Menu Close

Makanan Penyebab Diabetes yang Sebaiknya Dihindari

Tren makanan atau minuman siap saji terus berkembang dan tidak pernah sepi akan peminat. Tidak menutup kemungkinan, banyak sajian di dalamnya ternyata merupakan makanan penyebab diabetes. Cara terbaik untuk mencegah timbulnya diabetes, yaitu dengan mengurangi konsumsi makanan diabetes itu sendiri dan mengubah pola hidup menjadi lebih sehat.

makanan

Berdasarkan data yang dihimpun oleh World Health Organization, penyakit diabetes menjadi penyebab utama dari kebutaan, stroke, gagal ginjal, bahkan serangan jantung. Pada 2016, terhitung setidaknya 1,6 juta jiwa di seluruh dunia meninggal dunia akibat diabetes. Oleh karena itu, penyakit diabetes ini tidak boleh disepelekan begitu saja. 

Memulai pola hidup sehat dapat dengan mengurangi konsumsi makanan penyebab diabetes. Apa saja di antaranya? Simak informasi selengkapnya berikut ini.

  • Minuman dengan pemanis buatan

Termasuk salah satu minuman yang paling mudah ditemui di pasaran, soda merupakan salah satu sumber penyebab diabetes. Dalam buku Diabetes Weight Loss: Week by Week, disebutkan bahwa soda atau teh manis berisiko tinggi menjadi penyebab diabetes tipe 2.

Secara garis besar, minuman dengan pemanis buatan memiliki kandungan kalori dan gula yang cukup tinggi. Bahkan, keduanya mudah menyebabkan kenaikan berat badan secara signifikan dan memicu resistensi insulin.

Dalam sebuah penelitian, disebutkan bahwa mengonsumsi minuman dengan pemanis buatan sebanyak 1-2 gelas per hari dapat meningkatkan risiko diabetes tipe 2 sebesar 26%. Begitu juga dengan sajian kopi dengan gula. 

  • Daging merah olahan

Selain minuman dengan pemanis atau gula tambahan, daging merah olahan yang sering kali dijadian bahan untuk membuat hot dog atau bacon, juga diketahui merupakan makanan penyebab diabetes. Alasannya, karena daging merah olahan memiliki kadar natrium (sodium) dan nitrit yang cukup tinggi.

Dalam hasil studi yang diterbitkan dalam The American Journal of Clinical Nutrition, para ahli menjelaskan bahwa mengonsumsi daging merah olahan sebanyak 85 gram per hari dapat meningkatkan risiko diabetes tipe 2 sebesar 19%. 

Sebagai pilihan sumber protein alternatif lain, pilihlan daging ikan salmon, ikan sarden, telur, maupun daging sapi yang diberi makan rumput. 

  • Karbohidrat olahan

Tahukah Anda apa itu karbohidrat olahan? Salah satu sumber makanan yang mengandung karbohidrat olahan, antara lain tepung terigu dan nasi putih. Di dalam keduanya tidak memiliki serat dan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Oleh karena itu, sajian dengan kandungan karbohidrat olahan diketahui menjadi makanan penyebab diabetes.

Selain itu, karbohidrat olahan juga diyakini sulit untuk dicerna tubuh, sehingga gula darah dan kadar insulin dapat meningkat secara tajam. Jika dibiarkan, kondisi ini dapat menimbulkan diabetes tipe 2. 

Dalam sebuah penelitian dari jurnal Archives of Internal Medicine, mengonsumsi makanan dengan karbohidrat olahan dapat meningkatkan risiko diabetes tipe 2 sebesar 21% pada wanita Tiongkok. 

Jika Anda mencari alternatif untuk sumber karbohidrat, cobalah untuk memilih biji-bijian utuh, seperti oatmeal, ratu gandum, jagung, nasi cokelat, atau quinoa.

Waspada komplikasi diabetes

Mengatasi diabetes memerlukan penanganan khusus dan tidak dapat disepelekan begitu saja. Pasalnya, diabetes dapat memicu berbagai komplikasi kesehatan yang lebih serius, seperti penyakit jantung, kerusakan ginjal, kerusakan mata, hingga kerusakan saraf pada organ manusia.

Di samping itu, diabetes juga diketahui dapat memicu masalah kulit, memicu depresi, kerusakan pada kaki, hingga terganggunya pendengaran. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *