Menu Close

Pentingnya Kenakan Pakaian Renang saat Berenang

Masyarakat Indonesia, seringkali abay mengenakan pakaian renang saat berenang di kolam. Seperti sudah menjadi budaya jika berenang bisa menggunakan pakaian apa saja, seperti kaos atau celana training. Padahal mengenakan pakaian renang ketika berenang itu sangat penting, lho!

Selain membuat gerakan jadi lincah, mengenakan pakaian renang juga bisa melindungi tubuh dari air yang masuk ke dalam kulit serta bisa melindungi tubuh dari paparan sinar UV. Menggunakan pakaian seperti kaos yang berbahan katun bisa meningkatkan risiko bakteri hingga zat kimia masuk ke dalam tubuh sehingga berpotensi membahayakan kesehatan.

Manfaat pakaian renang

Bukan sebagai gaya-gayaan saja, pakaian renang nyatanya bermanfaat untuk melindungi tubuh kita dari paparan zat kimia yang terdapat di dalam kolam. Selain itu, pakaian renang juga didesain sedemikian rupa agar kita bisa nyaman bergerak dengan lincah saat berenang. 

Melindungi tubuh dari paparan sinar UV

Pakaian renang juga bisa melindungi tubuh dari paparan sinar UV, sebab paparan sinar UV ternyata juga bisa tersimpan di dalam air, lho!

Untuk menghindari risiko sinar UV pada kulit, sebaiknya kenakan pakaian renang yang tertutup. Manfaat lainnya yakni bisa membuat kulit jadi terjaga kelembapannya, sehingga mencegah patogen masuk ke dalam kulit. 

Melindungi tubuh dari zat klorin

Sebagian besar pakaian renang memiliki bahan yang bagus untuk melindungi tubuh dari zat klorin yang bisa berbahaya. Efek klorin jika masuk ke dalam tubuh tentu tidak bagus. Untuk itu diperlukan pakaian yang bisa menghalau zat klorin masuk ke dalam tubuh. 

Pakaian renang bisa membuat kamu makin lincah

Mengenakan pakaian renang juga membuat pergerakan saat berenang makin lincah. Selain itu, pakaian renang juga biasanya didesain pas sesuai dengan lekuk tubuh, sehingga kamu nggak perlu khawatir pakaian renang akan terlepas saat berada di dalam air

Menambah estetika

Dibandingkan mengenakan kaos atau celana bokser, dengan mengenakan pakaian renang kamu akan terlihat fashionable karena mengenakan baju renang di tempat yang tepat. Kamu pun bisa memilih desain pakaian renang yang lucu dan sesuai kepribadianmu.

Pakaian yang sebaiknya jangan dikenakan saat berenang

Mulai sekarang, sebaiknya hindari kebiasaan mengenakan kaos atau celana training untuk berenang, mengingat bahan katun tidak bisa melindungi tubuh saat berada di air. Efeknya bisa membuat bakteri ada zat seperti klorin masuk ke dalam tubuh. 

Berikut ini beberapa pakaian yang sebaiknya kamu hindari saat berenang:

  • Jangan kenakan legging, meskipun legging tipis, namun tidak aman karena berbahan katun
  • Jangan kenakan celana panjang seperti celana training
  • Jangan kenakan celana pendek karena terbuat dari bahan katun
  • Jangan kenakan kaos atau celana yang longgar

Tips memilih pakaian renang yang tepat

Berikut beberapa tips agar kamu memilih pakaian renang yang tepat dan membuat nyaman.

Pilih pakaian renang yang nyaman

Sebaiknya pilih pakaian renang sesuai kebutuhan yang nyaman. Jika kamu berhijab, kamu bisa memilih pakaian renang seperti rok yang menutupi area paha. Jika kamu tidak nyaman dengan pakaian yang terbuka, kamu juga bisa memilih pakaian renang yang tertutup dan panjang. 

Sesuaikan dengan ukuran badan

Pastikan kamu mengetahui ukuran pakaian renang sesuai dengan badanmu. Sebab, jika kamu membeli secara online, maka kamu tidak bisa mencobanya. 

Sesuaikan dengan bentuk tubuh

Pilihlah baju renang sesuai dengan bentuk tubuh, Misal bentuk tubuh kamu segitiga, maka cari pakaian renang khusus untuk tubuh berbentuk segitiga. Hal ini agar pakaian renang menempel pas di tubuh kamu.

Itu dia beberapa manfaat mengenakan pakaian renang. Jangan lagi kenakan pakaian seperti kaos atau pakaian berbahan katun, ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *