Menu Close

Pahami Gejala dari Diseksi Aorta yang Berbahaya

Pahami Gejala dari Diseksi Aorta yang Berbahaya

Salah besar jika Anda berpikiran penyakit kardiovaskular hanya seputar penyakit jantung koroner, gagal jantung, atau aritmia. Sebenarnya masih banyak penyakit lain yang berhubungan dengan kardiovaskular yang mesti diwaspadai sebab dapat membahayakan keselamatan jiwa. Salah satunya adalah diseksi aorta. 

Diseksi merupakan kondisi ketika pembuluh darah besar dari jantung mengalami robekan atau bahkan pecah. Kondisi ini membahayakan sebab aorta menjadi pembuluh darah utama yang membawa darah dari jantung ke seluruh tubuh. Artinya ketika bagian ini robek atau pecah, aliran darah dari jantung akan sulit dibawa ke seluruh tubuh. Bahkan jika ada darah menyembur dari luar dinding aorta, nyawa Anda taruhannya.

Penyakit ini menjadi kian mengkhawatirkan karena kebanyakan penderita diseksi aorta terlambat ditangani. Padahal sebenarnya, banyak gejala yang bisa Anda jadikan petunjuk sebagai tanda-tanda robeknya aorta. Di mana sebagian besar gejala mirip dengan masalah kardiovaskular lainnya. Berikut ini adalah beberapa gejala diseksi aorta yang sebaiknya segera Anda tangani. 

  1. Nyeri Dada 

Sama seperti gejala serangan jantung ataupun penyakit jantung koroner, penderita diseksi aorta akan mengalami keluhan nyeri dada. Nyeri yang terasa bahkan acapkali menyebar hingga ke leher maupun punggung. Ciri khas dari nyeri dada akibat robeknya aorta sering digambarkan dengan adanya sensasi sobek ataupun perasaan dada yang bergeser. 

  1. Sakit Perut 

Jangan berpikiran bahwa sakit perut selalu identik dengan masalah pencernaan. Nyatanya beberapa jenis penyakit kardiovaskular memiliki gejala sakit perut yang parah. Gejala yang satru ini pun dialami oleh para penderita diseksi oarta. 

  1. Sesak Napas 

Robeknya aorta membuat darah dan oksigen dari jantung tidak mampu mengalir maksimal ke seluruh organ tubuh yang membutuhkan. Paru-paru pun mengalami masalah karena kurangnya oksigen yang dapat tersuplai ke organ ini. Alhasil, Anda dapat merasakan sesak napas yang tiba-tiba ketika terdapat sobekan di aorta. 

  1. Denyut Nadi Lemah 

Tidak lancarnya peredaran darah dari jantung ke seluruh tubuh berpengaruh pada denyut nadi. Penderita diseksi aorta umumnya akan mengalami pelemahan denyut nadi. Pelemahan yang terjadi uniknya hanya terjadi di salah satu sisi tubuh. Sementara di sisi lain, denyut nadi tetap terukur normal. 

  1. Sakit Kaki 

Diseksi aorta tergolong penyakit kardiovaskular yang unik. Gejala yang ditimbulkan tidak hanya terasa di kisaran dada ataupun punggung. Lebih daripada itu, gejala dari penyakit ini kerap terasa di bagian kaki. Penderita diseksi aorta kerap mengalami kesulitan berjalan. Dalam tahap yang lebih lanjut jika tidak tertangani dengan baik, pasien diseksi aorta bisa mengalami kelumpuhan. 

  1. Kesulitan Bicara 

Diseksi aorta tidak hanya menyasar ke robeknya aorta, melainkan juga dapat mencapai kondisi pecahnya pembuluh darah utama untuk peredaran darah ke jantung tersebut. Ketika pecah, berbagai gejala mirip stroke akan Anda alami. Salah satunya adalah kesulitan berbicara. 

  1. Penglihatan Memudar 

Tidak teralirkannya darah dari jantung ke seluruh tubuh akibat aorta yang sobek juga berpengaruh ke penglihatan Anda. Tidak tercukupinya aliran darah ke mata bisa membuat Anda mengalami pemudaran penglihatan bahkan sampai pada kebutaan. 

  1. Hilang Kesadaran 

Sesak napas dan nyeri dada yang dialami penderita diseksi aorta juga dapat menyeret orang tersebut ke kondisi tidak kesadaran diri. Jika sudah mengalami gejala ini, penanganan dari tim medis mesti segera diperoleh. 

*** 

Segera mendatangi rumah sakit untuk memperoleh penanganan medis merupakan jalan terbaik untuk meminimalkan dampak terburuk dari diseksi aorta. Nantinya para penderita penyakit kardiovaskular ini akan memperoleh tindakan dengan obat-obatan penurun detak jantung dan tekanan darah ataupun tindakan pembedahan untuk pengangkatan aorta yang bermasalah guna kemudian mencangkoknya dengan tabung sintetis.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *