Menu Close

Pentingnya Tanya Dokter Gizi Saat Merencanakan Program Diet

Pentingnya Tanya Dokter Gizi Saat Merencanakan Program Diet

Menerapkan hidup sehat merupakan langkah yang tepat untuk menghindari berbagai penyakit. Anda dapat memulainya dengan mengatur pola makan dan memperhatikan kandungan gizi pada makanan. Tidak hanya itu, memperhatikan kandungan gizi makanan juga dapat membantu Anda yang sedang menjalani program diet. Salah satu cara yang tepat untuk berkonsultasi mengenai kandungan gizi makanan adalah dengan tanya dokter gizi.

Diet tidak hanya tentang menguruskan badan. Mengatur pola makan untuk mendapatkan tubuh adalah yang ideal disebut dengan diet.

Banyak rencana diet yang tersebar di internet, mulai dari cara diet cepat hingga rencana diet yang ekstrim. Alih-alih mendapatkan hasil yang diinginkan, diet tanpa pengawasan yang tepat malah dapat menimbulkan masalah kesehatan yang fatal.

Mengapa Harus Tanya Dokter Gizi saat Diet?

Diet dapat dikatakan sebagai pengaturan pola makan yang memiliki tujuan tertentu, sesuai dengan kebutuhan tiap orang. Tidak sembarangan, diet harus dilakukan dengan berkonsultasi terlebih dahulu pada ahlinya karena setiap individu itu berbeda-beda. Belum tentu ketika cara diet orang lain berhasil, maka akan berhasil juga pada diri Anda. Tiap orang memiliki kondisi kesehatan, genetik, metabolisme, gaya hidup, bahkan kondisi mikroorganisme pada usus yang berbeda. 

Dokter gizi akan menganalisis banyak hal sebelum memberikan rencana diet. Bisa dari komposisi tubuh, hasil medical check up, riwayat penyakit, riwayat makan, dan lain-lain. Hasil dari analisis tiap orang akan berbeda, sehingga rencana diet pada individu juga akan berbeda.

Apakah Ada Risiko Jika Menjalani Diet Tanpa Tanya Dokter Gizi?

Kandungan gizi pada makanan sangat penting untuk diperhatikan. Dokter gizi akan merekomendasikan makanan apa yang memiliki kandungan gizi sesuai dengan apa yang Anda butuhkan. 

Jika hanya mengandalkan panduan dari orang lain atau internet, malah bisa meningkatkan risiko terganggunya metabolisme normal tubuh. Jika metabolisme tubuh terganggu, tubuh bisa mengalami kekurangan gizi, gampang sakit, dan sistem imunitas menurun. Salah satu contoh dari rencana diet tanpa adanya panduan yang tepat dari dokter gizi adalah mengalami gangguan pada siklus dan volume menstruasi.

Penggunaan obat diet sembarangan juga memiliki risiko yang tinggi. Belum tentu kandungan pada obat diet tersebut dapat diterima oleh tubuh. Anda perlu berhati-hati saat mengkonsumsi pil diet dan harus dalam pengawasan dokter gizi.

Apa Saja Hal yang Perlu Dilakukan saat Menjalani Diet?

Saat memulai diet, Anda perlu memperhatikan hal-hal berikut.

  • Ketahui tujuan diet

Tujuan diet tiap orang berbeda-beda, ada yang ingin mengurangi berat badan atau menambah berat badan. Pastikan Anda telah melakukan pengecekan pada status gizi dan komposisi badan, apakah sudah ideal atau belum dan bagian mana yang perlu dikoreksi dengan melakukan diet.

  • Konsisten

Tidak ada proses yang instan saat menjalani program diet. Anda perlu mengubah pola pikir, memilih makanan, dan mengubah gaya hidup yang lebih sehat secara konsisten. Jika melakukan diet hanya bergantung pada mood, maka tujuan diet juga sulit didapatkan.

Dimana Bisa Berkonsultasi dan Tanya Dokter Gizi saat Melakukan Program Diet?

Salah satu rumah sakit yang memiliki dokter spesialis gizi adalah Eka Hospital. Rumah sakit yang mulai beroperasi pada tahun 2008 ini memiliki jaringan rumah sakit yang terletak di BSD City Tangerang, Bekasi, Cibubur, dan Pekanbaru. 

Anda dapat tanya dokter gizi di Eka Hospital untuk berkonsultasi mengenai program diet dan pola makan yang tepat saat menjalani hidup sehat. Dokter spesialis gizi di Eka Hospital yang dapat Anda hubungi, antara lainnya adalah:

  • dr. Imerla Goretti, Sp.Gk (Eka Hospital Cibubur)
  • dr. Erwin Christianto, Sp.Gk, M.Gizi (Eka Hospital Pekanbaru)
  • dr. I Yuwanda Chrissander Sp.GK (Eka Hospital Bekasi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *