ini tidak mengancam jiwa namun akan tetap tumbuh secara perlahan, dan tidak menular. Kista sebasea sangat umum terjadi dan dapat terjadi pada orang-orang di segala usia. 

Salah satu tanda infeksi adalah lesi kulit, kemerahan dan bengkak di sekitar kista atau drainase berbau busuk yang keluar dari kista. Temui penyedia layanan kesehatan Anda jika Anda memiliki gejala seperti itu. Kista sebaceous mungkin bersifat kanker jika memiliki salah satu dari karakteristik berikut:

  • Tanda infeksi seperti nyeri, kemerahan atau keluarnya nanah.
  • Tingkat pertumbuhan yang cepat setelah dibuang.
  • Diameter yang lebih besar dari lima sentimeter

Sulit bagi orang awam untuk mengetahui apakah benjolan itu kista atau sesuatu yang lain. Jika ini bukan kista sebasea, Anda mungkin memerlukan perawatan. Beberapa kista hilang dengan sendirinya sementara yang lain terus tumbuh sampai Anda mendapatkan perawatan.

Tanpa pengobatan, Anda mungkin memiliki kista sebasea selamanya dan saatnya memulai proses penyembuhan mulai lah dengan : 

Pertama, Jangan pernah mencoba memecahkan dan mengeringkan kista sendiri. Itu bisa menyebarkan infeksi dan kista bisa tumbuh kembali. 

Kedua, Bantu mengurangi peradangan dengan menempelkan handuk hangat pada kista. Cara ini memperlebar pembuluh-pembuluh darah dan meningkatkan perfusi jaringan lokal untuk pengiriman nutrisi-nutrisi yang dibutuhkan untuk penyembuhan. Aliran darah yang meningkat juga mengeluarkan eksudat inflamasi dan produk-produk buangan dari area pembengkakan.

Ketiga, Kista sebasea yang terjadi pada penderita jerawat dapat dicegah dengan mengendalikan jerawat dengan obat-obatan.

Keempat, Hal terbaik yang dapat Anda lakukan untuk mencegah kista sebaceous adalah mencegah trauma yang mungkin menyebabkannya. Hindari tergores atau dipukul. 

Kelima, tidak ada obat yang dapat mencegah Anda terkena kista sebasea, Anda dapat mencegah kista yang diangkat kembali jika Anda menjalani operasi. 

Selalu temui penyedia layanan kesehatan Anda jika Anda menemukan benjolan di kulit Anda. Jika mungkin kista sebaceous, jenis kista lain, atau yang lainnya. Jangan mencoba mendiagnosis diri sendiri. Temui penyedia layanan kesehatan Anda untuk diagnosis yang jelas dan perawatan khusus. 

Pertanyaan apa yang harus saya tanyakan kepada penyedia layanan kesehatan saya tentang kista sebaceous,  Anda bisa tanyakan beberapa pertanyaan seperti :

  • Apakah saya memiliki kista sebasea atau kista jenis lain?
  • Apakah menurut Anda ini akan hilang dengan sendirinya, atau apakah perlu perawatan?
  • Apakah menurut Anda kista sebasea akan membesar?
  • Pilihan perawatan apa yang Anda rekomendasikan?
  • Apakah saya perlu menemui spesialis atau ahli bedah?
  • Apa yang harus saya lakukan jika kista muncul kembali setelah prosedur?

Kista sebasea bisa menjadi komplikasi 

Kista sebasea sebenarnya tidak terlalu berbahaya seperti halnya pada jenis kista yang lainnya. Namun kista sebasea dapat berbahaya menjadi komplikasi jika terjadi peradangan, bisa menjadi lunak dan bengkak. Kista yang meradang akan sulit dihilangkan, dan dokter kemungkinan akan menunda proses operasi hingga sampai peradangan mereda. 

Selain itu, kista sebasea pecah dapat menyebabkan infeksi seperti bisul dan harus segera dilakukan perawatan intensif. Kista sebasea juga bisa juga terjadi infeksi lesi kulit dan terasa nyeri. Kemudian, kista sebasea bisa menjadi kanker kulit, namun kejadian seperti sangat jarang terjadi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *