Menu Close

Minyak Ikan untuk Bayi, Baik atau Tidak?

Minyak Ikan untuk Bayi, Baik atau Tidak?

Minyak ikan dikenal sebagai salah satu sumber nutrisi omega-3 yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Suplemen minyak ikan banyak diberikan pada anak-anak. Tapi, apakah memberikan minyak ikan untuk bayi adalah hal yang tepat?

Bayi dan anak-anak memang memiliki kebutuhan nutrisi yang berbeda. Tubuh bayi cenderung lebih sensitif dan memerlukan lebih banyak nutrisi tertentu. Wajar jika Anda ragu ketika akan memberikan minyak ikan kepada bayi Anda. 

Manfaat memberikan minyak ikan untuk bayi

Secara garis besar, minyak ikan memang sangat baik untuk kesehatan. Bukan hanya anak-anak dan orang dewasa, bayi pun bisa merasakan banyak keuntungan dari konsumsi minyak ikan.

Oleh sebab itu, Anda tidak salah jika ingin meningkatkan asupan omega-3 melalui minyak ikan kepada bayi Anda. Ada beberapa manfaat yang akan dirasakan oleh bayi Anda, yaitu: 

  • Perkembangan kognitif

Penelitian telah membuktikan bahwa bayi yang mendapatkan asupan omega-3 bisa mengalami perkembangan kognitif yang lebih baik. Ketika bertumbuh, bayi akan menjadi lebih perhatian, memiliki keterampilan sosial, serta memiliki kecerdasan yang baik.

Sumber omega-3 yang paling efektif adalah minyak ikan. Oleh sebab itu, Anda bisa mencoba memberikan minyak ikan untuk bayi Anda. 

Selain mengonsumsi omega-3 secara langsung, bayi juga bisa mendapatkan manfaat dari minyak ikan apabila sang ibu rutin meningkatkan asupan minyak ikan selama masa kehamilan. 

  • Perkembangan fungsi mata

Kondisi mata yang tidak sehat bisa saja diwariskan secara genetik. Oleh sebab itu, apabila Anda dan pasangan memiliki masalah tertentu pada mata, akan lebih baik kalau Anda bisa meningkatkan asupan omega-3 bagi bayi Anda.

Ini bisa menjadi upaya pencegahan kerusakan mata anak di masa depan. Karena, omega-3 yang ditemukan pada minyak ikan terbukti mampu berkontribusi dalam menjaga kesehatan mata.

Hal ini akan membantu anak agar memiliki kemampuan penglihatan yang lebih optimal, serta mencegah peradangan mata kronis di kemudian hari. 

  • Kesehatan jantung

Sebagai orang tua, Anda perlu memastikan kesehatan bayi Anda tetap terjaga. Ini penting agar di kemudian hari, anak bisa tumbuh dan berkembang dengan sehat.

Salah satu masalah kesehatan yang sangat umum terjadi pada siapa saja adalah masalah kesehatan jantung. Demi memastikan jantung anak sehat, Anda bisa membiasakan memberikan minyak ikan untuk bayi sejak dini.

Manfaat minyak ikan bagi kesehatan jantung dapat bayi Anda rasakan untuk jangka panjang. 

  • Kesehatan tulang

Beberapa penelitian juga membuktikan bahwa omega-3 pada minyak ikan baik untuk menjaga kesehatan tulang. Efek ini bisa bertahan untuk jangka panjang.

Anak yang sering mengonsumsi minyak ikan saat masih kecil memiliki kemampuan untuk mengatasi nyeri dengan lebih baik. Karena, omega-3 memang bisa mengurangi nyeri pada tulang serta kekakuan sendi.

Oleh sebab itu, apabila Anda sudah memberikan omega-3 pada anak sejak masih bayi, kesehatan tulang anak akan lebih terjaga ketika sudah tumbuh dan berkembang nantinya.

Ada banyak sekali manfaat yang akan dirasakan oleh bayi Anda ketika mendapatkan asupan omega-3 dari minyak ikan. Oleh sebab itu, jangan ragu untuk memberikan omega-3 pada bayi Anda. 

Konsultasikan mengenai pemberian minyak ikan dengan dokter Anda. Dokter bisa memberikan anjuran mengenai pemberian minyak ikan yang aman bagi bayi.

Pilihlah suplemen minyak ikan untuk bayi yang aman, karena tidak semua suplemen minyak ikan boleh diberikan untuk pengguna segala usia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *