Menu Close

Memilih Jenis Susu Low Fat Sesuai Kebutuhan

Anda mungkin sering melihat produk susu low fat atau susu rendah lemak di pasaran. Jenis produk susu yang seperti ini, sesuai dengan namanya, mengandung kandungan lemak yang rendah.

Ini membuat susu rendah lemak cocok dikonsumsi bagi Anda yang tidak ingin mengalami kenaikan berat badan. Selain itu, ini juga baik untuk anak-anak, agar anak Anda terhindar dari asupan lemak yang berlebih.

Susu low fat dan jenis-jenisnya

Susu yang bisa Anda minum bukan hanya berasal dari sapi. Susu juga bisa didapatkan dari hewan dan juga sumber nabati lainnya. Berdasarkan sumbernya, jenis susu akan memiliki kualitas, nutrisi, serta efek yang berbeda-beda. 

Setiap jenis susu juga memiliki kandungan lemak yang berbeda. Namun, jenis-jenis susu tersebut semuanya bisa diolah untuk menjadi produk susu low fat. Jika Anda ingin memilih susu, cobalah untuk mengenali jenis-jenis susu seperti berikut ini:

  • Susu almond

Susu almond dikenal sebagai salah satu jenis susu yang sangat rendah kalori. Karena itu, jenis susu almond banyak digunakan oleh orang-orang yang sedang menjalani program diet sehat. 

Meskipun kandungan kalorinya rendah, susu almond tetap memiliki rasa yang lezat, bahkan tanpa ditambahkan dengan pemanis sekalipun. Rasa dari jenis susu ini cukup ringan, lebih lembut, serta bebas lemak. 

Ini membuat susu almond menjadi pilihan susu rendah lemak yang tepat. Akan tetapi, perllu diperhatikan bahwa jenis susu ini juga memiliki kandungan protein serta kalsium yang cenderung rendah.

  • Susu kelapa

Di Indonesia, susu kelapa lebih dikenal sebagai santan. Biasanya, santan digunakan sebagai bahan masakan. Namun, santan juga bisa Anda minum sebagai pengganti susu biasa. 

Santan bukanlah air kelapa dan teksturnya tidak kental seperti produk olahan santan kalengan. Santan memiliki rasa manis yang khas dari kelapa serta bertekstur cukup tebal. 

Bila dibandingkan dengan jenis susu lainnya, santan mungkin memiliki kandungan lemak yang paling tinggi. Namun, ada juga produk santan yang dijual dengan pilihan rendah lemak. 

  • Susu kedelai

Susu low fat jenis lainnya adalah susu kedelai. Susu kedelai dibuat dari larutan kacang kedelai yang dicampur dengan air. Produk ini adalah pengganti susu biasa yang cocok untuk Anda. 

Susu kedelai dikenal sebagai susu rendah kalori dan rendah lemak. Rasanya juga enak dan sering dijadikan sebagai pelengkap snack atau makanan ringan. 

Meskipun rendah akan lemak, susu kedelai tetap kaya akan nutrisi yang bermanfaat, seperti protein dan kalsium. Tapi, ketika akan membeli susu kedelai, coba perhatikan kandungan pemanis tambahan di dalamnya untuk membatasi asupan gula Anda. 

  • Susu kacang mede

Jenis susu yang satu ini terbuat dari bahan kacang mede. Susu ini merupakan salah satu jenis susu alternatif terbaru untuk menggantikan susu sapi. Susu jenis ini dikonsumsi untuk mengurangi asupan lemak. 

Susu kacang mede dipercaya memiliki kandungan kalori yang sangat rendah. Sehingga, ketika Anda meminumnya, Anda tidak perlu mengkhawatirkan adanya tambahan lemak. 

Sama seperti susu almond, susu kacang mede memiliki rasa sedikit pedas yang khas seperti rasa kacang. Namun, teksturnya lembut dan mudah untuk diminum.Anda bisa mendapatkan beragam manfaat dengan mengonsumsi susu low fat atau susu rendah lemak. Jika ingin menurunkan berat badan, pilihlah salah satu dari jenis susu di atas sebagai alternatif susu sapi biasa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *