Menu Close

Manfaat Menggunakan Finasteride, Obat untuk Atasi Rambut Rontok

Manfaat Menggunakan Finasteride, Obat untuk Atasi Rambut Rontok

Finasteride merupakan sejenis obat yang digunakan untuk mengatasi masalah pola rambut rontok. Akan tetapi, secara khusus, obat ini ditujukan bagi penderita rambut rontok pada pria atau yang disebut juga dengan alopesia androgenetik.

Bukan hanya rambut rontok, obat ini juga bisa digunakan untuk mengatasi kondisi pembesaran prostat jinak yang disebut dengan benign prostatic hyperplasia.

Mengapa menggunakan finasteride?

Finasteride umumnya diberikan sebagai obat resep dalam bentuk oral atau obat minum. Dokter akan memberikan obat ini apabila Anda mengalami alopesia androgenetik dan juga mengalami gejala prostat jinak.

Obat ini bekerja dengan menurunkan jumlah kadar hormon tubuh alami. Dengan penurunan jumlah hormon, pertumbuhan rambut dapat dipicu kembali. Selain itu, hormon yang menurun juga bisa mencegah kerontokan rambut.

Akan tetapi, obat ini hanya ditujukan pada pertumbuhan rambut di kepala. Jadi, pertumbuhan rambut di bagian tubuh lainnya tidak akan terpengaruh ketika Anda mengonsumsi obat ini.

Meskipun finasteride bisa digunakan untuk mengatasi pembesaran prostat jinak, obat ini tidak dianjurkan untuk mengatasi gejala kanker prostat. Karena, obat ini bisa menimbulkan resiko efek samping berupa pengembangan kanker prostat yang lebih serius.

Untuk pengobatan pembesaran prostat jinak, finasteride perlu dikombinasikan dengan obat lainnya. Karena, obat ini hanya digunakan sebagai salah satu bagian dari terapi kombinasi.

Siapa yang boleh menggunakan finasteride?

Obat ini hanya diresepkan bagi penderita pria. Jadi, finasteride tidak ditujukan untuk perempuan dan anak-anak. 

Terkadang, finasteride juga hadir dalam obat generik. Akan tetapi, dosisnya cenderung lebih ringan dan efek yang diberikan pun kurang efektif. 

Pemberian obat ini hanya dilakukan pada pasien pria yang sudah melewati usia 18 tahun. Selain wanita dan anak-anak, ada beberapa golongan lain yang tidak dianjurkan menggunakan obat ini, yaitu: 

  • Memiliki pasangan yang hamil atau sedang menjalani program kehamilan
  • Memiliki masalah parah pada kandung kemih
  • Memiliki gangguan hati
  • Pernah mengalami reaksi alergi terhadap finasteride atau obat lain di masa lalu

Cara tepat menggunakan finasteride

Setelah diresepkan oleh dokter, Anda bisa mengonsumsi obat ini sesuai anjuran dari dokter. Anda boleh mengonsumsinya baik sebelum maupun sesudah makan.

Anda harus memastikan untuk mengonsumsi obat ini di jam yang sama setiap harinya. Minum obat ini dengan langsung menelannya, jangan dihancurkan. 

Idealnya, dosis penggunaan finasteride adalah sebagai berikut:

  • Dosis pengobatan prostat jinak

Dosis untuk orang dewasa sebanyak 5 mg per hari, diminum sekali dalam sehari. Penggunaan tidak disarankan untuk anak-anak dan wanita.

  • Dosis pengobatan rambut rontok

Dosis untuk orang dewasa sebanyak 1 mg per hari, diminum sekali dalam sehari. Penggunaan tidak disarankan untuk anak-anak dan wanita.

Saat Anda terlewat satu dosis, segera konsumsi obat ini begitu Anda mengingatnya. Akan tetapi, apabila waktu yang terlupa sudah lebih dari 6 jam, lewatkan saja dosis yang terlewat tersebut dan lanjut untuk meminumnya kembali keesokan harinya. 

Jangan memaksakan untuk menambah dosis menjadi dua kali lipat demi mengganti dosis yang sudah terlewat. 

Finasteride bekerja dalam waktu yang cukup lama. Karena itu, Anda akan harus terus mengonsumsinya dalam jangka panjang.

Biasanya, efek untuk mengendalikan rambut rontok baru akan benar-benar mulai terlihat setelah tiga bulan pemakaian. Tapi, perkembangan tidak akan sepenuhnya membaik sampai penggunaan finasteride setelah 12 bulan atau satu tahun.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *