Menu Close

Cegah Penuaan Dini Akibat Sinar Matahari Dengan Pabanox

Sinar matahari di waktu tertentu memang bagus untuk tulang. Contohnya sinar matahari di jam 10 pagi dan jam 4 sore yang bagus karena menghasilkan vitamin D untuk kesehatan tulang. Melihat atau terpapar sinar matahari juga dapat meningkatkan hormon serotonin pada otak yang meningkatkan suasana hati dan membantu seseorang merasa tenang dan fokus.

Namun, terlalu banyak terpapar sinar matahari juga tidak baik karena radiasinya yang dapat merusak kulit. Tak hanya membuat kulit terbakar, paparan sinar matahari juga dapat menimbulkan tanda-tanda penuaan dini hingga kanker kulit. Penggunaan sunscreen dan sunblock dapat menjadi pilihan untuk melindungi kulit dari efek negatif sinar matahari.

Pabanox merupakan satu dari beberapa merek sunblock yang dapat Anda pilih. dapat menjadi pilihan untuk melindungi kulit dari efek negatif sinar matahari.

Pabanox merupakan satu dari beberapa merek sunblock yang dapat Anda pilih. 

Efek buruk sinar matahari

Meski memiliki banyak manfaat, matahari juga dapat memberikan efek buruk. Sinar ultraviolet matahari dapat menyebabkan kerusakan besar pada kulit. Lapisan luar kulit memiliki sel-sel yang mengandung pigmen melanin yang berfungsi melindungi kulit dari sinar ultraviolet matahari. 

Namun, jika Anda berada di bawah paparan langsung sinar matahari maka tak dapat dipungkiri bahwa kulit dapat dapat terbakar dan mengurangi elastisitasnya. Radiasi UVA dan UVB dari sinar matahari dapat menyebabkan banyak kelainan terkait kulit, termasuk kerutan, tanda terkait penuaan, kanker kulit, dan penurunan kekebalan terhadap infeksi.

Radiasi ultraviolet dari sinar matahari juga diketahui meningkatkan jumlah tahi lalat di bagian tubuh yang sering terpapar sinar matahari. Paparan sinar UV menyebabkan penebalan dan penipisan kulit yang tidak merata yang disebut elastosis surya. Akibatnya muncul kerutan kasar dan perubahan warna kulit menjadi kuning. Hal ini juga dapat menyebabkan dinding pembuluh darah menjadi lebih tipis, yang menyebabkan mudah memar dan adanya urat laba-laba (telangiectasias) di wajah.

Maka itu, penting untuk dapat menghindari atau melindungi kulit dari sinar matahari. Hal ini dapat dilakukan salah satunya dengan pemakaian sunblock atau sunscreen.

Perbedaan sunscreen dan sunblock

Baik sunscreen maupun sunblock memang memiliki fungsi utama sebagai pelindung dari efek negatif sinar matahari. Dikutip dari Health, sunscreen mengandung senyawa kimia organik seperti octyl methoxycinnamate, octyl salicylate, dan ecamsule, senyawa tersebut bekerja sebagai reaksi kimia untuk menyerap sinar UV dan mengubahnya menjadi panas, yang kemudian dilepaskan dari kulit.

Sedangkan sunblock, mengandung bahan mineral seperti titanium dioksida yang secara fisik menghalangi sinar UV matahari. Dari penjelasan tersebut telah diketahui bahwa sunscreen menyerap sinar UV dan melepaskannya sedangkan sunblock adalah pelindung dari sinar UV. 

Penggunaan sunscreen harus digosok sementara sunblock tidak. Sunblock sendiri biasanya meninggalkan bercak putih dikulit sedangkan sunscreen tidak. Umumnya sunscreen melindungi dari sinar UVA yang menyebabkan meningkatnya kerusakan kulit. Sedangkan sunblock diformulasikan untuk mencegah kerusakan kulit akibat sinar UVB. Namun kini sudah banyak sunscreen maupun sunblock yang memiliki proteksi terhadap sinar UVA maupun UVB. 

Pabanox sunblock dan manfaatnya

Seperti namanya, krim satu ini adalah pelindung kulit dari paparan sinar matahari yang berjenis sunblock. Pabanox dapat menangkal sinar UVA atau UVB dan menjaga kulit tetap sehat. Sunblock ini juga dapat mencegah penuaan dini yang disebabkan oleh efek radiasi sinar matahari.

Pabanox memiliki manfaat yang pastinya untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari, lalu mengurangi kemerahan atau bintik hitam pada kulit, serta menjadikan kulit lebih lembap dan tetap halus. Kandungan Pabanox terdiri dari padimat O, oksibenzon, dan titanium dioksida. 

Aturan pakai dan perhatian khusus Pabanox

Pabanox dapat diaplikasikan pada kulit 30 menit sebelum Anda beraktivitas di luar ruangan atau terkena paparan sinar matahari. Anda juga dapat mengoleskan ulang jika diperlukan. Sebelum diaplikasikan, bersihkan dulu bagian tubuh yang akan Anda oleskan. Sunblock krim ini dapat digunakan di wajah, leher, dan area tubuh lain yang memerlukan perlindungan sinar matahari. 

Jika digunakan berlebihan bisa menimbulkan efek samping seperti gatal dan kemerahan pada kulit. Untuk itu perhatikan dosisnya. Perhatikan pula apakah Anda memiliki alergi pada salah satu kandungan dalam Pabanox sunblock ini.

Hal lain yang perlu dihindari adalah jangan menggunakannya di bagian mata dan luka yang terbuka. Hindari dari jangkauan anak-anak dan jangan memberikannya pada anak usia di bawah 3 tahun.

Melihat betapa menakutkannya efek negatif dari sinar matahari, untuk itu diperlukan perawatan dan perlindungan khusus. Salah satu caranya adalah dengan mengaplikasikan sunblock atau sunscreen pada kulit di bagian tubuh yang memerlukannya. Merek yang bisa Anda pilih adalah Pabanox sunblock krim. Dapatkan Pabanox sunblock krim 20 gr dengan harga khusus hanya di Toko SehatQ, dijamin asli. Kunjungi Toko SehatQ sekarang melalui aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Unduh aplikasinya di Play Store dan App Store.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *