Menu Close

Dosis dan Aturan Pakai Gastrucid Tablet yang Perlu Anda Tahu

Gastrucid tablet merupakan salah satu obat yang dapat Anda temukan dengan mudah di berbagai toko obat atau apotek. Bagi Anda yang baru akan menggunakan Gastrucid tablet kunyah untuk meredakan nyeri lambung, sebaiknya terlebih dahulu apa itu Gastrucid tablet dan bagaimana dosis serta aturan pakainya. Untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai Gastrucid tablet, yuk simak ulasan berikut!

Apa itu Gastrucid Tablet?

Bagi Anda yang belum terlalu familiar dengan Gastrucid tablet atau mungkin hanya mendapat rekomendasi dari sanak saudara untuk mengonsumsi obat ini, tentu penting untuk Anda mencari tahu lebih jauh mengenai apa itu Gastrucid tablet. Gastrucid tablet merupakan tablet kunyah atau sediaan suspensi yang mengandung berbagai kombinasi zat-zat pereda nyeri dan kembung.

Zat yang terkandung dalam Gastrucid tablet meliputi magnesium klorida, dimethylpolysiloxane, serta aluminium hidroksida dalam jumlah yang diperhitungkan. Kombinasi dari kandungan zat-zat aktif tersebut berfungsi untuk mengobati luka pada lambung akibat sakit maag.

Selain itu, zat tersebut bermanfaat juga untuk meredakan asam lambung yang disebabkan oleh produksi gas yang berlebihan. Zat aktif bekerja dengan menetralkan tingkat asam pada lambung.

Dosis dan Aturan Pakai Gastrucid Tablet

Setelah mengetahui apa itu Gastrucid tablet serta memahami apa saja fungsi dari obat ini, selanjutnya Anda dapat menyimak tentang bagaimana dosis dan aturan pakai dari Gastrucid tablet. Pada dasarnya, Gastrucid tablet dapat anda konsumsi dengan cara dikunyah. Anda dapat membeli Gastrucid tablet dalam kemasan strip yang berisi 10 tablet kunyah. Harga yang ditawarkan untuk tiap stripnya adalah Rp20 ribu.

Bicara soal dosis, Gastrucid tablet kunyah merupakan golongan obat bebas. Artinya dosis bagi pemakainya cukup aman jika mengikuti aturan yang tercantum dalam kemasan. Namun jika Anda memiliki riwayat penyakit tertentu, penting bagi Anda untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum menggunakan obat ini. Untuk kelas terapinya sendiri, Gastrucid obat tablet masuk ke dalam golongan kelas terapi antasida, antirefluks dan kelas terapi antiulseran.

Untuk penyembuhan maag, kembung atau asam lambung, kunyah 1 hingga 2 tablet kunyah dalam waktu 1 jam setelah makan dan sebelum tidur malam. Obat ini dapat digunakan sekitar 3 hingga 4 kali sehari. Setelah selesai digunakan, letakkan kembali strip tablet Gastrucid ke wadah dalam ruangan yang berada di bawah suhu 30 derajat celcius.

Hal lain yang penting untuk diperhatikan ketika mengkonsumsi obat Gastrucid tablet kunyah adalah dari segi efek sampingnya. Selama penggunaan obat ini, akan terdapat beberapa efek samping yang mungkin akan Anda rasakan. Efek samping tersebut antara lain konstipasi atau sembelit, rasa tidak nyaman pada perut, mual hingga muntah pada beberapa pasien dengan kondisi tertentu. Oleh sebab itu, penggunaan obat Gastrucid tablet kunyah harus dihindari bagi mereka yang memiliki kondisi tubuh hipersensitif.

Itulah ulasan lengkap mengenai Gastrucid tablet, mulai dari pengertian produk, dosis yang boleh diberikan, hingga aturan pakai dan efek samping yang dihasilkan. Anda dapat mengonsumsi obat ini dengan bebas ketika mengalami nyeri lambung atau asam lambung. Namun jika Anda sedang hamil atau memiliki riwayat penyakit tertentu, konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter agar tidak terjadi efek samping akibat penggunaan obat ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *