Menu Close

Cara Mengobati dan Merawat Kulit Bayi Kering

Cara Mengobati dan Merawat Kulit Bayi Kering

Kulit bayi memang masih rentan terhadap pengaruh lingkungan. Tak hanya itu, kulit bayi juga sangat lembut dan tipis. Salah satu masalah yang dialami oleh bayi adalah kulit kering bayi. Kulit kering bayi dapat diakibatkan karena perubahan kelembapan lingkungan, terutama ketika musim dingin. Tak hanya itu, kondisi kelainan genetik seperti ichtyosis juga dapat menyebabkan kulit bayi kering dan tampak kemerahan.

Cara Mengobati dan Merawat Kulit Bayi Kering

Berikut ini adalah beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mengobati dan merawat kulit bayi kering.

Perawatan rumahan yang dapat mengobati dan merawat kulit bayi kering meliputi:

1. Mandi

Ketika musim dingin yang identik dengan udara yang lebih kering dan dingin, akan membuat kulit bayi kering dan menimbulkan ruam, di mana anak akan kehilangan minyak alami yang dapat menyebabkan kulit jadi mengelupas. Untuk menyiasati hal tersebut, pastikan untuk menggunakan sabun khusus bayi yang memiliki formula lembut untuk kulit bayi. Jangan lupa untuk menggunakan air hangat untuk memandikan bayi.

Anda juga bisa memandikan bayi 3 hingga 4 kali dalam seminggu untuk menjaga kesehatan kulit bayi. Saat memandikan bayi, Anda dapat menambahkan satu sendok minyak alami seperti minyak kelapa atau minyak bunga matahari ke dalam air hangat.

2. Humidifier

Suhu ruangan dapat memengaruhi kondisi kulit bayi. Jika suhu ruangan sangat kering, maka minyak alami yang terdapat pada kulit bayi dapat terkelupas atau hilang. Oleh karena itu, untuk menjaga kelembapan ruangan tetap sempurna, Anda bisa menggunakan humidifier. Alat humidifier dapat menyeimbangkan tingkat kelembapan udara serta memperbaiki kekeringan di udara.

3. Gunakan Baby Oil

Anda tetap membuat kulit bayi menjadi ternutrisi dan sehat dengan memijat menggunakan baby oil. Oleskan minyak zaitun atau minyak bayi lalu pijat dengan lembut. Pemijatan menggunakan baby oil dapat mencegah kulit bayi kering dan timbulnya ruam di musim dingin. Anda juga dapat menggunakan petroleum jelly untuk mencegah kulit kering.

4. Jaga Kehangatan Tubuh Bayi

Tubuh bayi masih lembut dan belum diberi perlengkapan yang baik untuk mengatur suhu tubuhnya sendiri, terutama ketika udara sedang dingin. Oleh karena itu, pastikan menggunakan pakaian yang hangat pada bayi, kalau perlu dengan kain berlapis-lapis agar tetap hangat. 

5. Waspada Ruam Popok

Penggunaan popok dapat menimbulkan kulit jadi lembap yang mengakibatkan kulit jadi gatal dan ruam pada bayi. Hal ini sering terjadi terutama selama musim dingin ketika anak sering diberi pakaian berlapis agar tetap hangat. Jika bayi mengalami ruam, jangan gunakan bedak tabur karena dapat menyebabkan kulit menjadi makin kering. Untuk mengobati ruam popok, coba gunakan krim popok atau petroleum jelly untuk melembapkan kulit. 

6. Cegah Ketombe pada Kepala Bayi

Musim dingin dapat menimbulkan kepala bayi terdapat ketombe. Hal ini umum terjadi dan disebabkan karena kelenjar minyak di kulit kepala. Anda bisa mengatasinya dengan mengoleskan baby oil pada kulit kepala bayi Anda.

7. Jaga Hidrasi Bayi Anda

Pastikan bayi Anda tetap terhidrasi dengan baik jika anak Anda berusia 12 bulan, apalagi ketika sedang musim dingin. Berikan anak Anda air putih minimal 6 gelas air. Musim dingin yang ekstrem dapat membuat anak dehidrasi yang mengakibatkan kulit jadi kering.

Mengobati kulit bayi kering merupakan hal yang penting, tetapi mencegah kulit bayi menjadi kering juga tak kalah penting. Berikut beberapa tips sederhana yang akan membantu melindungi anak Anda dari kulit kering. 

  • Hindari terlalu sering memandikan bayi
  • Hindari memandikan bayi menggunakan air panas
  • Gunakan sabun mandi yang tepat, dan memiliki formula yang lembut dan khusus digunakan untuk bayi. Anda juga dapat berkonsultasi dengan dokter Anda sebelum Anda menggunakannya untuk bayi Anda.
  • Biarkan bayi Anda bermain di air yang tidak bersabun. Hal ini karena air sabun dapat menyebabkan kulit kering serta gatal. 
  • Setelah mandi, tepuk-tepuk handuk pada kulit bayi Anda untuk menjaga kelembapan kulitnya.

Menghindari kulit bayi kering dan gatal selama musim dingin mungkin merupakan hal yang sulit untuk ditangani. Namun, Anda bisa meringankan beban Anda tersebut dengan berkonsultasi ke dokter sebelum membeli produk perawatan kulit bayi apapun untuk anak. Hal ini agar kulit bayi kering bisa segera mendapatkan penanganan yang cepat dan tepat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *