Menu Close

Salep Anti Jamur dan Cara Menangani Infeksi Jamur

Kulit mengalami ruam kemerahan dan terasa gatal? Bisa-bisa Anda sedang mengalami infeksi jamur. Pada saat inilah, Anda membutuhkan salep anti jamur dan berbagai cara lain untuk mengatasinya. 

Infeksi jamur bisa terjadi pada siapa saja. Anda sebaiknya tidak menyepelekan jenis infeksi organisme kecil yang satu ini karena hampir 50 persen dari jenis jamur berbahaya dan tidak sekadar menimbulkan gejala gatal maupun ruam. Orang-orang dengan keringat berlebih, penderita diabetes, sampai ibu yang tengah hamil pun nyatanya lebih mudah tertular infeksi jamur. 

Jangan panik terlebih dahulu. Tetap tenang dan jalankan tips-tips di bawah ini untuk mengatasi infeksi jamur yang Anda alami. Ingatlah, infeksi jamur bisa terjadi di mana saja di kulit Anda, dari kepala sampai bagian kelamin Anda. 

Sampo 

Infeksi jamur seperti kurap sering muncul di kulit kepala. Infeksi ini ini dapat menyebabkan bercak gatal dan bersisik yang sangat menular, bahkan tidak jarang menimbulkan kerontakan rambut. Salah satu cara mengatasi infeksi jamur di bagian kulit kepala sebenarnya cukup dengan Anda rajin keramas menggunakan sampo. Komposisi dari sampo tidak disukai jamur dan bisa mematikan perkembangbiakannya. 

 Salep Anti Jamur 

Mengatasi infeksi jamur bisa dengan sesimpel mengoleskan salep anti jamur di bagian kulit yang terkena jamur. Ini merupakan cara penanganan yang paling umum. Banyak jenis salep anti jamur yang dijual bebas. Namun jika infeksi yang Anda alami cukup parah, dokter mungkin akan meresepkan salep anti jamur racikan ataupun yang tidak dijual bebas. Pastikan untuk menggunakan salep anti jamur sesuai petunjuk untuk membersihkan infeksi. Umumnya, pengobatan jamur dengan salep akan memperlihatkan hasil dalam beberapa minggu. Jika belum membaik, sebaiknya Anda ke dokter. 

Spray Anti Jamur 

Selain salep anti jamur, dokter kulit umumnya juga akan merekomendasikan semprotan untuk mengobati infeksi jamur Anda. Produk ini biasanya digunakan untuk menangani infeksi jamur di area yang agak rentan, seperti di sela kaki maupun selangkangan. Sama seperti salep anti jamur, gunakan spray jamur sesuai petunjuk pemakaian yang umumnya dipakai 2—3 kali dalam sehari. Jika tidak ada perubahan dalam beberapa minggu, hubungi dokter kembali untuk pengobatan yang lebih intens. 

Obat Oral Anti Jamur 

Jika infeksi jamur yang Anda alami tergolong parah, dokter juga akan meresepkan obat oral untuk dimunum. Sulit menemukan obat oral untuk mengatasi infeksi jamur yang dijual bebas. Bagaimanapun jika ingin menggunakan obat oral, Anda harus memiliki resep dokter dan mengonsumsinya sesuai anjuran. 

Rajin Cuci Tangan dan Mandi 

Infeksi jamur sifatnya bisa menyebar dan menular. Anda tentu tidak ingin infeksi jamur yang ada di salah satu bagian tubuh Anda, kemudian menjalar ke bagian yang lain, bukan? Untuk itu, menjadi penting guna sering mencuci tangan dan mandi dua kali sehari untuk menghentikan penjalaran infeksi jamur yang tentunya tidak pernah Anda harapkan tersebut. 

Kenakan Pakaian Longgar 

Pakaian yang Anda pakai bisa sangat mempengaruhi infeksi jamur yang Anda tangani bisa lekas menghilang atau tidak. Jika ingin mengatasi infeksi jamur dengan cepat, pilih-pilihlah pakaian yang Anda kenakan. Upayakan mengenai pakaian yang longgar dan menyerap keringat. Ini guna mencegah kulit menjadi lembap dan menjadi makin disukai oleh jamur untuk bersarang. Jangan lupa pula untuk segera berganti pakaian jika memang sudah berkeringat. 

Pakai Sendal ke Tempat Lembap 

Biasakan memakai sendal jika ingin pergi ke kamar mandi ataupun tempat lembap lainnya. Ini untuk mencegah infeksi jamur yang bisa bertambah para karena telapak kaki Anda lembap. Pilihlan sendal atau alas kaki yang anti slip untuk menemani Anda ke tempat-tempat lembap. 

*** 

Salep anti jamur maupun obat-obatan lainnya hanya bersifat menangani pada saat infeksi jamur terjadi. Untuk ke depannya, lebih perhatikan kebersihan diri agar tidak mengalami infeksi jamur kembali.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *