Menu Close

Kenali, 4 Penyebab Mulut Kering yang Sering Dilakukan!

Mulut kering adalah suatu kondisi kering di bagian mulut akibat produksi air liur atau saliva terlalu sedikit. Biasanya, sekresi air liur yang sedikit terjadi karena adanya gangguan pada kelenjar saliva. Terdengar sepele memang, namun mulut kering yang dibiarkan begitu saja, dapat mengakibatkan beberapa masalah yang mungkin membuat Anda kesulitan.  Penyebab mulut terasa kering seringkali diabaikan dan tanpa sadar dilakukan oleh banyak orang. Apa sajakah itu?

Penyebab mulut kering yang sering dilakukan.

Mulut kering disebut juga dengan xerostomia atau hiposaliva. Kondisi ini memang bukan suatu penyakit yang berdiri sendiri, tetapi bisa menjadi gejala dari kondisi lain. Seringkali, penyebab mulut kering adalah hal yang tanpa disadari sering kita lakukan, yaitu :

  • Jarang minum air putih.

Mulut kering adalah salah satu tanda bahwa tubuh mengalami dehidrasi. Umumnya, jika dehidrasi Anda sudah mencapai tahap mulut dan tenggorokan menjadi kering, maka diperkirakan persentase kehilangan cairan tubuh minimal 3-4%. Oleh sebab itu, penting memenuhi asupan cairan minimal 8 gelas air putih setiap hari, agar terhindar dari kondisi mulut kering.

  • Kebiasaan merokok.

Merokok dapat memengaruhi seberapa banyak produksi air liur oleh kelenjar saliva. Hal ini karena asap panas yang dihasilkan dari hisapan rokok dapat memengaruhi aliran pembuluh darah pada gusi. Perubahan aliran darah ini akan menurunkan air ludah di rongga mulut, sehingga mulut menjadi kering. Jadi, untuk Anda yang memiliki kebiasaan merokok, mulailah secara perlahan menguranginya, agar tidak mengalami mulut kering ini.

  • Bernafas dengan mulut.

Seringkali, mulut kering terjadi saat seserang bernafas lewat mulut. Hal itu dilakukan saat kondisi tubuh sedang tidak sehat, seperti hidung tersumbat, mendengkur, atau penyakit tertentu, seperti sindroma hiperventilasi. Untuk mengatasinya, Anda bisa segera minum air putih untuk membantu menghilangkan kekeringan yang terjadi di mulut.

  • Berolahraga di tempat yang panas.

Tidak jarang, orang-orang melakukan olahraga di tempat-tempat yang panas atau terpapar sinar matahari. Hal ini dapat membuat kelenjar saliva menjadi kering, karena cairan tubuh terkonsentrasi ke bagian tubuh yang lain. Akibatnya, mulut menjadi kering. Gejala ini bisa saja terjadi jika latihan berlanjut untuk waktu yang lama.

Penyebab lainnya Anda mengalami mulut kering.

Selain 4 hal di atas, ada beberapa faktor lainnya yang dapat menyebabkan kondisi mulut kering, yaitu:

  1. Konsumsi obat-obatan tertentu, seperti antihistamin, dekongestan, obat hipertensi, antidiare, relaksan otot, obat kontinen urin, serta sejumlah antidepresan. Obat-obatan ini dapat menimbulkan kekeringan di rongga mulut.
  2. Usia, orang dewasa yang lebih tua (lansia) cenderung lebih banyak mengonsumsi obat-obatan, sehingga menyebabkan mulut jadi terasa kering.
  3. Terapi pengobatan kanker, seperti radioterapi di bagian kepala dan leher dapat merusak kelenjar saliva, sehingga menurunkan produksi air liur di rongga mulut. Selain itu, kemoterapi dapat mengubah sifat dan jumlah air liur yang dihasilkan tubuh.
  4. Cedera atau operasi dapat menyebabkan kerusakan saraf di area kepala dan leher, sehingga menyebabkan mulut kering.
  5. Kondisi kesehatan, penyakit, atau kebiasaan dapat menyebabkan mulut kering, seperti gangguan kecemasan, depresi, HIV/AIDS, penyakit Parkinson, stroke dan penyakit Alzheimer.

Itulah beberapa penyebab yang sering menimbulkan gejala mulut kering. Baik itu yang sering dilakukan ataupun tidak, sebaiknya Anda mengatasi mulut kering sedini mungkin. Jangan sampai menunggu hingga dampak buruk terjadi pada kesehatan Anda. Bila perlu, konsultasikan ke dokter jika kondisi mulut kering disebabkan oleh obat-obat tertentu atau disertai gejala penyakit lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *