Menu Close

Neurodermatitis, Kondisi Gatal-gatal Pada Kulit

Neurodermatitis biasanya muncul karena adanya kontak dengan zat tertentu atau gigitan serangga.

Neurodermatitis adalah kondisi kulit yang dimulai dengan bercak kulit yang gatal. Menggaruk bercak tersebut akan membuat kulit Anda semakin gatal. Siklus gatal-awal ini menyebabkan kulit yang terkena neurodermatitis menjadi tebal dan kasar. Anda dapat mengembangkan beberapa bintik-bintik gatal, biasanya di leher, pergelangan tangan, lengan, kaki atau daerah anus.

Neurodermatitis yang juga dikenal sebagai lichen simplex kronisus merupakan kondisi yang tidak mengancam jiwa atau menular. Tetapi gatal bisa sangat intens atau berulang sehingga mengganggu tidur Anda, fungsi seksual sampai kualitas hidup Anda.

Menghentikan siklus gatal-gatal pada neurodermatitis merupakan suatu tantangan, dan neurodermatitis biasanya merupakan kondisi seumur hidup. Keberhasilan pengobatan tergantung pada seberapa tinggi Anda dapat menahan keinginan untuk menggosok atau menggaruk daerah yang terkena. Tanda dan gejala neurodermatitis meliputi:

  • Tambalan kulit yang mengalami gatal atau bercak
  • Tekstur kasar atau bersisik pada area yang terkena
  • Bercak kasar atau bercak yang berwarna merah atau lebih gelap dari sisa kulit Anda

Kondisi ini melibatkan area yang bisa dijangkau untuk digaruk, seperti kepala, leher, pergelangan tangan, lengan, pergelangan kaki, vulva, skrotum atau anus. Rasa gatal, yang bisa sangat intens, bisa datang dan pergi atau bahkan tanpa henti. Anda mungkin menjadikan menggaruk sebagai kebiasaan dan melakukannya saat tidur.

Penyebab neurodermatitis tidak diketahui. Menggosok dan menggaruk terus-menerus yang mencirikan kondisi ini dapat dimulai dengan sesuatu yang hanya mengiritasi kulit, seperti pakaian ketat atau gigitan serangga. Saat Anda menggosok atau menggaruk daerah tersebut, kulit menjadi gatal dan semakin sering Anda menggaruk, kulit Anda akan semakin gatal. Dalam beberapa kasus, neurodermatitis dikaitkan dengan kondisi kulit kronis, seperti kulit kering, eksim, atau psoriasis. Stres dan kecemasan juga bisa memicu rasa gatal.

Neurodermatitis diperkirakan terjadi pada sekitar 12% populasi. Penelitian telah menunjukkan bahwa orang yang berusia antara 30 tahun dan 50 tahun lebih mungkin untuk mengalami kondisi tersebut. Wanita lebih cenderung menderita neurodermatitis dibandingkan pria dengan perbandingan 2: 1. Orang dengan gangguan kecemasan, gangguan obsesif-kompulsif dan anggota keluarga dengan riwayat penyakit kulit lainnya, termasuk eksim dan dermatitis kontak, lebih mungkin mengembangkan neurodermatitis.

Dokter Anda dapat mendiagnosis neurodermatitis dengan memeriksa kulit yang sakit dan menentukan apakah Anda mengalami gatal dan menggaruk daerah tersebut. Untuk menyingkirkan penyebab lain, dokter dapat mengambil sampel kecil dari kulit yang terkena atau biopsi kulit untuk pengujian lebih lanjut.

Perawatan neurodermatitis ditujukan untuk mengendalikan gatal, mencegah goresan dan mengatasi penyebab yang mendasarinya, seperti:

  • Krim obat anti-gatal. Jika krim kortikosteroid yang dijual bebas tidak membantu, dokter Anda mungkin akan meresepkan kortikosteroid yang lebih kuat atau produk anti-gatal nonsteroid.
  • Suntikan kortikosteroid. Dokter Anda dapat melakukan penyuntikan kortikosteroid langsung ke kulit yang terkena untuk membantunya sembuh.
  • Obat untuk mengurangi rasa gatal. Antihistamin yang diresepkan membantu mengurangi rasa gatal pada banyak orang dengan neurodermatitis. Beberapa obat ini dapat menyebabkan ngantuk dan membantu mengurangi garukan saat Anda tidur.
  • Obat anti-kecemasan. Karena kecemasan dan stres dapat memicu neurodermatitis, obat anti-kecemasan dapat membantu mencegah rasa gatal yang terjadi.
  • Patch obat. Untuk gatal yang membandel, dokter mungkin menyarankan patch lidokain topikal 5 persen atau capsaicin 8 persen.
  • Terapi cahaya. Mengekspos kulit yang terkena pada jenis cahaya tertentu kadang-kadang bermanfaat untuk mengurangi rasa gatal.

Meskipun neurodermatitis bukan termasuk kondisi yang dapat mengancam jiwa, Anda tetap disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter. Karena neurodermatitis dapat berkembang bersama dengan kondisi kulit lain seperti eksim atau psoriasis, sehingga sangat penting agar dokter mendiagnosis kondisi Anda untuk mendapatkan perawatan yang efektif membutuhkan untuk kondisi kulit Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *