Menu Close

Manfaat Daun Daun Afrika Bagi Kehamilan dan Apakah Ada Efek Samping?

manfaat daun afrika

Di Indonesia, mungkin banyak orang yang belum mengenal daun afrika. Pasalnya, daun afrika lebih dikenal sebagai bitter leaf di dunia Barat, dan tanaman ini berasal dari negara-negara di Benua Hitam. 

Meskipun begitu, manfaat daun afrika sudah begitu terkenal dan dipercaya untuk kesehatan. Namun, bagaimana manfaat tanaman ini bagi kehamilan. Yuk, simak apa saja kira-kira manfaatnya bagi kehamilan. 

Kehamilan dan daun afrika

Kehamilan mengacu pada keadaan yang membawa embrio atau janin yang sedang berkembang di dalam tubuh wanita. Estrogen membantu rahim untuk tumbuh dan mempertahankan lapisannya. Ini mendukung perkembangan janin, termasuk perkembangan organ dan sistem tubuh. 

Pentingnya nutrisi yang baik selama kehamilan pun tidak bisa ditawar-tawar. Kalori yang masuk harus seimbang, seperti protein, buah-buahan, sayuran, biji-bijian, dengan makanan manis dan lemak dijaga seminimal mungkin. 

Daun afrika adalah sayuran yang populer bisa dikonsumsi dengan dibuatkan jus, teh, atau sup daun afrika yang telah digunakan secara luas dalam pengobatan tradisional untuk pencegahan dan penanganan berbagai kondisi kesehatan karena manfaatnya yang besar. 

Bagaimana daun afrika mempengaruhi kehamilan?

Manfaat daun afrika, baik minum air daun afrika, sup atau teh, antara lain:

  • Protein. Protein sangat penting untuk memastikan pertumbuhan jaringan janin yang tepat, termasuk otak. Ini juga membantu pertumbuhan jaringan payudara dan rahim selama kehamilan, sebuah penelitian dipublikasikan di Nutrition and Health mengungkapkan bahwa daun afrika memiliki kandungan protein yang tinggi (33,3%).
  • Kalsium. Kalsium membantu membangun tulang bayi Anda dan mengatur penggunaan cairan tubuh Anda. Wanita hamil yang tidak mengonsumsi kalsium dalam jumlah yang cukup berisiko lebih besar terkena osteoporosis di kemudian hari. Jus atau sup daun afrika merupakan sumber kalsium yang baik.
  • Folat. Asam folat berperan penting dalam mengurangi risiko cacat tabung saraf. Ini adalah cacat lahir utama yang mempengaruhi otak dan sumsum tulang belakang bayi, seperti spina bifida dan anencephaly. 
  • Zat besi. Kekurangan zat besi dan anemia terkait selama kehamilan dan sangat umum terjadi di seluruh dunia baik di negara maju maupun berkembang meskipun penyebabnya sering berbeda. Mengalami anemia ringan selama kehamilan adalah hal yang wajar karena peningkatan volume darah, anemia berat dapat membuat Anda dan bayi Anda berisiko melahirkan prematur dan berat badan lahir rendah.

Efek samping: Bisakah daun afrika sebabkan keguguran?

  • Keguguran

Makan terlalu banyak daun afrika di awal kehamilan mungkin dapat menyebabkan keguguran. Daun afrika yang kering dapat menyebabkan kontraksi pada awal kehamilan. Penting untuk dicatat bahwa ini hanya bisa terjadi jika wanita tersebut makan terlalu banyak daun afrika. Namun, jika dikonsumsi tidak berlebihan dan tidak di awal usia kehamilan maka daun afrika aman untuk dikonsumsi.   

  • Gangguan pencernaan 

Jika seorang wanita hamil dan makan terlalu banyak daun afrika, ia berisiko mengalami sakit perut, gangguan pencernaan atau bahkan sembelit. Dalam kasus ini, Anda tidak dapat lagi menggunakan daun afrika untuk mengatasi ketidaknyamanan ini karena daun afrika ini bertanggung jawab langsung atas gejalanya. 

Penting untuk Anda ketahui, jika Anda ingin mengonsumsi daun afrika dan sedang hamil, ada baiknya untuk mengonsumsi dalam jumlah cukup atau tidak berlebihan. Namun, jika Anda suka membuat jus daun afrika ini untuk mengekstrak sarinya, Anda berisiko jika mengonsumsinya terlalu banyak. 

Jadi, untuk mendapatkan manfaat daun afrika untuk kehamilan, Anda perlu mengonsumsi dalam jumlah yang cukup atau tidak berlebihan. Namun, penting untuk mengonsultasikan terlebih dahulu dengan dokter apakah Anda dapat mengonsumsi daun afrika atau tidak. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *