Menu Close

Lakukan Ini untuk Jaga Kandungan Kuat dan Sehat

Masa kehamilan bukanlah masa yang mudah untuk dilalui. Selama sembilan bulan mengandung, ibu hamil harus memastikan kondisi kandungan kuat dan sehat. Ada banyak kegiatan yang harus dihindari dan konsumsi makanan yang juga dibatasi.

Langkah-langkah untuk menjaga kandungan tetap kuat

Kekuatan dan kesehatan kandungan dapat dijaga dengan mengubah pola hidup Anda secara keseluruhan. Perubahan pola hidup tersebut dimulai dari kebiasaan waktu tidur, kebiasaan berolahraga, hingga makanan yang dikonsumsi.

Berikut ini merupakan beberapa langkah yang bisa Anda ikuti untuk menjaga kandungan kuat dan sehat.

  • Pola makan sehat

Cara termudah untuk memastikan kandungan tetap kuat adalah dengan menjaga pola makan yang sehat. Usahakan untuk mengonsumsi makanan yang sehat dengan gizi seimbang setiap harinya. Pola makan yang seperti ini akan mengurangi resiko anemia serta gejala yang mungkin terasa mengganggu seperti morning sickness.

Di tengah masa kehamilan, sebaiknya Anda banyak mengonsumsi makanan yang mengandung protein, vitamin C, kalsium, zat besi, asam folat, lemak yang cukup, dan kolin. Pilihlah jenis makanan yang beragam dengan kandungan nutrisi yang beragam pula.

  • Menjaga hidrasi tubuh

Saat hamil, Anda harus memastikan tubuh tidak mengalami dehidrasi. Tubuh Anda membutuhkan banyak kandungan air untuk mempertahankan tekanan darah tetap sehat di tengah masa kehamilan.

Setiap hairnya, cobalah untuk meminum minimal delapan gelas cairan, bisa berupa air mineral, jus buah, susu, ataupun teh tanpa kafein. Hindari mengonsumsi minuman yang mengandung kafein dan beralkohol.

  • Olahraga teratur

Cara lainnya untuk menjaga kandungan tetap sehat adalah dengan berolahraga secara teratur. Pilihlah aktivitas olahraga yang moderat atau tidak berlebihan. Idealnya, aktivitas olahraga dilakukan selama 150 menit setiap minggunya.

Tidak hanya menjaga kandungan kuat, olahraga teratur juga bisa meningkatkan level energi, memperkuat daya tahan otot, mengurangi sakit punggung, meningkatkan sirkulasi darah, mengurangi stres, dan meningkatkan kualitas tidur.

  • Menjaga kebersihan

Penting bagi Anda untuk menjaga kebersihan diri dan sekitar. Hal ini berguna untuk menurunkan resiko janin terpapar bakteri dan kotoran.

Cara utama untuk menjaga kebersihan adalah dengan rajin mencuci tangan menggunakan sabun yang mengandung alkohol. Anda juga harus memastikan alat makan yang digunakan higienis agar makanan tidak terkontaminasi dengan kotoran yang menempel.

  • Konsumsi vitamin dan suplemen

Selama tiga bulan pertama, Anda akan dianjurkan untuk mengonsumsi suplemen yang mengandung asam folat. Selain itu, Anda juga perlu menjaga asupan vitamin D sepanjang masa kehamilan.

Suplemen yang diberikan pada ibu hamil termasuk sebagai vitamin prenatal. Vitamin ini bisa membantu menurunkan resiko berbagai kondisi, salah satunya kondisi kelainan kromosom yang menyebabkan cacat lahir pada bayi.

  • Berhenti merokok

Bagi Anda yang memiliki kebiasaan merokok, hindari aktivitas ini selama hamil. Merokok saat hamil bisa membawa dampak fatal bagi kesehatan Anda dan juga bayi. Beberapa kemungkinan buruk akibat merokok saat hamil meliputi kelahiran prematur, berat badan janin rendah, meninggal setelah kelahiran, serta sindrom kematian bayi mendadak.

Tidak ada kata terlambat untuk berhenti merokok demi kandungan kuat. Berhenti beberapa bulan setelah hamil masih bisa memberi Anda kesempatan untuk menjaga kehamilan tetap sehat.

Dengan melakukan berbagai upaya di atas, Anda bisa menjaga kandungan kuat dan sehat. Apabila Anda terkena penyakit di tengah masa kehamilan, segera lakukan pemeriksaan ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *