Menu Close

Kenali Berbagai Manfaat Vitamin U Bagi Tubuh

Nutrisi tambahan berupa vitamin dibutuhkan oleh tubuh untuk menunjang kinerja tubuh. Berbagai jenis vitamin tersebut di antaranya yaitu vitamin A, B, C, D, E, dan K. Selain berbagai vitamin tersebut, terdapat turunan asam amino methionine yang disebut sebagai vitamin U. Meski memiliki nama vitamin U, namuan turunan dari asam amino methionine ini bukanlan golongan vitamin seperti vitamin lainnya. Dengan begitu, vitamin U tidak wajib diberikan pada tubuh seperti jenis vitaimin lainnya. Meski demikian, vitamin U sendiri juga bisa memberikan berbagai manfaat jika dikonsumsi. Berikut ini akan dijelaskan mengenai seluk beluk vitamin U dengan lengkap dan rinci. 

Apa itu vitamin U?

Vitamin U merupakan senyawa turunan asam amino methionine yang dapat berbentuk sebagai berbagai jenis zat. Beberapa zat yang tergolong sebagai vitamin U yaitu methylmethionine sulfonium, S-methylmethionine, dan 3-amino-3-carboxypropyl dimethylsulfonium. Vitamin U umumnya ditemukan dalam kubis. Zat ini berpotensi memberikan banyak manfaat bagi tubuh, yang penelitiannya terus dilakukan sehingga kemungkinan manfaat dari vitamin U masih terus berkembang. 

Manfaat vitamin U 

Vitamin U ternyata memiliki berbagai potensi manfaat bagi tubuh Anda. Beberapa penelitian telah dilakukan terkait manfaat vitamin U. Apa saja manfaat vitamin U tersebut? Berikut penjelasannya. 

  1. Meredakan maag

Vitamin U dapat membantu meredakan maag akibat adanya tukak lambung. Manfaat vitamin U yang satu ini cukup populer di masyarakat. Meski demikian, penelitian lebih lanjut mengenai manfaat vitamin U untuk meredakan maag dan mengatasi tukak lambung masih perlu dilakukan untuk memastikan keefektivannya. 

  1. Melindungi kulit 

Manfaat lain dari vitamin U yaitu dapat melindungi kulit dari bahaya sinar ultraviolet. Selain itu, vitamin U juga berpotensi untuk membantu mempercepat penyembuhan luka kulit. 

  1. Melindungi organ tubuh

Vitamin U diklaim dapat membantu melindungi organ tubuh seperti ginjal, hati, dan paru-paru. Vitamin U akan turut menurunkan risiko terjadinya kerusakan hati, mengurangi kerusakan paru-paru akibat kejang epilepsi, serta kerusakan ginjal. Akan tetapi, penelitian lebih lanjut masih diperlukan sebab percobaan vitamin U terkait organ tubuh baru dilakukan pada hewan. 

  1. Menurunkan trigliserida dan kolesterol

Vitamin U ternyata juga dapat membantu menurunkan kadar kolesterol. Selain itu, vitamin U dapat mengurangi kadar trigliserida dan mencegah pembentukan lemak. 

Cara memenuhi kebutuhan vitamin U 

Bagaimana cara memenuhi kebutuhan vitamin U? Berikut ini merupakan beberapa sumber vitamin U yang dapat Anda serap. 

  1. Melalui sayuran 

Sumber vitamin U yang paling mudah didapatkan yaitu melalui makanan. Jenis makanan dengan kandungan vitamin U adalah sayuran cruciferous seperti kubis, brokoli, kale, dan kubis Brussel. Sayuran ini dapat diolah menjadi berbagai masakan lezat atau dibuat minuman jus. 

  1. Melalui suplemen

Selain melalui sayuran cruciferous, Anda juga bisa mendapatkan vitamin U dalam bentuk suplemen. Meski suplemen vitamin U bisa dengan mudah didapatkan di pasaran, sebaiknya Anda tetap berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum menggunakannya.

  1. Melalui kosmetik

Beberapa jenis kosmetik juga mengandung vitamin U di dalamnya. Berbagai perusahaan kosmetik menambahkan kandungan vitamin U dalam produk mereka sebab baik bagi kulit. Campuran vitamin U sendiri dapat ditemukan dalam prosuk seperti serum wajah, krim, serta masker wajah. Sebelum menggunakan produk kosmetik dengan bahan campuran vitamin U, sebaiknya Anda memastikan bahwa kulit Anda tidak memiliki alergi dengan jenis kosmetik tersebut serta berbagai kandungan bahan di dalamnya. 

Pemberian vitamin U bagi tubuh mungkin menimbulkan efek samping jika dikonsumsi secara berlebihan. Anda cukup mengonsumsinya dengan takaran yang wajar. Konsultasikan terlebih dulu dengan dokter terutama jika Anda akan mengonsumsi suplemen vitamin U atau menggunakan produk kecantikan tertentu dengan kandungan vitamin U. Dengan begitu, maka penggunaan akan lebih aman sebab telah mendapat rekomendasi dokter. Apabila Anda memiliki pertanyaan lain seputar vitamin U dan kesehatan dapat ditanyakan secara langsung dengan dokter secara online melalui aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang juga di App Store atau Play Store.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *