Menu Close

Ketahui Fungsi dan Organ Saluran Pencernaan, Proteksi dengan Interlac Sachet

interlac sachet

Menjaga kesehatan tubuh merupakan hal yang penting, tidak terkecuali saluran pencernaan. Saluran pencernaan adalah rangkaian jaringan organ tubuh yang bekerja untuk mencerna makanan. Terdapat beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menjaga organ-organ yang terlibat pada sistem pencernaan, salah satunya adalah mengonsumsi Interlac Sachet.

Saat terjadi proses pencernaan, makanan akan diubah dari bentuk besar atau kasar menjadi bentuk yang lebih kecil dan halus. Proses tersebut terjadi di dalam mulut dan kemudian diteruskan ke organ lain seperti lambung, usus, rektum, dan anus.

Fungsi Sistem Pencernaan

Fungsi utama dari sistem pencernaan adalah mengubah makanan menjadi nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Nutrisi dibutuhkan untuk proses perkembangan, perbaikan sel tubuh, dan juga sumber energi sehari-hari. 

Saat proses itu selesai, organ pencernaan akan dengan mudah mengemas limbah padat makanan untuk selanjutnya dibuang sebagai feses.

Organ yang Terlibat dalam Proses Pencernaan

Pada sistem pencernaan, terdapat beberapa organ tubuh dan kelenjar yang terlibat. Organ pencernaan meliputi:

  • Mulut

Awal proses pencernaan terjadi pada mulut, dimana makanan akan dikunyah menggunakan gigi agar lebih mudah dicerna.

  • Kerongkongan

Setelah makanan dihancurkan, makan akan masuk ke kerongkongan saat proses menelan. Terdapat epiglotis atau lipatan kecil di tenggorokan untuk mencegah tersedak saat makanan masuk ke tenggorokan.

  • Lambung 

Lambung disebut juga dengan wadah yang berfungsi untuk menyimpan makanan saat sedang bercampur dengan enzim pencernaan. Enzim berfungsi untuk memecah makanan menjadi bentuk yang bisa digunakan.

Ketika makanan sudah diproses di dalam lambung, sisanya akan dilepaskan ke usus kecil.

  • Usus halus

Usus halus memiliki fungsi untuk memecah makanan menggunakan enzim yang telah dilepaskan pankreas dan empedu dari hati. Usus halus terdiri dari usus kosong, usus penyerapan, dan usus dua belas jari. Ketiga bagian tersebut akan bekerja sama untuk menyelesaikan pencernaan makanan menjadi bagian-bagian kecil yang diserap pembuluh darah usus.

  • Pankreas

Pankreas menghasilkan enzim pencernaan ke dalam usus dua belas jari yang kemudian memecah lemak, protein, dan karbohidrat. Selain itu, insulin akan diproduksi pada pankreas sebelum diteruskan langsung ke aliran darah. Insulin merupakan hormon utama di dalam tubuh untuk proses metabolisme gula.

  • Hati

Dalam sistem pencernaan, hati berfungsi untuk memproses nutrisi yang diserap dari usus kecil. Selanjutnya, empedu dari hati yang dikeluarkan ke usus halus akan berperan dalam proses mencerna lemak dan beberapa vitamin.

Hati juga dapat mendetoksifikasi bahan kimia yang berbahaya atau beracun.

  • Kantung empedu

Kantung empedu berfungsi untuk menyimpan empedu dari hati sebelum dilepaskan ke dalam usus dua belas jari di usus kecil untuk membantu proses penyerapan dan mencerna lemak.

  • Usus besar

Usus besar merupakan tabungan berotot yang menghubungkan usus kecil ke rektum dan bertanggung jawab untuk memproses limbah sisa dari proses pencernaan. Limbah atau kotoran akan dilewatkan melalui usus besar dengan cara peristaltik.

Kemudian kotoran akan disimpan dalam usus sigmoid hingga terdapat dorongan untuk mengosongkannya. Gerak peristaltik akan mendorong kotoran ke dalam rektum sekali atau dua kali sehari hingga dikeluarkan melalui anus.

  • Rektum

Rektum merupakan ruang lurus yang menghubungkan usus besar ke anus. Rektum memiliki tugas untuk menerima kotoran dari usus besar dan mengirim sinyal bahwa ada kotoran yang harus dibuang keluar.

  • Anus

Anus adalah bagian terakhir dari sistem pencernaan, dimana bentuknya seperti saluran yang terdiri dari otot-otot dasar panggul dan dua sfingter anal.

Cara Menjaga Sistem Pencernaan Tetap Sehat

Sistem pencernaan harus dijaga agar tetap sehat dan berfungsi dengan baik. Jika terjadi gangguan pada sistem pencernaan, makan akan mempengaruhi status gizi seseorang. Banyak penyakit yang dapat terjadi karena permasalah pada sistem pencernaan, diantaranya asam lambung, diare sembelit, dan ambien.

Beberapa cara untuk menjaga fungsi saluran pencernaan, diantaranya adalah:

  • Banyak minum air putih
  • Banyak mengonsumsi makanan tinggi serat
  • Menghindari stres
  • Rajin olahraga
  • Makan dengan cara yang baik

Selain itu, Anda juga dapat mengonsumsi Interlac Sachet yang mengandung Lactobacillus reuteri Protectis. Produk probiotik ini bermanfaat dalam menjaga fungsi saluran pencernaan dengan menyeimbangkan jumlah mikroflora usus, sehingga risiko infeksi dan radang di saluran cerna di dalam usus dapat dicegah.

Interlac Sachet juga dapat meningkatkan proses penyerapan nutrisi penting pada makanan dan minuman yang dikonsumsi.

Anda dapat mengonsumsinya sebanyak 1-2 sachet per hari dengan cara melarutkan dengan air. Simpan Interlac Sachet pada tempat yang sejuk dan kering, serta jangan digunakan lebih dari aturan pakai yang dianjurkan.

Referensi:

https://toko.sehatq.com/produk/interlac-sachet-1-g diakses 27 Juni 2021

https://health.kompas.com/read/2020/06/06/080200668/sistem-pencernaan–fungsi-organ-dan-cara-menjaga-agar-tetap-sehat?page=all diakses 27 Juni 2021

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *