Menu Close

Manfaat Biji Bunga Matahari untuk Kesehatan

Mengandung banyak nutrisi yang berguna bagi tubuh, biji bunga matahari ternyata mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan. Beragam manfaat biji bunga matahari mulai dari meredakan peradangan hingga membantu mengurangi risiko terkena penyakit kronis. Biji bunga matahari kerap kali dikonsumsi sebagai campuran makanan sehat. Selain itu, makanan yang kaya akan kandungan lemak sehat ini juga sering dimakan sebagai cemilan.

Tekstur renyah dan rasanya yang menggugah selera membuat biji bunga matahari cocok dijadikan teman bersantai, minum teh atau kopi, hingga menonton film. Mempunyai beragam kandungan nutrisi seperti vitamin E, magnesium, protein, dan asam lemak linoleat, mengonsumsi biji bunga matahari bisa memberikan dampak positif bagi tubuh. Berdasarkan penelitian, berikut beberapa manfaat biji bunga matahari:

  1. Mengurangi peradangan

Mengonsumsi biji bunga matahari dapat mengurangi peradangan yang jadi penyebab awal penyakit kronis. Menurut sebuah penelitian, orang yang mengonsumsi biji bunga matahari setidaknya lima kali dalam seminggu memiliki kadar protein C-reaktif 32 persen lebih rendah dibanding mereka yang tidak memakan biji-bijian. Penelitian ini dilakukan terhadap 6.000 orang dewasa berusia 45-84 tahun.

Penurunan kadar protein C-reaktif tersebut diduga terjadi berkat kandungan vitamin E yang ada dalam biji bunga matahari. Protein C-reaktif merupakan salah satu penanda inflamasi dalam tubuh, yang dikaitkan dengan peningkatan risiko penyakit jantung dan diabetes tipe 2. Selain itu, kandungan flavonoid dalam biji bunga matahari juga turut membantu mengurangi peradangan.

  • Mencegah terkena penyakit jantung

Tekanan darah tinggi merupakan salah satu penyebab serangan jantung dan stroke. Senyawa yang ada dalam biji bunga matahari diketahui dapat membantu memblokir enzim yang menyebabkan penyempitan pembuluh darah. Hasilnya, tekanan darah akan menurun seiring rileksnya pembuluh darah Anda. Di sisi lain, kandungan magnesium dalam biji bunga matahari membantu mengurangi tingkat tekanan darah. Sementara itu, kandungan asam linoleat di dalamnya juga bisa membantu menurunkan kadar kolesterol.

  • Mencegah diabetes

Telah diuji dalam beberapa penelitian, biji bunga matahari memiliki potensi pencegahan terhadap penyakit diabetes tipe 2. Hal ini diduga tak lepas dari kandungan asam klorogenat yang ada di dalamnya.Sementara itu, penelitian lain menyebut bahwa biji bunga matahari dapat membantu mengurangi efek karbohidrat pada gula darah Anda. Kandungan protein dan lemak dalam biji bunga matahari memungkinkan pelepasan gula dari karbohidrat dilakukan secara bertahap.

  • Menjaga kesehatan sistem pencernaan

Biji bunga matahari mengandung serat yang berguna untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan Anda. Serat merupakan bagian karbohidrat yang tidak dapat dicerna oleh tubuh. Mengonsumsi makanan dengan kandungan serat dapat membantu usus untuk mengatur konsumsi, pencernaan, dan penyerapan makanan.

  • Mengatasi sembelit

Mengonsumsi makanan berserat seperti biji bunga matahari memungkinkan Anda untuk mendapatkan efek pencahar. Sementara itu, penelitian juga menunjukkan bahwa makan makanan berserat dapat meningkatkan frekuensi buang air besar pada penderita sembelit atau konstipasi.

Manfaat biji bunga matahari memang banyak bagi tubuh, tapi Anda juga harus memperhatikan efek samping yang dapat ditimbulkan. Reaksi alergi yang ditimbulkan biji bunga matahari dapat membuat Anda terkena gangguan pernapasan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *