Menu Close

Premarital Check Up: Keuntungan dan Biaya Tes Kesehatan Pra Nikah

Melakukan pengecekan kesehatan sebelum menikah memang sering dianggap tidak terlalu penting bagi masyarakat luas. Padahal, melakukan cek kesehatan ini penting sekali bagi calon pengantin pria dan wanita. Nah, buat Anda yang ingin melakukan cek kesehatan mulai dari jenis pemeriksaan hingga biaya tes kesehatan pra nikah, maka baca artikel ini hingga selesai.

Sudah jelas, pemerintah melalui Kementerian Kesehatan telah merekomendasikan untuk calon pasangan yang akan menikah untuk melakukan pemeriksaan kesehatan pra nikah. 

Premarital screening tidak perlu ditakuti. Jika salah satu calon pasangan yang akan menikah memiliki penyakit tertentu, maka itu bukan aib. Dengan mengetahui lebih dini penyakit yang diderita pasangan, Anda bersama-sama bisa mencegah agar penyakit tidak semakin parah dan dicegah sejak dini.

Kelebihan Menjalani Tes Kesehatan Pra Nikah

Mungkin banyak orang yang tidak melakukan premarital screening ini karena biaya tes kesehatan pra nikah ini memang tergolong mahal. Padahal, ada hal lain yang mungkin tidak akan sebanding dengan biaya yang Anda keluarkan.

Seperti misalnya kesehatan pasangan dan keturunan nantinya tentu lebih mahal harganya. Melakukan tes kesehatan sebelum menikah juga akan menghindarkan anak dari penyebaran penyakit darah genetik.

Berikut beberapa keuntungan lain melakukan tes kesehatan sebelum menikah:

  • Membuat calon pengantin akan lebih memahami arti kehidupan berumah tangga yang sehat 
  • Mengurangi beban dari segi finansial pada keluarga dan juga lingkungan, bila harus mengobati penyakit keturunan tertentu
  • Mengurangi beban asuransi kesehatan maupun Palang Merah Indonesia dalam menyediakan darah
  • Menghindari adanya beban sosial dan psikologis pada anak yang menderita penyakit keturunan atau genetik dari orangtuanya.

Tes Kesehatan yang Dijalani Sebelum Menikah

Tes kesehatan pra nikah yang bisa dilakukan adal beragam jenisnya. Berikut tes yang akan dijalani saat melakukan premarital screening:

  • Tes hematologi

Tes ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada kelainan pada sejumlah sel darah Anda atau tidak.

  • Tes golongan darah

Tes ini dilakukan untuk mengetahui golongan darah dan rhesus Anda dan pasangan

  • Tes urine

Tes urine dilakukan untuk memeriksa bila ada infeksi saluran kemih atau adanya kelainan ginjal

  • Tes gula darah

Tes gula darah berguna untuk melihat kadar dula darah dalam tubuh Anda dan juga pasangan

  • TORCH

TORCh adalah pemeriksaan untuk mengetahui apakah ada infeksi penyakit pada kesuburan wanita dan pria

  • Venereal Disease Research Laboratory

Pemeriksaan ini berguna untuk mengetahui penyakit yang berkaitan dengan kelamin.

Bila ternyata Anda atau pasangan mengalami suatu penyakit, maka lakukan pemeriksaan lanjutan agar terhindar dari berbagai hal yang tidak diinginkan.

Biaya Tes Kesehatan Pra Nikah

Seperti yang disebutkan sebelumnya, banyak pasangan yang memilih tidak melakukan tes kesehatan karena biaya tes kesehatan pra nikah ini cukup mahal. 

Tes kesehatan sebelum menikah ini sifatnya individual.

Perlu ada budget khusus untuk menjalani tes ini. Anda perlu membicarakan dengan pasangan terkait rangkaian tes yang dilakukan. Apalagi biaya pemeriksaan sebelum nikah ini tidak ditanggung oleh asuransi.

Namun tenang saja, sebab ada beberapa tes yang bisa dilakukan gratis di Puskesmas dengan kartu BPJS. Salah satu pemeriksaan gratis tersebut adalah tes HIV/AIDS.

Biaya tes kesehatan pra nikah memang bervariasi, tergantung pada banyaknya rangkaian tes yang dilakukan, rumah sakit, serta pasilitas yang didapatkan. Misalnya di rumah Sakit Eka Hos[ital, untuk paket Premarital Ultimate Pria dimulai dari harga Rp2.999.000. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *