Menu Close

Manfaat Kacang Walnut untuk Diet yang Sehat

Katanya, kacang walnut bisa untuk diet, ya? Bener ngga, sih? Mungkin di sini masih banyak yang bertanya-tanya tentang manfaat kacang walnut, si kacang imut yang katanya ‘paling bergizi’. Yaps, Anda tidak salah. Manfaat kacang walnut untuk kesehatan telah banyak dibuktikan melalui berbagai penelitian ilmiah. Kacang walnut pun sering ditambahkan ke dalam menu diet yang sehat.

Kacang walnut banyak tumbuh di wilayah Mediterania dan Asia Tengah. Meskipun begitu, kacang ini tidak sulit untuk diperoleh dan banyak dijual di pasaran. Kacang walnut berukuran kecil, kulitnya kadang-kadang terasa sedikit pahit, tetapi kacangnya sendiri memiliki tekstur yang lembut dan rasa yang kuat.

Manfaat kacang walnut untuk lost weight

Merujuk pada USDA, 1 ons kacang walnut (30 gram) mengandung energi 200 Kalori, karbohidrat 3,89 gram, lemak 20 gram, protein 5 gram, dan serat 2 gram. Selain itu, kacang walnut adalah sumber yang baik untuk beberapa zat gizi mirko, seperti mangan, tembaga, magnesium, fosfor, besi, dan vitamin B6.

Kacang walnut dikenal dengan makanan yang tinggi kalori dan tinggi lemak, sehingga padat nutrisi. Namun, penting Anda ketahui, lemak di dalam kacang walnut lemak tidak jenuh tunggal dan ganda, serta asam lemak omega-3. Kombinasi lemak sehat, protein, dan serat di dalam kacang walnut inilah yang memberikan rasa kenyang lebih lama. Manfaat kacang walnut ini sangat dibutuhkan bagi Anda yang sedang menjalani program penurunan berat badan.

Tentunya, ini bisa menjadi alternatif camilan sehat, dengan menambahkan kacang walnut ke dalam menu diet. Anda bisa mengonsumsi kacang walnut sebagai camilan atau ditambahkan ke salad, pasta, sereal, sup, dan makanan yang dipanggang. Selain itu, kacang walnut juga tersedia dalam bentuk minyak yang sering digunakan dalam saus salad dengan harga yang relatif lebih mahal.

Tidak heran lagi kan, mengapa kacang walnut baik dikonsumsi, terutama jika Anda sedang diet penurunan berat badan. Dibandingkan camilan keripik, kerupuk, dan makanan yang mengandung karbohidrat sederhana lainnya, manfaat kacang walnut jauh lebih sehat dan kaya zat gizi untuk mendukung program penurunan berat badan Anda.

Manfaat kacang walnut untuk kesehatan tubuh

Bukan hanya terbatas untuk menurunkan berat badan, manfaat kacang walnut untuk kesehatan lainnya juga tidak bisa Anda tolak, termasuk:

  1. Menjaga kesehatan jantung.

Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk mengurangi risiko penyakit jantung adalah dengan menerapkan pola makan dan gaya hidup sehat. Nah, kacang walnut bisa menjadi tambahan menu makanan sehat untuk Anda.

Manfaat kacang walnut dapat meminimalisir risiko penyakit jantung dengan cara menurunkan kolesterol-LDL, mengurangi peradangan, meningkatkan fungsi pembuluh darah, sehingga mengurangi risiko penumpukan plak di arteri. Ini disebabkan kandungan lemak tidak jenuh dan antioksidan yang tinggi di dalam kacang walnut yang sangat baik untuk kesehatan jantung.

  • Memelihara kesehatan otak.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa manfaat kacang walnut dapat meningkatkan fungsi otak, meredakan stres, dan menghambat penurunan fungsi otak terkait usia, seperti demensia dan Alzheimer. Efek ini kemungkinan besar berkaitan dengan kandungan asam lemak omega-3 dan antioksidan yang tinggi pada kacang walnut.

  • Mencegah kanker.

Kanker merupakan penyakit ganas akibat pertumbuhan sel-sel yang tidak normal. Salah satu langkah penting untuk mencegah terjadinya kanker adalah dengan mengonsumsi makanan yang tinggi antioksidan. Kacang walnut mengandung beberapa komponen bioaktif yang memiliki sifat antioksidan dan antikanker, seperti fitosterol, gamma-tocopherol, asam ellagic dan senyawa polifenol lainnya.

Dilansir dari Healthline, suatu penelitian yang dilakukan pada hewan menunjukkan bahwa konsumsi kacang walnut dapat menekan pertumbuhan sel-sel kanker di jaringan payudara, prostat, usus besar, dan ginjal. Namun, masih perlu penelitian lebih lanjut untuk mengonfirmasi efek tersebut pada manusia.

Begitu banyak manfaat kacang walnut untuk tubuh, mulai dari penurunan berat badan hingga mencegah terjadinya kanker. Sayang sekali bukan, jika Anda melewatkan kacang paling bergizi ini dalam menu makan sehari-hari. Yuk, sehat dengan kacang walnut!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *