Menu Close

Lakukan Sekali Seminggu, Berikut Cara Menimbang Berat Badan yang Efektif

cara menimbang berat badan

Tahukah Anda ternyata menimbang  berat badan setiap hari sebenarnya tidak terlalu baik dilakukan? Sebab, kebiasaan ini justru bisa menurunkan bobot tubuh Anda. Berikut akan dibahas mengenai aturan dan bagaimana cara menimbang berat badan yang benar.

Berdasarkan penelitian yang pernah dilakukan, menimbang berat badan setiap hari justru rata-rata mengalami penurunan bobot badan hingga 1,7 persen, lho. Mungkin bagi Anda yang sedang menjalani program diet akan terbantu untuk mengontrol berat badan Anda sehingga tiap hari menjadi termotivasi. Namun, bila angka pada timbangan Anda tidak mengalami perubahan, justru dapat membuat Anda terobsesi dan dapat memicu stres hingga kecemasan. Lantas, bagaimanakah cara menimbang berat badan yang benar?

Cara Menimbang Berat Badan yang Tepat

Ada beberapa cara yang bisa Anda coba untuk menimbang berat badan dengan benar agar terhindar dari stres dan rasa cemas jika angka di timbangan Anda tidak menunjukkan adanya perubahan. Berikut tips dan caranya.

  • Cukup Timbang Berat Badan Satu Kali Seminggu

Menimbang berat badan setiap hari bisa saja hasilnya tidak akurat. Hal ini bisa disebabkan karena adanya perubahan drastis akibat terjadinya fluktuasi cairan tubuh. Sehingga akan lebih baik jika menimbang berat badan hanya satu kali seminggu saja untuk mendapatkan angka yang lebih akurat.

  • Menggunakan Timbangan yang Akurat

Penting juga untuk menggunakan timbangan yang angkanya akurat. Disarankan menggunakan timbangan digital dibanding timbangan pegas karena hasilnya lebih akurat.

  • Timbanglah Berat Badan di Pagi Hari

Jika ingin mendapatkan hasil yang akurat, timbanglah berat badan Anda di pagi hari. Karena di waktu ini, tubuh belum mendapatkan makanan atau minuman apapun. Asupan makanan yang dikonsumsi sebelum tidur pun sudah dicerna dan diproses di dalam tubuh. Sehingga angka yang didapat ketika menimbang berat badan di pagi hari akan lebih akurat.

  • Menggunakan Cara yang Sama dalam Menimbang

Timbanglah berat badan Anda dengan cara yang sama agar angkanya akurat. Misalnya, ketika Anda menimbang berat badan di pagi hari, maka lakukan cara tersebut deterusnya. Atau misalnya Anda menimbang tanpa pakaian, maka lakukan dengan cara yang sama pada jadwal menimbang berikutnya. Dengan begitu, perubahan angka berat badan Anda pun akan lebih akurat hasilnya.

  • Catatlah Perkembangan Berat Badan Anda

Penting juga untuk memantau dan mencatat perkembangan berat badan Anda agar memotivasi Anda untuk mencapai tujuan. Agar lebih mudah, mungkin Anda bisa menggunakan timbangan pintar yang sudah terhubung dengan aplikasi di smartphone Anda.

Anda juga bisa membuat catatan makanan atau menu diet yang dikonsumsi agar penurunan berat badan Anda lebih optimal.

  • Jangan hanya Fokus pada Angka Timbangan

Salah satu cara menimbang berat badan yang benar lainnya adalah jangan sampai Anda terlalu berfokus pada angka di timbangan Anda. Sebab, Anda akan mudah menjadi stres dan merasa cemas jika terlalu berfokus pada berat badan Anda. Usahakan agar Anda berfokus pada hal-hal yang membuat Anda merasa bahagia dan tetap sehat.

  • Hindari Menimbang Berat Badan Setelah Olahraga

Jika Anda selesai berolahraga dengan mengeluarkan banyak keringat, mungkin saja berat badan Anda menjadi lebih rendah. Akan tetapi, angka tersebut bukanlah penurunan berat badan yang sebenarnya. Oleh karena itulah, sebaiknya tidak menimbang berta badan setelah latihan. Hindari juga menimbang berat badan setelah makan apalagi dalam porsi besar.

Itulah beberapa tips dan cara menimbang berat badan yang benar. Mulai sekarang, Anda bisa menerapkan cara ini untuk menghindari stres atau rasa kecemasan karena angka di timbangan tidak sesuai rencana.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *