Menu Close

Mengenal Kandungan Simethicone dan Magaldrate dalam Magalat

Magalat suspensi digunakan untuk mengatasi gangguan lambung karena naiknya asam lambung

Simethicone dan magaldrate adalah kandungan utama dalam obat sirup Magalat. Obat ini biasanya direkomendasikan untuk kamu yang mengalami ketidaknyamanan perut.

Lalu bagaimana sih cara kerja kandungan obat ini dalam mengatasi masalah perut? Pelajari lebih jauh sial kandungan simethicone dan magaldrate mulai cari manfaat hingga efek sampingnya pada ulasan di bawah ini ya!

Apa itu simethicone?

Simethicone adalah kandungan obat yang biasanya digunakan untuk mengatasi gejala kelebihan gas di dalam perut dan sistem pencernaan.

Seperti kembung, begah, dan rasa ketidaknyamanan lainnya di perut. Obat ini ada yang berbentuk tablet, kapsul, dan sirup.

Obat ini bisa digunakan untuk bayi, anak-anak, dan orang dewasa. Untuk menggunakannya pada bayi dan anak-anak diperlukan konsultasi dengan dokter.

Dosis dan cara konsumsi

Selalu gunakan obat ini sesuai dengan keterangan yang tertera pada label atau kemasan produk, bisa juga sesuai dengan resep yang diberikan oleh dokter.

Lalu kapan sih waktu paling tepat mengonsumsi simethicone? Kamu bisa mengonsumsinya sebelum makan dan sebelum tidur.

Jangan pernah mengonsumsi simethicone melebihi dosis yang tertera pada label kemasan. Jika kamu mengonsumsi tablet atau kapsul, jangan mengunyahnya. Apabila mengonsumsi obat dalam bentuk cair, kamu bisa mencampurnya dengan air dingin.

Efek samping

Seperti obat pada umumnya, simethicone juga dapat menyebabkan efek samping. Efek samping umumnya ringan dan tidak menyebabkan kondisi darurat medis.

Efek samping berbahaya bisa terjadi pada kamu yang memiliki alergi terhadap kandungan simethicone. Gejala alergi biasanya berupa ruam, gatal, kesulitan bernapas, hingga pembengkakan di area wajah, bibir, dan tenggorokan.

Apa itu magaldrate?

Selain simethicone, Magalat juga memiliki kandungan magaldrate. Kombinasi kedua kandungan ini berguna sebagai penetral asam lambung atau antasida.

Serta sebagai agen anti kembung atau antiflatulent. Nah apa sih magaldrate itu? Magaldrate adalah antasida yang mengandung aluminium.

Kandungan ini biasanya digunakan untuk mengatasi gangguan pencernaan, mulas, asam lambung, dan sakit perut. 

Dosis dan cara konsumsi

Kamu bisa mengonsumsi magaldrate antara 20 hingga 60 menit sebelum makan dan sebelum tidur. Ikuti dosis sesuai yang tercantum dalam label produk untuk menghindari over dosis.

Jika kamu mengonsumsi obat dalam bentuk cair, kocok sebelum diminum dan gunakan penakar khusus agar dosisnya pas. Jangan mengonsumsi obat ini lebih dari 2 minggu apalagi tanpa resep dokter.

Efek samping

Pada orang-orang dengan kondisi tertentu seperti alergi, obat ini dapat menimbulkan efek samping. Beberapa efek samping yang harus kamu waspadai di antaranya:

  • Sakit perut hebat disertai kembung atau kram
  • Mual dan muntah parah
  • Nafsu makan yang menurun dan penurunan berat badan
  • Mengalami sembelit parah
  • Rasa sakit saat buang air kencing
  • Nyeri tulang atau kelemahan otot
  • Pembengkakan pada tangan dan kaki
  • Perubahan suasana hati

Segera hentikan pemakaian obat apabila kamu mendapati gejala-gejala tersebut.

Apakah Magalat aman?

Pada umumnya obat ini aman dikonsumsi selama digunakan sesuai dosis atau anjuran pemakaian. Obat ini dapat membantu mengatasi berbagai ketidaknyamanan perut yang kamu alami.

Mulai dari begah, kembung, sendawa yang terus menerus, dan gejala kelebihan gas di perut lainnya.

Obat ini juga termasuk ke dalam golongan obat bebas, jadi kamu bisa menggunakan obat ini tanpa resep dokter.

Dapatkan Magalat di apotek, toko obat, supermarket, atau ecommerce terpercaya untuk memastikan keamanan dan keaslian produk.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *