Menu Close

Cara Sederhana Menggunakan Alat Bekam di Rumah

alat bekam

Banyak orang yang mungkin menganggap alat bekam sebagai perawatan mewah yang hanya tersedia melalui seorang profesional. Alat bekam tradisional umumnya menggunakan cangkir kaca dan api, sedangkan terapi terkini umumnya hanya menggunakan cangkir silikon dan beberapa perlengkapan tambahan yang sangat mudah digunakan.

Oleh karena itu, Anda tidak perlu lagi keluar rumah dan membayar lebih untuk melakukan terapi, namun cukup siapkan alat bekam di rumah, yang memungkinkan semua orang menikmati manfaat kesehatan yang luar biasa dari bekam pijat bersama dengan minyak aromaterapi yang Anda sukai. Berikut tips menggunakan alat bekam sendiri di rumah.

1. Perhatikan semua alat yang Anda miliki

Sebelum memulainya, cobalah untuk memeras cangkir secara lembut. Anda akan menggunakan cangkir untuk memulai, karena sedikit lebih mudah untuk diperas dan akan memungkinkan Anda bekerja dengan aman hingga tekanan yang lebih dalam. Meremas ringan tidak akan mengangkat permukaan kulit sama sekali, sehingga Anda perlu meremas lebih dalam untuk dapat menjangkau lebih dalam dan menciptakan gelembung yang dapat Anda lihat di dalam cangkir saat Anda meletakkannya di kulit.

Anda juga dapat menambahkan baby oil supaya permukaan kulit menjadi licin. Baby oil  sangat membantu memberikan daya hisap yang diperlukan dan memudahkan cangkir saat Anda meletakkannya di kulit sehingga tidak perih maupun lecet.

2. Lepas secara perlahan

Setelah Anda meletakkan cangkir di area yang Anda inginkan dan dapat melihat kulit terangkat di dalam cangkir, berhentilah meremas. Gunakan tangan atau jari Anda untuk mengarahkan cangkir ke arah yang Anda inginkan, tanpa memberikan tekanan berlebih. Perhatikan baik-baik kulit di dalam cangkir. Jika mulai menjadi terlalu merah atau gelap atau terasa tidak nyaman, Anda mungkin telah membuat terlalu banyak isapan. Keluarkan cangkir, dan jangan meremasnya terlalu kuat sebelum meletakkannya lagi. Untuk melepas cangkir, cobalah untuk peras dan melepaskan isap, kemudian angkat.

3. Pahami tentang arah putaran

Saat memijat menggunakan alat bekam di rumah, ada batasan tertentu yang Anda miliki dalam bergerak kecuali Anda memiliki pasangan yang membantu. Penting bagi Anda dan/atau pasangan untuk memahami arah yang benar sehingga membantu detoks, dan tidak menghalanginya. Untuk tujuan pijat di rumah, pastikan selalu cangkir bergerak ke arah jantung. Anda dapat memulai dari kaki ke betis, paha ke pinggul, dari bawah ke atas perut, dll. Pada lengan dan punggung, pukulan bergerak ke arah ketiak.

Ada banyak kelenjar getah bening yang terletak di seluruh tubuh, tetapi pusat utama yang harus selalu Anda ingat adalah di kepala dan leher, ketiak, lekukan siku, selangkangan, dan di belakang lutut. Pastikan untuk menyelesaikan putaran di antara hub ini. Alat bekam akan memindahkan kelebihan cairan dan racun ke kelenjar getah bening untuk dikeluarkan secara alami oleh tubuh.

Anda tidak disarankan untuk menggunakan cangkir di leher. Ada beberapa gerakan yang dapat Anda gunakan di bagian belakang leher, lebih dekat ke otot trapezius, tetapi tidak dianggap aman untuk memindahkan cangkir di atas vena menonjol dan kelenjar getah bening yang terletak di leher kecuali Anda adalah seorang profesional terlatih.

4. Gunakan sarung tangan sebelum atau sesudah perawatan bekam 

Sebelum menggunakan alat bekam dan memegang kit Anda sebaiknya selalu kenakan sarung tangan khusus untuk membantu pengelupasan kulit, meningkatkan sirkulasi, dan/atau membantu menghilangkan minyak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *