Menu Close

Hindari Konsumsi Singkong Mentah, Ini Cara Pengolahan yang Benar

Sebagai masyarakat Indonesia, singkong tentu merupakan tanaman yang sudah tidak asing lagi dan sering dikonsumsi. Ada banyak sekali jenis olahan singkong yang enak dan lezat. Namun, jangan sampai makan singkong mentah, ya. Sebab berbahaya.

Singkong mentah yang dikonsumsi dapat membahayakan atau bahkan mengganggu fungsi saraf dan tiroid. Jadi, pastikan Anda sudah benar dalam mengolah singkong tersebut sebelum dimakan agar mendapatkan segudang manfaatnya.

Manfaat Singkong Bagi Kesehatan

Kandungan singkong yang paling terkenal adalah karbohidrat. Namun ada bermacam nutrisi yang terkandung dalam singkong, yaitu:

  • Karbohidrat
  • Protein
  • Mineral (kalium, fosfor, kalsium, serta magnesium)
  • Vitamin A dan vitamin C
  • Serat
  • Air

Banyaknya nutrisi yang terkandung di dalam singkong, membuatnya memiliki banyak sekali manfaat baik bagi kesehatan tubuh. Apa saja?

  • Dapat Menambah Energi

Dalam 100 gram singkong terkandung 110-150 kalori. Oleh karena itu singkong terkenal mengandung kalori yang tinggi, bahkan lebih tinggi dibanding kentang dan ubi.

  • Mengandung Antioksidan yang Baik

Seperti yang disebutkan sebelumnya bahwa singkong mengandung vitamin A dan vitamin C. Kandungan ini dikenal sebagai antioksidan yang dapat melindungi tubuh dari bahaya radikal bebas, mengatasi kerutan di kulit, serta mencegah dari penyakit jantung.

Singkong juga mengantung beta-karoten yang fungsinya untuk meningkatkan daya tahan tubuh, mengurangi risiko terkena kanker, mencegah munculnya gejala asma, dan juga baik untuk kesehatan kulit dan mata.

  • Sumber Karbohidrat dan Serat

Singkong terkenal kaya akan karbohidrat kompleks dan juga serat. Serat dan karbohidrat berfungsi menjaga kesehatan saluran pencernaan, mengendalikan kadar gula darah, serta mengurangi peradangan. Sehingga singkong juga disebut dapat mengurangi risiko terkena diabetes tipe 2 dan obesitas karena manfaat dari kandungan nutrisi tersebut.

Cara Pengolahan Singkong yang Benar

Singkong termasuk salah satu makanan yang mudah diolah. Jadi tidak ada alasan lagi bagi Anda untuk mengkonsumsi singkong mentah.

Berikut cara aman dan tahapan dalam mengolah singkong.

  • Dikupas

Sebelum diolah, kulit singkong dikupas dulu. Sebab pada kulit singkong terkandung substansi yang menghasilkan sianida paling banyak.

  • Direndam

Cara untuk menurunkan substansi penyebab racun selanjutnya adalah dengan merendam singkong setidaknya 4-5 hari sebelum dimasak.

  • Dimasak

Masaklah singkong hingga benar-benar matang. Bisa dengan digoreng, direbus, atau dipanggang. Anda dapat menyesuaikan dengan selera.

  • Ditambahkan Protein

Singkong juga dapat dikonsumsi bersamaan dengan protein agar mengendalikan kadar sianida yang mungkin masih ada.

Singkong yang sudah diolah menjadi bentuk lain seperti tepung tapioka jauh lebih aman karena mengandung sedikit sekali sianida.

Bahaya Konsumsi Singkong Mentah

Di samping banyak manfaat singkong yang bisa didapat, ada juga bahaya jika singkong tidak diolah dengan benar. Singkong mentah mengandung cyanogenic glycosides yang dapat melepaskan sianida ke tubuh jika dikonsumsi mentah dan dalam jumlah yang banyak.

Sianida dapat mengganggu fungsi tiroid dan saraf yang berisiko mengalami kelumpuhan hingga terjadinya kerusakan organ.

Orang yang kurang cukup mendapat asupan protein akan lebih rentan terkena dampak negatif konsumsi singkong mentah ini. Hal ini karena protein turut membantu membuang sianida dari dalam tubuh.

Singkong juga menyerap substansi berbahaya arsenik dan kadmium dari tanah. Senyawa ini berisiko meningkatkan kanker pada mereka yang menjadikan singkong sebagai makanan pokok. Hingga sekarang, belum ditemukan manfaat apa-apa dari konsumsi singkong mentah. Jadi perhatikan lagi cara Anda mengolah singkong agar lebih aman dikonsumsi ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *