Menu Close

Mengapa Sih Harus Rajin Menggunakan Produk Skincare?

Banyak orang yang malas menggunakan produk skincare setiap harinya sebab dirasa terlalu lama dan rumit. Padahal, penggunaan produk skincare sangat penting untuk menjaga kesehatan kulit terutama kulit wajah. Tidak hanya itu, skincare juga memiliki fungsi spesifik pada setiap produknya serta memberikan berbagai manfaat bagi kulit. Kandungan nutrisi dan zat yang baik bagi kulit juga lengkap terkandung dalam berbagai produk skincare

Pentingnya menggunakan produk skincare

Produk skincare akan menunjukkan khasiatnya apabila Anda menggunakannya secara teratur dan benar. Beberapa manfaat yang bisa didapatkan dari menggunakan produk skincare yaitu: 

  • Menjaga kebersihan kulit wajah 
  • Membantu mencerahkan kulit
  • Mengurangi jerawat
  • Menghilangkan flek hitam 
  • Menghindari terjadinya kerutan sebagai tanda penuaan dini 
  • Melembapkan kulit 
  • Membuat kulit senantiasa segar dan sehat

Kandungan penting dalam produk skincare

Apabila produk skincare memang bisa menjaga kesehatan dan kecantikan wajah, apa saja kandungan di dalamnya? Dalam masing-masing produk, kandungannya bisa berbeda-beda. Berikut ini beberapa kandungan penting yang menyehatkan kulit dan terdapat dalam produk skincare. 

  1. Hyaluronic acid

Asam hailuronat atau hyaluronic acid merupakan salah satu kandungan yang ada dalam beberapa produk skincare. Kandungan ini sebenarnya telah diproduksi alami oleh tubuh di dalam jaringan kulit. Akan tetapi, seiring bertambahnya usia, maka hyaluronic acid alami akan berkurang, Menggunakan produk skincare mengandung hyaluronic acid akan bermanfaat untuk menjaga kelembapan kulit, mengurangi kerutan pada wajah, serta memperbaiki kulit yang terbakar. 

  1. Retinol

Kandungan retinolatau retinoid juga cukup sering ditemui pada produk skincare. Retinol sendiri berfungsi untuk mengurangi minyak, mencegah keriput, menghilangkan jerawat, dan mengobati kulit. Terbuat dari vitamin A, retinol akan ditemukan pada produk skincare dengan berbagai nama seperti adapalene, tazarotene, tretinoin, bexarotene, dan alitretinoin. 

  1. Niacinamide

Pada produk serum, biasanya akan ditemukan kandungan berupa niacinamide. Senyawa ini merupakan sejenis vitamin B3 yang dapat digunakan oleh semua jenis kulit. Manfaat niacinamide pada produk skincare yaitu dapat mebantu menunda penuaan, menjaga lapisan pelindung kulit, membantu pembentukan keratin, mengurangi kelebihan minyak, serta mencegah kerusakan akibat sinar matahari. Meski dapat digunakan semua jenis kulit, nicamide paling cocok untuk kulit berminyak. 

  1. AHA, BHA, dan PHA

Kandungan asam yang dapat membantu mengelupas kulit mati dan ada dalam produk skincare adalah AHA, BHA, dan PHA. Biasanya, pada setiap produk hanya mengandung salah satu diantara ketiga kandungan asam tersebut. AHA dapat digunakan untuk kulit kering, kulit bermasalah dengan jerawat, tanda penuaan, serta warna kulit tidak merata. PHA dapat digunakan untuk orang yang alergi terhadap AHA sebab secara fungsi sama. Sedangkan BHA cocok digunakan kulit berminyak sebab berfungsi untuk membersihkan kulit dan mengatasi jerawat. 

  1. Centella asiatica

Tanaman pegagan atau centella asiatica yang memiliki bentuk seperti kipas ini ternyata banyak dimanfaatkan sebagai bahan dalam produk skincare. Kandungan bioaktif di dalamnya dapat membantu menjadi antioksidan, antivirus, antimikroba, serta antiulcer yang bisa membantu mengatasi luka pada kulit. Selain itu, produk skincare dengan kandungan cantella asiatica juga berfungsi untuk meningkatkan produksi kolagen sehingga kulit senantiasa elastis dan terhindar dari penuaan dini. 
Memilih produk skincare yang tepat tentu bukan hal yang mudah. Anda perlu menyesuaikannya dengan tipe kulit dan masalah kulit yang ingin diatasi. Misalnya, produk anti aging tentu kurang cocok apabila digunakan oleh usia remaja. Untuk mendapatkan produk yang tepat serta sesuai dengan kulit sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter kulit terlebih dahulu. Hal tersebut juga membantu mengurangi risiko terjadinya iritasi dan alergi. Anda dapat bertanya langsung pada dokter tentang produk skincare dan masalah kesehatan lainnya melalui aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Unduh sekarang di App Store atau Play Store.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *