Menu Close

Perhatikan Gizi Anak, Ini Dia Fungsi Kalsium untuk Remaja

Perhatikan Gizi Anak, Ini Dia Fungsi Kalsium untuk Remaja

Kalsium merupakan salah satu jenis mineral dengan jumlah yang sangat banyak dalam tubuh. Sebab, ia adalah mineral yang paling banyak membantu memperkuat struktur tulang dan gigi. Fungsi kalsium ini memang sudah sangat dikenal sehingga sejak kecil biasanya anak akan diberi asupan kalsium yang banyak agar pertumbuhan gigi dan tulangnya berlangsung baik.

Namun, pemberian asupan kalsium tidak hanya berhenti hingga usia anak. Umumnya, jumlah kalsium yang cukup banyak juga dibutuhkan hingga remaja berusia 18 tahun. Meski sudah melewati masa-masa keemasan tumbuh kembangnya, ada beberapa fungsi kalsium yang penting untuk remaja.

Kepadatan Tulang

Kalsium memiliki peran yang vital dalam pertumbuhan struktur tulang, terutama untuk kepadatannya. Sebab, sejak lahir hingga 25-30 tahun usia manusia, tulang akan terus melewati proses tumbuh kembang dan membutuhkan kalsium. Setelahnya, kepadatan tulang akan terus berkurang seiring bertambahnya usia.

Pada masa-masa di mana kepadatan tulang masih optimal dan akan terus bertumbuh, asupan kalsium jadi semakin penting. Sebab, dengan asupan kalsium yang memadai, menurunnya kepadatan tulang akan lebih rendah dibanding mereka yang tidak mendapat kalsium dengan jumlah yang mencukupi.

Salah satu penyakit yang paling umum diderita saat sudah menua adalah osteoporosis dan asupan kalsium yang mencukupi akan cukup membantu meminimalisir risiko osteoporosis saat tua.

Menjaga Berat Badan

Beberapa studi menunjukkan bahwa menu diet yang kaya akan kalsium rendah lemak memiliki relasi yang kuat pada proses menjaga berat badan. Namun, harus dipahami bahwa kalsium rendah lemaklah yang jadi kata kuncinya. Sebab, kalsium yang didapat dari makanan biasanya mengandung cukup banyak kalori dan asupan kalori berlebih dapat meningkatkan berat badan.

Karenanya, pilihlah makanan kaya kalsium yang rendah akan lemak dan pastikan untuk tetap memonitor asupan kalori anak remaja Anda jika ingin tetap menjaga berat badannya.

Meminimalisir Risiko Kanker Payudara

Salah satu penyakit yang rentan diderita oleh perempuan adalah kanker payudara. Tahukah Anda kalau kalsium dapat meminimalisir risiko kanker payudara? Melansir dari WebMD, beberapa riset menunjukkan bahwa konsumsi kalsium yang cukup dan diimbangi dengan vitamin D dapat menurunkan risiko kanker payudara perempuan yang memasuki usia pre-menopause.

Sehingga, sebaiknya remaja perempuan mencukupi kebutuhan kalsium bulanannya sesuai dengan anjuran agar dapat terhindar dari risiko ini. Terutama jika sudah melewati usia 30 tahun, menambah asupan harian kalsium bisa dijadikan opsi alternatif. Tak hanya lewat konsumsi susu atau bahan makanan lain, suplemen yang mengandung kalsium juga bisa dipilih.

Untuk Kesehatan Jantung dan Peredaran Darah

Fungsi kalsium juga baik untuk kesehatan jantung dan peredaran darah. Jantung dan pembuluh darah merupakan dua komponen yang cukup vital dalam tubuh manusia. Sehingga, kesehatan keduanya sangat penting untuk dijaga karena jika sampai salah satu atau keduanya sakit, maka pengobatannya akan cukup mahal dan sulit.

Untuk menjaga fungsi optimal jantung dan pembuluh darah, Anda bisa menjaga konsumsi kalsium sesuai dengan takaran yang dianjurkan. Sebab, beberapa studi menemukan bahwa kalsium dapat melemaskan otot-otot yang mengelilingi pembuluh darah agar peredaran darah lebih lancar. Pada gilirannya, peredaran yang lebih lancar dapat mempermudah proses kerja jantung sekaligus meminimalisir risiko tersumbatnya pembuluh darah.

Bagi remaja, kesehatan pembuluh darah dan jantung sangat penting agar di masa tua nanti tidak sampai mengalami penyakit serius seperti jantung atau penyempitan pembuluh darah. Tapi, nggak hanya kalsium ya, Anda juga perlu berkonsultasi lebih dulu dengan dokter terkait asupan tambahan selain kalsium untuk menjaga kesehatan jantung dan peredaran darah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *