Menu Close

Sering Terpapar Cahaya Matahari? Kenali Penyebab Kulit Kusam

Sering Terpapar Cahaya Matahari? Kenali Penyebab Kulit Kusam

Ketika memikirkan kulit yang bagus, Anda mungkin tidak membayangkan kulit yang terlihat kusam, lelah, atau rata. Faktanya, itu kebalikan dari apa yang Anda inginkan. Kulit kusam mengacu pada kurangnya cahaya atau warna kulit yang lelah dan tidak merata. Kulit kusam bisa disebabkan oleh berbagai faktor seperti berikut.

1. Sel kulit mati

Kulit terus-menerus melepaskan sel-sel kulit mati, yang secara alami menumpuk dari waktu ke waktu di lapisan atas kulit atau dikenal sebagai epidermis. Pengelupasan sel-sel kulit mati ini membuka jalan bagi kulit baru yang sehat dari lapisan tengah, dermis, tetapi mereka juga dapat menghalangi kulit yang cerah dan bercahaya dan menyebabkan pengelupasan, kekeringan, kusam, dan pori-pori tersumbat. Kondisi inilah yang akan membuat Anda memiliki kulit kusam.

2. Dehidrasi

Minum banyak air akan membantu meningkatkan hidrasi dari bawah permukaan kulit Anda. Selain itu, mengoleskan serum wajah yang menghidrasi dapat membantu mengikat kelembapan di lapisan atas kulit.

Pastikan Anda selalu menjaga tubuh terhidrasi dengan baik setiap hari memastikan volume aliran darah yang cukup ke kulit. Tanpa kelembapan, kulit Anda terlihat kusam dan kering. Gagal menjaga tingkat hidrasi tubuh Anda tidak hanya menyebabkan kulit kusam, tetapi juga dapat memiliki efek jangka panjang yang tidak diinginkan seperti garis-garis halus, kulit kendur, dan kerutan.

3. Kurangnya pelembab

Melewatkan pelembab, terutama jika kulit Anda cenderung kering, dapat memengaruhi kesehatan dan vitalitas kulit. Menggunakan pelembab dua kali sehari dapat membantu menghidrasi kulit dan melindungi lapisan agar lebih halus.

4. Kulit kering 

Kulit kering dapat dengan cepat terlihat kusam dan tidak bernyawa. Terutama selama memasuki bulan musim dingin atau hujan. Ketika udara dingin, maka kulit umumnya akan terasa lebih kering, atau jika Anda tinggal di iklim yang memiliki kelembapan sangat rendah.

5. Merokok

Merokok merupakan faktor lingkungan yang penting dalam penuaan kulit dini. Merokok dapat merusak produksi kolagen dan menurunkan serat elastis dan jaringan ikat di kulit. Ini juga dapat meningkatkan stres oksidatif pada sel-sel kulit. Semua ini dapat mempercepat proses penuaan dan berkontribusi pada kulit kusam.

6. Menurunnya elastisitas kulit 

Penuaan adalah bagian yang tak terhindarkan dari kehidupan. Begitu juga dengan kulit yang menua. Meskipun Anda tidak dapat mengontrol proses penuaan, setidaknya, Anda dapat menerapkan rutinitas perawatan kulit yang membantu memberikan nutrisi dan hidrasi yang dibutuhkan kulit agar tetap sehat dan cerah.

7. Faktor lingkungan

Kotoran, cuaca kering, angin kencang, dan paparan sinar matahari dapat memiliki efek negatif pada kulit, terutama jika tidak terlindungi. Faktor lingkungan seperti ini dapat menghilangkan kelembapan alami kulit, membuatnya terlihat kusam, kasar, dan bersisik.

Faktor lain yang harus diwaspadai adalah polusi, yang bisa berupa debu perkotaan, asap rokok, dan lainnya. Polusi dapat menyebabkan kerusakan kulit karena radikal bebas dapat menyebabkan kulit menua sebelum waktunya atau mengembangkan kondisi kulit seperti dermatitis atopik, psoriasis, dan jerawat.

8. Diet yang buruk

Kulit adalah salah satu organ, sehingga apa yang Anda makan berkaitan erat dengan kesehatan dan penampilannya. Ketika Anda tidak makan cukup buah dan sayuran, tubuh tidak mendapatkan antioksidan yang dibutuhkan untuk melawan kerusakan akibat stres lingkungan dan ancaman lain pada kulit. Asupan gula yang tinggi khususnya dapat menyebabkan peradangan dan memperburuk kondisi kulit. Ketika Anda makan banyak gula dan pati olahan dan olahan, itu dapat meningkatkan kerusakan kolagen, mengakibatkan kulit kusam dan mempercepat tanda-tanda penuaan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *