Menu Close

Mengenal Teknik-Teknik Olahraga Dayung

Tidak ada yang menampik jika olahraga adalah kegiatan yang menyehatkan. Dari beragam jenis aktivitas yang membuat kita berkeringat itu, salah satu di antaranya adalah olahraga dayung. Jenis olahraga tersebut umumnya bisa dilakukan di laut, danau, atau sungai.

Meski demikian, belakangan terdapat inovasi bahwa olahraga dayung bisa juga dilakukan di dalam ruang. Biasanya, hal ini bisa kita temukan di tempat-tempat kebugaran. Di sisi lain, olahraga yang mengandalkan kekuatan tangan tersebut ternyata juga memiliki beragam teknik.

Berkenaan dengan hal itu, artikel ini akan membahas teknik-teknik yang bisa dilakukan dalam aktivitas olahraga dayung.

Pertama adalah mendayung ke depan alias maju. Pada teknik ini, diketahui gerakan kayuhan dayung ialah dari depan mengarah ke belakang.

Khusus untuk pemula, yang perlu diperhatikan dalam teknik ini adalah harus memastikan untuk dayungan agar beralur lurus pada bagian pinggir lambung perahu. Apabila melakukannya secara beregu, jangan lupa pula untuk memperhatikan komando dalam menentukan kapan mendayung dilakukan. Tentunya, hal itu bertujuan agar perahu bisa melesat ke depan.

Teknik olahraga dayung kedua adalah mundur. Berkebalikan dengan teknik maju, pada teknik ini kayuhan dayung dilakukan dari belakang dan didorong ke depan. Namun, yang perlu diingat dalam melakukan teknik ini dayungannya harus beralur lurus pada bagian pinggir lambung perahu. Di sisi lain, apabila berkelompok, gerakan ini juga ditentukan oleh seorang komando.

Ketiga, ada teknik geser ke kiri. Pada teknik ini, yang perlu anda lakukan adalah dalam menggerakan kayuhan dibagi menjadi dua tim. Kelompok tersebut berdasarkan posisi duduk di sebelah kanan dan kiri. Agar bisa bergeser ke kiri, tim yang duduk di sebelah kanan agar melakukan kayuhan dari luar ke dalam se arah 90 derajat.

Sementara tim yang duduk di sisi kiri, melakukan gerakan kayuhan dari dalam ke luar juga seraha 90 derajat. Teknik ini memiliki tujuan agar perahu yang ditumpangi dapat berbelok atau paling tidak bergeser ke arah kiri.

Keempat ada gerakan dayu geser ke kanan. Untuk bagian teknik olahraga dayung ini berlaku berkebalikan dengan teknik geser ke kiri. Pertama-tama, gerakan kayuhan dayung akan dibagi dengan dua tim di mana kelompok dibagi berdasarkan tempat duduknya, di sebelah kanan atau kiri.

Saat melakukan teknik ini, pendayung yang duduk di sebelah kiri mesti mengayunkan dayungnya dari luar ke dalam pinggul lambung perahu dan harus se arah 90 derajat. Sedangkan tim yang duduk di sebelah kanan, melakukan kayuhan dari dalam ke luar seraya menjauh se arah 90 derajat. Tentunya, teknik ini dilakukan agar perahu bisa mengarah ke kanan.

Kelima, ada teknik kanan mundur. Dalam melakukannya, tim juga harus dibagi menjadi dua dan ditentukan juga berdasarkan lokasi tempat duduk. Bagi yang posisinya di sebelah kanan, maka dayungnya dikayuhkan ke arah belakang atau mundur. Sementara yang berada di sisi bagian kiri perahu, mengayuh dayung ke arah sebaliknya atau maju.

Keenam, dayung kiri mundur. Dalam olahraga dayung anda juga bisa melakukan teknik ini dengan membagi dua tim seperti dayung kanan mundur. Bedanya, kelompok sebelah kiri mendayung mundur dan sisi kanan mendayung maju.

Terakhir atau ketujuh ada teknik berhenti. Ketika melakukan teknik ini yang perlu diperhatikan adalah agar tim belajar menciptakan tidak ada gerakan sama sekali di perahu dengan kompak. Saat ingin berhenti, para pendayung perlu memegang gagang gayung dan meletakkannya pada bagian atas paha, dan posisinya menyerong ke belakang kurang lebih 45 derajat.

Itulah penjelasan-penjelasan mengenai teknik mendayung. Memang, olahraga dayung tidak bisa dianggap remeh. Namun, olahraga tersebut memiliki berbagai manfaat, seperti membakar lemak jahat, membantu mencerdaskan otak, dan lain sebagainya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *