Menu Close

Jangan Sedih, Memilih Hidup Sendiri Punya Banyak Manfaat

Apabila Anda memutuskan mulai hidup sendiri, baik karena sekolah atau bekerja, maka wajar jika muncul rasa gugup. Ketakutan akan rasa sepi dan tidak bahagia mungkin menghantui sebagian besar orang yang memutuskan hidup sendiri. Jangan khawatir, sebab Anda tetap bisa merasa aman dan bahagia meskipun tanpa orang lain yang tinggal bersama dalam satu atap. Berikut ini manfaat hidup sendiri yang akan didapatkan: 

  1. Lebih mengenal diri sendiri

Hidup sendiri mendorong Anda untuk memperbaiki hubungan dengan diri sendiri. Sebelumnya, Anda mungkin menghabiskan sebagian besar waktu bersama keluarga, pasangan, atau teman-teman namun jarang memerhatikan diri sendiri. Pertimbangkan hal-hal apa saja yang disukai saat waktu luang dan sendiri, seperti mengonsumsi makanan favorit, film favorit, atau lagu yang merdu. 

Lakukan self talk mengenai segala hal yang pernah terjadi maupun tujuan-tujuan Anda di masa depan. Dengan demikian, perlahan Anda akan benar-benar tahu apa yang diinginkan. Cobalah juga untuk membuat jurnal harian mengenai kegiatan yang akan dilakukan dan setiap perasaan yang muncul. Jangan terburu-buru saat melalui proses ini. 

  1. Memperkuat hubungan dengan orang lain

Pertama-tama, identifikasi hubungan Anda dengan orang-orang sekitar. Pilah mana hubungan positif yang harus dipertahankan atau justru toksik. Selama ini Anda mungkin tidak menyadari hubungan negatif dan terlanjur berjalan lama. Beranikan diri untuk jujur dan mengakui bahwa hubungan tersebut tidak baik untuk hidup ke depannya. 

  1. Rasa sayang terhadap hewan peliharaan semakin besar

Saat kesepian datang, anjing atau kucing kesayangan menjadi mood booster yang cukup ampuh. Berdasarkan Journal of European Psychology Students menyatakan bahwa berinteraksi dan merawat hewan cocok untuk mengatasi kesepian. 

Saat hidup sendiri tidak ada orang lain yang terganggu dengan keberadaan hewan kesayangan Anda. Jika tidak menyukai anjing atau kucing, Anda mungkin bisa memelihara burung, ikan, reptil, atau mamalia kecil. 

  1. Semakin terhubung dengan lingkungan sosial 

Sebuah penelitian membuktikan bahwa hidup sendiri membuat seseorang lebih banyak menghabiskan waktu dengan teman-teman atau komunitas dibandingkan dengan mereka yang sudah menikah. Cari komunitas yang mendukung bakat dan minat Anda. Usahakan untuk selalu terhubung dan temukan perasaan bahagia di dalamnya. 

  1. Hidup lebih terstruktur

Tidak ada orang lain yang mengatur apa saja yang harus Anda lakukan. Ibaratnya, hidup Anda saat ini ada di tangan Anda sendiri. Susun jadwal secara teratur agar mampu meningkatkan tujuan dan motivasi. Rutinitas seperti ini membantu meredakan stres dan kesepian. Menyibukkan diri dapat mengalihkan perasaan yang tidak diinginkan. Akan tetapi, hindari pula jadwal yang terlalu padat sehingga membuat Anda burnout dan stres. 

  1. Atur tempat tinggal Anda

Pengaturan interior sesuai keinginan membuat Anda lebih nyaman dan bertanggungjawab terhadap hunian yang dimiliki. Menempati ruangan atau rumah pertama kali menjadikan Anda tak nyaman dan bingung. Oleh karena itu, atur sesuai kenyamanan Anda atau mungkin sama seperti tata letak rumah yang Anda rindukan. 

  1. Semakin memerhatikan kesehatan

Hidup sendiri membuat Anda merenung tentang kesehatan, baik fisik atau mental. Berikut ini beberapa manfaat hidup sendiri terhadap kesehatan:

  • Meningkatkan kreativitas dan imajinasi
  • Menemukan waktu untuk kembali mengisi energi
  • Lebih fokus terhadap minta dan bakat
  • Peka terhadap tanda dan gejala sakit 

Saat ini berbagai media telah menyediakan keterhubungan dengan semua orang di banyak tempat secara mudah. Jika suatu saat dalam hidup sendiri Anda merasa kesepian, gunakan berbagai media yang telah ada tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *