Menu Close

Mengenal Cerini Sirup Lebih Dekat

cerini sirup

Cerini adalah obat anti alergi yang tersedia dalam bentuk kaplet salut selaput, drops dan sirup dengan kandungan Cetirizine HCL. Kandungan yang diindikasikan untuk mengatasi gejala alergi, seperti rinitis (radang selaput lendir hidung) dan urtikaria (gatal biduran). Salah satu jenis yang direkomendasikan untuk dikonsumsi adalah cerini sirup.

Dalam obat cetirizine terkandung bahan aktif cetirizine hydrochloride (HCL) dengan berbagai bentuk sediaan obat. Biasanya untuk tablet 10 mg, sirup 5 mg dan drop, obat ini bekerja dengan cara menghalangi kerja senyawa histamin yang diproduksi oleh tubuh ketika terpapar oleh alergen, dikarenakan senyawa histamin merupakan penyebab utama munculnya reaksi alergi.

Cerini Sirup

Cetirizine termasuk dalam golongan obat antialergi (antihistamin) dengan tidak memberikan efek rasa mengantuk. Obat alergi lain dengan cetirizine adalah loratadine, meskipun satu golongan dengan ceritizine, beberapa kasus menyebutkan jika orang yang mengonsumsi loratadine justru merasakan efek samping mengantuk.

  • Bagi anak dan ibu hamil, menyusui atau berencana untuk hamil perlu adanya konsultasi lebih dulu dengan dokter sebelum menggunakan obat ini.
  • Beritahukan ke dokter jika mengalami kesulitan buang air kecil yang diakibatkan pembesaran prostat atau ketika menderita gangguan hati atau ginjal.
  • Beritahukan pula ke dokter jika ternyata dalam saat ini pasien masih dalam kewajiban mengonsumsi obat-obatan termasuk suplemen, vitamin atau obat herbal.
  • Selama mengonsumsi obat ini jauhkan diri dari aktivitas mengemudi, karena memang cetirizine menimbulkan rasa kantuk yang hebat pada seseorang.
  • Dilarang meningkatkan dosis atau mengonsumsi obat ini dengan frekuensi tinggi jauh lebih banyak ketimbang resep dokter.
  • Konsultasikan ke dokter jika ruam pada kulit tak kunjung membaik selama tiga hari penggunaan obat,.

Baca terlebih dahulu keterangan pemakaian pada kemasan obat sebelum mulai mengonsumsi obat ini, pastikan mengonsumsi obat ini sesuai dengan petunjuk dokter. Obat ini dapat dikonsumsi sebelum atau sesudah makan, khusus untuk jenis sirup gunakan sendok sirup yang terdapat dalam kemasan dan jangan gunakan sendok makan.

Dosis penggunaan obat ini berbeda-beda meskipun kandungan di dalamnya sama yakni cetirizine, dokter akan menyesuaikan takaran dosis obat sesuai usia, kondisi kesehatan secara keseluruhan dan reaksi tubuh pasien terhadap obat. Berikut beberapa dosis cerini yang mengandung zat aktif cetirizine.

  • Untuk dewasa dan anak-anak dengan usia lebih dari 6 tahun dosis yang diberikan sebanyak 5-10 mg sekali dalam sehari.
  • Anak-anak usia 2-6 tahun sebanyak 2,5 mg sekali sehari, dosis dapat ditingkatkan oleh dokter menjadi 5 mg sekali sehari atau 2,5 mg 2 kali sehari.
  • Penggunaan cerini kaplet salut selaput, untuk dewasa dan anak usia lebih dari 12 tahun sebanyak 1 kaplet sehari.
  • Anak usia 6-12 tahun sebanyak 1 kaplet sehari atau dalam dua dosis terbagi, sesuai dengan resep yang diberikan dokter.
  • Penggunaan cerini sirup untuk dewasa dan anak usia lebih dari 12 tahun diberikan 10 ml atau dua sendok takar setiap hari.
  • Untuk anak usia 6-12 tahun sebanyak 10 ml dengan takaran dua sendok takar setiap hari atau dalam dua dosis terbagi.
  • Anak usia 2-6 tahun diberikan sebanyak 5 ml atau satu sendok takar, sekali dalam sehari atau dalam dua dosis terbagi.
  • Aturan penggunaan cerini drops, untuk bayi berusia 12-23 bulan dosis yang diberikan 1,5-5 mg perhari, untuk bayi dengan usia 6-12 bulan dosis yang diberikan 2,5 mg perhari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *