Menu Close

Memilih Gendongan Hipseat untuk Bayi, Apa yang Perlu Dipertimbangkan?

Gendongan hipseat merupakan alat gendongan yang dirancang untuk memudahkan Anda ketika menggendong bayi. Anda tidak perlu menggunakan kedua tangan untuk mengangkat bayi Anda, melainkan sekedar mendudukkannya pada bantalan hipseat yang digantung ke tubuh Anda. 

Gendongan hipseat cocok untuk bayi usia 6 bulan

Menggunakan hipseat dipercaya mampu mempermudah Anda untuk menggendong bayi sambil tetap melakukan kegiatan lain. Selain itu, dudukan hipseat ini juga bisa membantu bayi merasa lebih nyaman selama berada dalam gendongan. 

Pertimbangan sebelum memilih gendongan hipseat

Anda mungkin memiliki bayi yang masih kecil dan tertarik untuk membeli hipseat. Sebelum membelinya, sebaiknya Anda mempertimbangkan dulu beberapa hal berikut ini:

  • Kenyamanan saat dipakai oleh sang ibu

Hipseat akan digantungkan atau dipakai ke tubuh sang ibu. Oleh sebab itu, penting untuk memperhatikan kenyamanan sang ibu ketika memakainya.

Perhatikan apakah hipseat yang akan Anda beli dirancang dengan bentuk yang menyesuaikan bentuk tubuh Anda. Hipseat yang baik dilengkapi dengan dukungan punggung, sehingga ketika dipakai tidak akan membuat punggung menjadi sakit atau bengkok.

Selain itu, perhatikan juga bahan kain yang digunakan. Apakah bahan kain tersebut cukup lembut, atau bisa membuat kulit Anda justru terasa tidak nyaman ketika dipakai?

  • Fitur untuk tubuh bayi

Berikutnya, Anda juga harus memperhatikan fitur pada gendongan hipseat yang dikhususkan untuk bayi. Ada beberapa hal yang harus tersedia dalam fitur hipseat, seperti lubang untuk kaki bayi, bantalan untuk dudukan bayi, serta bahan kainnya. 

Lubang kaki pada hipseat tidak boleh terlalu besar, guna menghindari risiko bayi tergelincir ketika didudukkan. Tapi, di satu sisi lubang juga tidak boleh terlalu sempit, karena bisa membuat kaki bayi Anda menjadi tidak nyaman.

Anda juga perlu memperhatikan apakan dudukan pada hipseat cukup empuk. Perhatikan juga agar tidak memilih hipseat dengan sandaran kepala bayi yang terlalu keras, karena bisa membuat kepala atau leher bayi jadi mudah goyah.

  • Keamanan hipseat

Setiap jenis hipseat dirancang dengan bentuk yang berbeda-beda. Ada yang dirancang untuk pemakaian di bagian depan tubuh, ada yang untuk dipakai di bagian belakang tubuh.

Apabila Anda memiliki kondisi punggung yang buruk, maka sebaiknya pilihlah hipseat yang dipakai di bagian depan tubuh. Ini berguna untuk menghindari ketidakamanan posisi bayi ketika didudukkan di belakang. 

Perhatikan juga apakah gendongan hipseat yang Anda pilih dilengkapi dengan tali pengaman untuk bayi. Hipseat dengan dua tali biasanya lebih aman dibandingkan dengan hipseat satu tali diagonal atau sling.

Perhatikan hal-hal di atas ketika Anda akan membeli hipseat untuk bayi Anda. Akan lebih baik lagi kalau Anda bisa berkonsultasi dengan dokter dalam memilih jenis hipseat yang paling tepat. 

Mengapa perlu memakai hipseat?

Ada banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan memakai gendongan hipseat. Manfaat ini bahkan bukan hanya untuk Anda, tapi juga bayi Anda. 

Bagi Anda sebagai orang tua, memakai hipseat memudahkan Anda untuk menggendong bayi sambil tetap beraktivitas. Jadi, Anda pun bisa memantau kondisi bayi sambil mengerjakan pekerjaan lainnya.

Untuk bayi, duduk di hipseat bisa memberikan rasa ketenangan dan kenyamanan. Karena, bayi tetap berada dalam gendongan orang tuanya sambil melihat hal-hal di sekelilingnya. Oleh sebab itu, tidak ada salahnya menggunakan gendongan hipseat untuk bayi Anda. Tapi, tentunya Anda harus memilih hipseat yang tepat agar manfaat bisa dirasakan secara maksimal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *