Menu Close

Obat Flu Alami Melegakan Hidung Tersumbat

Flu atau influenza merupakan salah satu penyakit yang umum terjadi dan dapat menyerang siapa saja. Kondisi ini disebabkan oleh infeksi virus yang menyerang hidung, tenggorokan, dan paru-paru. Biasanya orang yang menderita penyakit flu akan merasa demam, sakit kepala, hidung tersumbat karena pilek, dan batuk. Untuk mengatasinya, terdapat berbagai obat flu yang bisa didapatkan dengan bebas.

Selain obat flu yang ada dijual bebas, beberapa orang juga menggunakan obat flu alami untuk mengatasi penyakit ini. Namun, obat flu alami tidak memiliki efek yang sama dengan obat yang bisa dibeli di apotek. Sebelum mengenal beberapa jenis obat flu, ada baiknya untuk mengenali terlebih dahulu perbedaan pilek dan flu.

Meski banyak yang menganggap flu dan pilek merupakan kondisi yang sama, pada kenyataanya keduanya merupakan penyakit yang berbeda. Perbedaan keduanya terletak pada penyebabnya. Jika flu disebabkan oleh virus influenza, pilek disebabkan oleh infeksi virus jenis rhinovirus. Pilek juga biasanya merupakan gejala yang disebabkan oleh kondisi kesehatan lainnya seperti alergi atau sinusitis akut.

Jika dilihat dari gejalanya, pilek biasanya memiliki tingkat keparahan yang cenderung ringan. Kondisi ini biasanya akan sembuh dengan sendirinya dan tidak akan memakan waktu yang lama. Sementara flu biasanya akan disertai dengan demam tinggi selama 3 hingga 5 hari, meskipun tidak selalu. Flu juga dapat sembuh dengan sendirinya, meski demikian penting untuk mengetahui cara pencegahan dan pengobatannya karena kondisi ini akan muncul ketika seseorang memiliki imun yang lemah.

Pilek biasanya ditandai dengan bersin-bersin, batuk, hidung tersumbat, sakit tenggorokan yang hilang dalam satu-dua hari, terkadang disertai dengan sakit kepala, dan badan lemas. Sedangkan flu biasanya diikuti dengan nyeri otot di sekujur tubuh, sakit kepala berat, sakit tenggorokan, serta mual dan muntah pada anak-anak.

Bagaimana cara mengobati flu? 

Meski dapat sembuh dengan sendirinya, beberapa flu yang parah dapat menyebabkan komplikasi terutama pada anak-anak di bawah usia 5 tahun, ibu hamil, dan orang lanjut usia (lansia). Obat flu biasanya dapat ditemui dengan mudah dan dapat dibeli tanpa menggunakan resep dokter. Namun, beberapa orang ada yang menyukai pengobatan alami daripada membeli obat di apotek. Berikut beberapa obat flu alami yang dapat dicoba di rumah.

  1. Mentol dan eukaliptus

Obat flu alami yang sering digunakan oleh banyak orang adalah salep mentol dan minyak eukaliptus atau biasa dikenal dengan minyak kayu putih. Minyak satu ini dapat menjadi obat flu herbal karena dapat melegakan hidung tersumbat. Caranya dengan menghirup minyak kayu putih atau salep mentol yang sudah dituangkan ke tisu atau kain, atau dengan mengoleskan salep ke dekat hidup atau dada.

  1. Kaldu hangat

Beberapa orang meredakan flu dengan cara membuat kaldu hangat yang terbuat dari tulang sapi atau kaldu ayam. Kaldu dipercaya dapat menjaga tubuh karena memiliki protein dan zat mineral yang tinggi seperti sodium dan kalium. Selain itu, kaldu hangat juga dapat mengatasi hidung tersumbat.

  1. Teh, Madu, dan Lemon

Obat flu alami lainnya yang biasa dikonsumsi oleh masyarakat adalah campuran teh, madu, dan lemon. Kombinasi ketiganya dapat mengatasi dehidrasi ketika sedang flu. Pasalnya, ketika sedang flu harus memperbanyak minum cairan untuk mencegah dehidrasi. Selain itu, campuran flu dan lemon dapat menjadi asupan vitamin dan melegakan sakit tenggorokan serta batuk secara alami.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *